Erythromycin Obat Anti Bakteri Akut - Peringatan Dosis Aturan Pakai Dan Efek Samping

Erythromycin - Banyak sekali obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Salah satunya adalah Erythromycin, yang khusus menangani penyakit akibat bakteri dengan level akut. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri diantaranya infeksi pada saluran pernapasan, saluran kemih, telinga, mata, dan juga kulit.

Erythromycin Obat Anti Bakteri Akut - Peringatan Dosis Aturan Pakai Dan Efek Sampingnya Bagi Pasien Anak Anak Dan Dewasa

Selain untuk mengatasi berbagai penyakit di atas, Erythromycin juga bisa dikonsumsi untuk mencegah demam rematik yang kambuh, khusus bagi pasien yang alergi terhadap penisilin dan antibiotik sulfa. Cara kerja dari Erythromycin adalah dengan membunuh bakteri penyebab penyakit. Dengan begitu, penyakit yang dialami oleh pasien akan segera sembuh.

Erythromycin termasuk ke dalam golongan antibiotik makrolida. Erythromycin tidak diperjual belikan secara bebas, Anda harus mempunyai resep dokter jika Anda akan membeli Erythromycin di apotek. Erythromycin digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, bukan untuk mengatasi penyakit akibat virus seperti influenza. Erythromycin tersedia dalam bentuk sirup, kapsul dan tablet yang aman dikonsumsi oleh anak - anak dan juga orang dewasa.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Erythromycin

1. Konsumsi Erythromycin sesuai dengan takaran atau dosis yang telah ditetapkan oleh dokter terutama bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan dan menyusui.
2. Jika anak - anak akan mengkonsumsi Erythromycin, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk menentukan dosis Erythromycin yang teapt untuknya.
3. Bagi Anda yang mengalami gangguan hati, ginjal, darah, detak jantung dan juga gangguan otot sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Erythromycin.
4. Segera hubungi atau temui dokter jika Anda mengalami over dosis maupun alergi setelah Anda mengkonsumsi Erythromycin.

Dosis Erythromycin

Pemberian dosis Erythromycin akan diperhitungkan berasarkan kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan infeksi, dan jenis infeksi yang diobati serta berat badan (khusus bagi pasien anak - anak).
Dosis Erythromycin yang diberikan untuk orang dewasa berkisar 250 mg - 400 mg yang dikonsumsi setiap 4 hingga 6 jam sekali. Dosis maksimal Erythromycin yang boleh dikonsumsi adalah 4000 mg per hari.
Untuk mengatasi infeksi level akut, pengobatan dengan Erythromycin akan berlangsung selama 5 hingga 14 hari.

Cara yang baik dan benar dalam mengkonsumsi Erythromycin

1. Setiap kali Anda akan mengkonsumsi obat apapun sebaiknya perhatikan aturan pakai yang tertera pada kemasan, begitu juga saat Anda akan mengkonsumsi Erythromycin. Dan Anda juga harus mematuhi anjuran dokter dalam mengkonsumsi Erythromycin.
2. Erythromycin aman dikonsumsi sebelum maupun setelah makan, jangan mengunyah tablet dan kapsul Erythromycin, konsumsi Erythromycin dengan bantuan air putih.
3. Supaya Erythromycin dapat bekerja maksimal pada tubuh pasien, sebaiknya konsumsi Erythromycin pada jam yang sama setiap hari secara teratur.
4. Bila Anda tidak sengaja melewatkan salah satu dosis Erythromycin, sebaiknya konsusmi segera setalah Anda mengingatnya dan tidak disarankan untuk menggandakan dosis Erythromycin.
5. Untuk mencegah infeksi yang diderita kambuh kembali, sebaiknya habiskan seluruh dosis yang diberikan oleh dokter. Jika dosis Erythromycin telah habis namun infeksi yang Anda alami tidak kunjung sembuh, periksakan diri ke dokter.

Efek samping Erythromycin

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang umumnya dialami oleh pasien setelah mengkonsumsi Erythromycin.
1. Mual dan muntah
2. Kram dan nyeri perut
3. Diare
Jika Anda mengalami efek samping yang dirasa tidak wajar, konsultasikan kepada dokter.

Itulah informasi lengkap mengenai Erythromycin, semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top