Gemfibrozil Obat Penunjang Diet - Peringatan Dosis Pemakaian dan Efek Sampingnya

7:28 AM
Gemfibrozil - Dalam metabolisme tubuh kita, tubuh kita membutuhkan lemak supaya metabolisme tetap berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya. Tapi akan timbul bahaya ketika tubuh kita mengandung terlalu banyak lemak. Lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kita akan tersimpan di dalam dinding pembuluh darah kita. Jika keadaan seperti ini dibiarkan begitu saja, maka akan timbul berbagai penyakit misalnya stroke.

Gemfibrozil LOpid Obat Penunjang Diet Pembakar Lemak - Peringatan Dosis Pemakaian dan Efek Sampingnya

Untuk mengurangi lemak yang tertimbun dalam tubuh Anda, Anda bisa menjalani program diet. Konsumsi makanan yang seimbang serta olahraga secara teratur sangat efektif dalam membakar lemak. Namun jika cara alami tersebut tidak membuahkan hasil, Anda tidak perlu khawatir karena ada sebuah obat yang mampu mengurangi kadar lemak di dalam tubuh yaitu Gemfibrozil.

Gemfibrozil merupakan obat penurun kolesterol atau obat golongan fibrat. Untuk bisa membeli Gemfibrozil di apotek, Anda harus menujukkan resep dokter terlebih dahulu karena Gemfibrozil merupakan obat resep. Dengan mengkonsumsi Gemfibrozil makan kadar lemak trigliserida dan kolesterol di dalam tubuh Anda akan menurun. Hanya orang dewasa yang boleh mengkonsumsi Gemfibrozil ini. Gemfibrozil tersedia dalam dua macam kemasan yaitu kapsul dan tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Gemfibrozil

1. Sebelum Anda mengkonsumsi Gemfibrozil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terutama untuk dosisnya. Hal ini sangat penting terutama bagi ibu yang sedang hamil atau yang sedang menjalani program kehamilan.
2. Gemfibrozil dapat membahayakan bayi Anda, oleh karena itu Gemfibrozil sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu yang sedang dalam masa menyusui.
3. Bagi pasien yang berusia lebih dari 70 tahun, mengalami hipotiroid, kencanduan miras (alkohol), diabetes, batu empedu, gangguan limpa, dan gangguan ginjal sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Gemfibrozil.
4. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami miopati yang ditandai dengan nyeri dan sakit pada mata yang tidak diketahui sebabnya.
5. Kunjungi dokter jika setelah mengkonsumsi Gemfibrozil Anda mengalami kelelahan, demam, diare dan air seni memiliki warna yang lebih gelap dari baisanya. Karena hal - hal tersebut merupakan gejala rabdomiolisis.
6. Segera temui dokter jika Anda mengalami alergi dan over dosis setelah mengkonsumsi Gemfibrozil.

Dosis Obat Gemfibrozil

Dosis Gemfibrozil yang diberikan oleh dokter kepada pasiennya akan berbeda - beda karena kondisi pasien dan respon tubuh pasien terhadap Gemfibrozil berbeda - beda. Biasanya dokter akan merekomendasikan dosis Gemfibrozil sebanyak 600 mg yang dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Gemfibrozil

1. Pasien dianjurkan untuk mengkonsumsi Gemfibrozil sesuai dengan dosis yang diberikan dokter serta mematuhi aturan pakai yang tertera pada kemasan Gemfibrozil.
2. Gemfibrozil memiliki sifat yang mudah dicerna saat perut masih kosong, oleh karena itu sebaiknya konsumsilah Gemfibrozil sebelum makan.
3. Cara yang benar dalam mengkonsumsi Gemfibrozil adalah dengan bantuan air minum, tidak dianjurkan untuk mengunyak tablet dan kapsul Gemfibrozil.
4. Tanyakan terlebih dahulu kepada dokter jika Anda akan mengkonsumsi  obat lain bersamaan dengan Gemfibrozil.
5. Hindari konsumsi alkohol dan merokok selama mengkonsumsi Gemfibrozil dan menjalani pola hidup sehat dan seimbang supaya Gemfibrozil dapat bekerja maksimal di dalam tubuh pasien.
6. Jika Anda lupa mengkonsumsi Gemfibrozil, sebaiknya tidak menggandakan dosis Gemfibrozil. Konsumsilah Gemfibrozil begitu Anda teringat jika dosis Gemfibrozil berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek Samping Gemfibrozil

Berikut ini adalah beberapa efek samping dari Gemfibrozil, namun setiap orang akan mengalami gejala yang berbeda - beda.
1. Vertigo
2. Mudah lelah
3. Pusing dan sakit kepala
4. Muntah dan mual
5. Gangguan pencernaan seperti konstipasi dan diare
6. Sakit perut, kembung

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Gemfibrozil. Tetap jalani pola hidup sehat dan hindari rokok serta alkohol untuk masa depan yang sehat. Salam.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top