Doxycycline Obat Anti Infeksi - Cara Menggunakan Dosis Yang Benar dan Efek Sampingnya

6:02 AM
Doxycycline - Beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri di dalam tubuh diantaranya adalah penyakit kulit (Bisul dan jerawat), infeksi di mulut, saluran kemih, dan infeksi paru - paru. Bakteri yang datang dan tumbuhberkembang di tubuh kita dapat menyebabkan kita menderita penyakit seperti di atas. Oleh karena itu jagalah selalu kebersihan diri dan lingkungan kita.

Doxycycline Obat Anti Infeksi - Cara Menggunakan Dosis Yang Benar dan Efek Sampingnya

Penyakit ringan seperti flu dan batuk merupakan infeksi yang diakibatkan oleh adanya virus di dalam tubuh penderitanya. Kedua penyakit tersebut tidak akan sembuh bila dibati dengan Doxycycline. Hal ini terjadi karena Doxycycline merupakan obat yang dapat menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya bakteri di dalam tubuh.

Doxycycline merupakan salah satu obat dari jenis antibiotik tetrasikilin. Doxycycline juga termasuk dalam golongan obat resep atau tidak diper jualbelikan secara bebas. Doxycycline dapat digunakan untuk mencegah malaria dan menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Anak di atas 12 tahun dan orang dewasa boleh mengkonsumsi obat Doxycycline ini. Doxycycline tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul.

Peringatan Sebelum Minum Doxycycline

1. Konsumsi Doxycycline dapat berdampak buruk bagi calon buah hati Anda, oleh karena itu, bagi ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi Doxycycline.
2. Tanyakan atau konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengkonsumsi Doxycycline terutama bagi Anda yang sedang menyusui atau merencanakan kehamilan.
3. Doxycycline dapat menyebabkan perubahan warna permukaan gigi secara permanen dan dapat mengganggu pertumbuhan tulang, oleh karena itu anak - anak dengan usia di bawah 12 tahun tidak disarankan untuk mengkonsumsi Doxycycline.
4. Guna mencegah infeksi datang kembali dna memastikan bakteri sudah lenyap, maka habiskanlah dosis Doxycycline yang diberikan oleh dokter.
5. Zinc, kalsium, magnesium, zat besi dan obat gangguan pencernaan jika dikonsumsi bersamaan dengan Doxycycline dapat berakibat buruk.
6. Doxycycline dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan bila kita kurang minum air putih, oleh karena itu konsumsi air putih lebih banyak selama menjalani pengobatan dengan Doxycycline.
7. Bagi Anda konsumen minuman beralkoho, alergi terhadap antibiotik, sensitif terhadap cahaya matahari, menderita lupus, porfiria, myastenia gravis, dan gangguan hati harap berhati - hati dalam mengkosumsi Doxycycline.
8. Segera temui dokter bila Anda mengalami over dosis dan alergi terhadap Doxycycline.

Dosis Doxycycline

1. Untuk mencegah malaria, konsumsi Doxycycline dua hari sebelum Anda pergi ke tempat dengan resiko tinggi tertular malaria, setiap hari saat Anda berada ditempat itu serta empat minggu setelah Anda pulan dari tempat itu dengan dosis Doxycycline 100 mg tiap hari.
2. Untuk menyembuhkan demam kutu atau demam yang kambuhan, konsumsi Doxycycline sekali minum dengan dosis 100 - 200 mg.
3. Untuk menangani sifilis, pasien diharuskan mengkonsumsi Doxycycline selama 10 hari dengan dosis 300 mg per hari.
4. Untuk menyembuhkan PMS (Penyakit Menular Seksual), Doxycycline dikonsumsi 200 mg per hari selama 7 - 10 hari.
5. Jerawat dapat diatasi dengan konsumsi Doxycycline selama 6 - 12 minggu dengan dosis per hari 50 mg.
Dosis Doxycycline yang diberikan dokter bisa saja berbeda antara pasien satu dengan pasien lainnya karena perbedaan tingkat keparahan penyakit yang diderita, respon tubuh terhadap Doxycycline dan faktor - faktor lainnya.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Doxycycline

1. Konsumsi hingga habis dosis Doxycycline yang telah diresepkan oleh dokter dan konsumsi Doxycycline sesuai dengan anjuran dokter atau aturan pakai yang tertera pada kemasan Doxycycline.
2. Efek samping yang ditimbulkan oleh Doxycycline akan menjadi lebih parah bila Anda mengkonsumsi minuman keras, oleh karena itu hindari minuman keras selama Anda mengkosnsumsi Doxycycline.
3. Doxycycline dapat menghambat efektivitas vaksin yang diberikan kepada tubuh pasien, beritahu dokter bahwa Anda mengkonsumsi Doxycycline sebelum Anda melakukan vaksinasi.
4. Saat Anda melakukan aktivitas di luar rumah, gunakanlah tabir surya karena Doxycycline dapat membuat kulit menjadi lebih peka terhadap sinar matahari.
5. Untuk mencegah overdosis, jangan menggandakan dosis Doxycycline jika Anda tidak sengaja melewatkan dosisnya, segera konsumsi Doxycycline setelah Anda teringat.

Efek samping Doxycycline

Efek samping yang umumnya dialami oleh pasien yang  mengkonsumsi Doxycycline antara lain
1. Iritasi pada tenggorokan
2. Sakit kepala
3. Mual dan muntah
4. Gangguan pencernaan dan sakit perut.
Jika Anda mengalami iritasi di sekitar anus dan oragan intim, infeksi jamur pada vagina, meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya matahari, dan kesulitan menelan setelah mengkonsumsi Doxycycline, segera hentikan konsumsi Doxycycline.

Informasi di atas merupakan informasi lengkap dan terpercaya seputan antibiotik Doxycycline yanda digunakan untuk menyembuhkan penyakit akibat infeksi bakteri. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top