Diphenhydramine Obat Alergi - Peringatan Indikasi Dosis dan Efek Sampingnya

5:52 AM
Diphenhydramine - Pernahkan Anda mengalami reaksi alergi setelah mengkonsumsi makanan tertentu? Reaksi alergi ini dapat berupa gatal - gatal, kemerahan pada kulit, dan sesak napas. Namun masih banyak juga gejala alergi yang lain. Penyebab alergi adalah diproduksinya senyawa histamin di dalam tubuh kita.
Diphenhydramine Obat Alergi - Peringatan Indikasi Dosis dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Kulit

Jika dibiarkan, gejala alergi dapat berakibat fatal bagi penderitanya. Untuk mengatasi alergi, dokter biasanya akan menganjurkan pasien untuk mengkonsumsi Diphenhydramine. Diphenhydramine merupakan obat yang dapat digunakan untuk menangani alergi dan juga gejala flu. Selain itu, Diphenhydramine juga dapat dikonsumsi sebagai obat tidur, mengatasi mabuk perjalanan dan menekan frekuensi batuk.

Diphenhydramine merupakan salah satu jenis obat antihistamin. Diphenhydramine dapat dikonsumsi tanpa menggunakan resep dokter, tapi penggunaannya harus sesuai dengan anjuran yang tertera pada kemasan. Fungsi utama dari Diphenhydramine adalah menangani alergi dan gejala flu. Diphenhydramine tersedia dalam berbagai bentuk, seperti sirup, kapsul dan tablet. Diphenhydramine hanya boleh dikonsumsi oleh anak di atas 12 tahun dan orang dewasa.

Peringatan Sebelum Mengkonsumsi Diphenhydramine

1. Meskipun Diphenhydramine termasuk obat bebas, akan lebih baik bila kita berkonsultasi kepada dokter sebelum mengkonsumsi Diphenhydramine, terutama bagi ibu hamil dan menyusui.
2. Jangan mengoperasikan alat berat atau mengemudi saat Anda dalam pengaruh Diphenhydramine, karena obat inid apat menyebabkan kantuk.
3. Bagi pasien yang mengalami pembengkakan prostat, diabetes, hipertiroidisme, kejang, tekanan darah tinggi, gangguan hati, ginkal, batuk berdahak, glaukoma dan asma harus berhati - hati dalam mengkonsumsi Diphenhydramine.
4. Segera temui dokter jika Anda mengalami overdosis dan alergi setelah mengkonsumsi Diphenhydramine.

Dosis Diphenhydramine

Dosis Diphenhydramine yang dianjurkan oleh dokter untuk pasien dewasa adalah 28 mg Diphenhydramine yang dikonsumsi sebanyak empat kali dalam sehari.
Dosis yang diberikan oleh dokter akan berbeda - beda keapda setiap pasien. Hal ini disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien, usia, dan juga riwayat kesehatan pasien.

Mengkonsumsi Diphenhydramine dengan Baik dan Benar

1. Diphenhydramine aman dikonsumsi sebelum maupun setelah makan. Baca aturan pakai pada kemasan Diphenhydramine sebelum Anda mulai mengkonsumsinya.
2. Konsumsi Diphenhydramine sesuai dengan dosis yang dianjurkan, gunakan sendok takar untuk mengkonsumsi sirup Diphenhydramine. Untuk mengurangi efek samping, jangan konsumsi minuman keras selama Anda mengkonsumsi Diphenhydramine.
3. Apabila Anda lupa mengkonsumsi dosis Diphenhydramine, jangan gandakan dosisnya. Anda cukup mengkonsumsi dosis yang terlupa jika masih ada jarak yang cukup dengan dosis berikutnya.

Efek Samping Diphenhydramine

Diphenhydramine memiliki efek samping seperti obat - obat kimia lainnya. Berikut ini adalah efek samping dari Diphenhydramine.
1. Buang air kecil menjadi susah
2. Mulut terasa kering
3. Mudah lelah
4. Sakit kepala atau pusing
5. Mengantuk
Jika Anda mengalami gejala yang tidak wajar setelah mengkonsumsi Diphenhydramine, segera hubungi dokter.

Demikian artikel tentang Diphenhydramine yang dapat digunakan untuk menangani alergi dan gejala flu. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top