Domperidone Obat Perut - Cara Membaca Dosis Aturan Minum dan Efek Sampingnya

Domperidone  - Terkadang kita mengalami gangguan perut seperti refluks asam lambung, kekenyangan yang menyebabkan rasa tidak nyaman, muntah dan juga mual. Jika kita mengalami masalah seperti itu lalu kita pergi ke dokter, biasanya dokter akan memberikan resep jangka pendek yaitu resep Domperidone.

Domperidone Obat Perut - Cara Membaca Dosis Aturan Minum dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Domperidone merupakan obat yang berasal dari jenis anti-emetik. Domperidone juga bukan merupakan obat bebas, jadi untuk mendapatkan Domperidone di apotek Anda harus mengantongi resep dari dokter. Domperidone hanya boleh dikonsumsi oleh orang dengan usia minimal 16 tahun dan tidak dianjrkan untuk memberikannya kepada anak - anak. Domperidone tersedia dalam bentuk suppositoria, sirup dan juga tablet. Domperidone mampu meredakan refluks asam lambung dan gangguan perut lain seperi muntah dan mual.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Domperidone

1. Mengkonsumsi Domperidone bagi wanita menyusui dapat berdamapk buruk pada bayi, meskipun begitu Domperidone aman dikonsumsi oelh ibu hamil. Tapi ingat, sesuaikan dosis dengan resepdan anjuran dokter.
2. Anak - anak tidak dianjrkan untuk mengkonsumsi Domperidone, namun jika terpaksa tanyakan dosis Domperidone yang tepat bagi anak - anak Anda.
3. Jika Anda mengalami gangguan pada sistem pencernaan seperti penyumbatan dan pendarahan, gangguan jantung, tumor pada kelenjar pituitari, gangguan hati serta gangguan ginjal sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Domperidone.
4. Segera hubungi atau temui dokter apabila terjadi overdosis maupun alergi.

Dosis Domperidone yang tepat bagi Anda

Dokter biasanya meresepkan pengobatan menggunakan Domperidone maksimal dua pekan. Pasien juga diberi batas maksimal konsumsi Domperidone yaitu 30 mg pe 24 jam. Dosis yang diberikan pada pasien biasanya tergantung pada penyakit yang diderita pasien dan juga keadaaan tubuh pasien. Pada umumnya, dokter memberikan dosis Domperidone 10 mg tiga kali sehari bagi orang dewasa dan remaja di atas 16 tahun

Cara mengkonsumsi Domperidone dengan tepat

1. Konsumsi Domperidone secara teratur sebelum makan, supaya efeknya maksimal konsumsi Domperidone setengah jam sebelum Anda makan.
2. Selalu patuhi anjuran dokter dan menerepkan aturan pakai yang tertera pada kemasan Domperidone.
3. Temui dokter yang meresepkan Domperidone untuk Anda apabila setelah Anda mengkonsumsi Domperidone selama satu minggu tidak ada tanda - tanda penyakit yang Anda derita membaik.

Efek samping yang ditimbulkan Domperidone

Domperidone memiliki efek samping sama seperti obat lainnya, namun efek samping yang ditimbulkan tidak begitu berat dan mengganggu. Berikut ini adalah efek samping dari Domperidone.
1. DIare
2. Meningkatnya denyut jantung
3. Perasaan cemas
4. Bagi wanita, akan terasa nyeri di bagian payudara
5. Rasa kantuk
6. Sakit kepala rinagn dan pusing

Informasi di atas mengungkap seluk beluk dari obat Domperidone. Semoga informasi yang saya sajikan pada kesempatan kali ini memberikan dampak yang positif bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top