Gabapentin Obat Epilepsi - Peringatan Dosis Aturan Pakai dan Efek Sampingnya

7:12 AM
Gabapentin - Epilepsi adalah suatu kelainan pada syaraf yang menyebabkan penderitanya mengalami kejang secara tiba - tiba. Gejala ini dapat berbahaya bagi penderitanya jika tidak mendapatkan penanganan yang serius. Epilepsi tidak dapat disembuhkan, karena sampai saat ini dunia medis belum menemukan obat yang tepat untuk penyakit ini. Namun ada sebuah obat yang dapat digunakan untuk menangani kejang akibat epilepsi. Obat ini adalah Gabapentin.
Gabapentin Obat Epilepsi - Peringatan Dosis Aturan Pakai dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Anak Dan Dewasa

Gabapentin termasuk obat resep, yang artinya Gabapentin tidak dapat dijual secara bebas. Gabapentin merupakan salah satu dari jenis obat anti epilepsi. Gabapentin dapat dikonsumsi untuk menangani rasa sakit yang disebabkan oleh rusaknya saraf, dan juga untuk mengendalikan epilepsi. Gabapentin dapat dikonsumsi oleh anak - anak dengan usia minimal 6 tahun dan orang dewasa. Gabapentin tersedia dalam bentuk sirup, kapsul, dan tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Gabapentin

1. Penggunaan Gabapentin harus dibawah pengawasan dokter atau ahli medis, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika Anda akan mengkonsumsi Gabapentin terutama bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui.
2. Konsumsi Gabapentin oleh anak - anak juga harus mematuhi dosis yang diberikan oleh dokter.
3. Berikan jarak minimal 2 jam dengan waktu mengkonsumsi Gabapentin jika Anda akan mengkonsumsi obat - obatan lainnya.
4. Anda tidak diperkenankan untuk menghentikan konsumsi Gabapentin tanpa seizin dokter, konsumsi Gabapentin secara teratur.
5. Gabapentin dapat menimbulkan rasa kantuk, oleh karena itu hindari mengemudi atau mengoperasikan alat selama Anda mengkonsumsi Gabapentin.
6. Supaya gejala penyakit tidak datang kembali, konsultasikan kepada dokter bagaimana caranya jika Anda ingin berhenti mengkonsumsi Gabapentin.
7. Segera hubungi atau temui dokter jika Anda mengalami over dosis atau alergi setelah mengkonsumsi Gabapentin.

Dosis Obat Gabapentin

1. Gabapentin dapat dikonsumsi oleh pasien tiga kali dalam sehari dengan dosis 900 mg - 3.600 mg per hari. Dosis ini berlaku bagi pasien yang memiliki keluhan rasa sakit akibat kerusakan saraf.
2. Sedangkan untuk menangani penyakit epilepsi, dosis Gabapentin yang dianjurkan umumnya adalah 900 mg - 3.600 mg per hari, dikonsumsi secara teratur.

Faktor yang berpengaruh dalam pemberian dosis Gabapentin antara lain berat badan (anak - anak), gejala penyakit yang dialami pasien, kondisi kesehatan pasien dan juga respon tubuh pasien terhadap Gabapentin.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Gabapentin

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Gabapentin, baca dan pahami aturan yang tertera pada kemasan Gabapentin. Dan jangan lupa untuk mematuhi anjuran dari dokter Anda.
2. Kapsul dan tablet Gabapentin sebiknya dikonsumsi dengan bantuan air putih, dan Anda tidak perlu khawatir karena Gabapentin aman dikonsumsi sebelum maupun setelah makan.
3. Supaya Gabapentin memberikan efek yang maksimal bagi pasien, konsumsi Gabapentin pada jam yang sama setiap hari. Jarak aman antar dosis Gabapentin adalah 12 jam.
4. Tidak disarankan untuk menggandakan dosis Gabapentin guna menggantikan dosis yang tidak sengaja terlewat, jika memungkinkan konsumsi dosis Gabapentin sesegera mungkin begitu Anda teringat.
5. Supaya dokter dapat memantau perkembangan Anda selama mengkonsumsi Gabapentin dan dapat mencegah hal - hal yang tidak diinginkan, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter secara teratur.
6. Untuk mengurangi efek samping, hindari konsumsi obat antidepresan dan juga minuman keras selama Anda mengkonsumsi Gabapentin.

Efek samping Gabapentin

Semua jenis obat pasti memiliki efek samping setelah kita mengkonsumsinya, begitu juga pada Gabapentin yang memiliki efek samping seperti di bawah ini.
1. Rasa sakit atau nyeri pada persendian dan otot
2. Badan gemetar
3. Suasana hati mengalami perubahan
4. Insomnia atau gangguan tidur
5. Berat badan mengalami perubahan (naik atau turun)
6. Penyakit pencernaan seperti diare dan konstipasi
7. Pandangan terganggu, misalnya buram
8. Mudah lelah
9. Pusing atau sakit kepala
10. Perasaan kering pada mulut

Konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami efek yang sangat mengganggu setelah megkonsumsi Gabapentin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top