Furosemide Obat Ginjal Jantung Hati - Dosis Pemakaian dan Efek Sampingnya

Furosemide - Anda atau kerabat Anda pernah mengalami penyakit ginjal, penyakit hati atau gagal jantung? Jika ya, maka Anda dapat menjumpai berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh setelah mengalami penyakit tersebut. Keadaan pasca serangan penyakit  tersebut dapat berupa edema, yaitu pembengkakan beberapa bagian tubuh seperti pergelangan kaki, cepat leleh dan sesak nafas yang disebabkan oleh cairan tubuh yang berlebihan.

Furosemide Obat Ginjal Jantung Hati - Dosis Pemakaian dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Anak Anak dan Dewasa

Keadaan yang sidebut edema ini dapat diatasi dengan sebuah obat yang bernama Furosemide. Furosemide merupakan obat dengan jenis diuretik. Furosemide juga termasuk golongan obat resep dokter. Furosemide bermanfaat untuk mengatasi keadaan edema dan juga menurunkan tekanan darah tinggi. Furosemide dapat dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa. Furosemide tersedia dalam bentuk cairan suntik, sirup dan tablet.

Peringatan dini sebelum mengkonsumsi Furosemide

1. Furosemide bisa berdampak buruk bagi bayi yang disusui, oleh karena itu hindari Furosemide bagi ibu menyusui, sedangkan bagi wanita hamil boleh saja mengkonsumsi Furosemide namum harus sesuai dengan anjuran dokter.
2. Bagi Anda yang menderita asam urat,reumatik,penyakit hati, prostat dan penyakit ginjal sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Furosemide.
3. Jika Anda memiliki kadar kalium dan natrium yang rendah dalam darah, susah buang air kecil dan dehidrasi harus waspada dalam mengkonsumsi Furosemide.
4. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi terhadap Furosemide.

Dosis Aturan Pakai Furosemide

Biasanya dokter akan memberikan dosis Furosemide kepada pasiennya sebanyak 20 - 80 mg per hari. Dosis yang diberikan oleh dokter kepada pasiennya akan berbeda - beda terantung kepada kondisi tubuh pasien, seberapa parah penyakit atau gangguan yang diderita dan juga bagaimana respon tubuh pasien terhadap Furosemide.

Cara mengkonsumsumsi Furosemide dengan benar

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Furosemide, perhatikan dan pahami anjuran yang disampaikan oleh dokter maupun aturan pakai yang tertera pada kemasan Furosemide.
2. Konsumsi tablet Furosemide dengan air putih, Anda tidak perlu khawatir karena Furosemide aman dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan.
3. Salah satu efek samping dari Furosemide adalah menyebabkan Anda mengeluarkan urin yang lebih banyak, supaya istirahat Anda tidak terganggu, konsumsilah Furosemide sebelum malam tiba.
4. Apabila Anda tidak sengaja melewatkan salah satu dosis Furosemide, jangan menggandakan dengan dosis berikutnya untuk menggantikan, segera konsumsi Furosemide begitu Anda teringat jika jarak dengan dosis berikunya tidak terlalu dekat.
5. Supaya kondisi Anda dapat terpantau dengan bak oleh dokter, periksakan diri secara rutin selama mengkonsumsi Furosemide.
6. Hindari minuman keras selama Anda mengkonsumsi Furosemide utnuk meminimalisir efek sampingnya.

Efek samping mengkonsumsi Furosemide

1. Mudah lelah
2. Terganggunya peglihatan
3. Sakit perut
4. Pusing dan sakit kepala
5. Lebih sensitif terhadap sinar matahari
6. Perasaan kering pada mulut

Itulah informasi lengkap dan terpercaya mengenai Furosemide. Semga informasi menganai Furosemide yang saya sajikan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top