Digoxin Obat Jantung - Indikasi Dosis, Cara Pakai dan Efek Sampingnya

Digoxin - Jantung merupakan salah satu organ di dalam tubuh kita yang sangat penting selain otak karena jantung kita berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh kita sehingga metabolisme tubuh kita dapat berjalan dengan baik. Tetapi jantung juga termasuk salah satu organ tubuh kita yang sering mengalami gangguan seperti gagal jantung dan denyut yang tidak teratur.

Digoxin Obat Jantung - Indikasi Dosis Cara Pakai Manfaat Khasiat dan Efek Sampingnya Untuk Penyembuhan Sakit Jantung Akut Stadium Akhir

Karena gangguan jantung tersebut, organ lain dalam tubuh kita juga dapat terganggu misalnya kaki dan tangan bisa membengkak. Dan juga menimbulkan berbagai gejala seperti napas menjadi sesak, jantung terasa berdebar, pusing dan sakit pada dada. Untuk meredakan gangguan denyut jantung serta gagal jantung, pasien dapat mengkonsumsi Digoxin.

Cara kerja obat ini adalah mengembalikan denyut jantung dalam keadaan normal dan aliran darah dapat berjalan dengan baik. Digoxin merupakan jenis obat glikosida jantung. Digoxin adalah obat resep, yang artinya kita dapat memperoleh Digoxin jika kita memiliki resep dokter saja. Digoxin digunakan untuk menangani gagal jantung dan atrial flutter dan fibrasi atrium yang menimbulkan detak jantung tidak teratur. Digoxin dapat dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak - anak. Digoxin tersedia dalam obat suntik, sirup dan juga tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Digoxin

1. Mengkonsumsi Digoxin harus memperhatikan resep dan anjuran dari dokter, terutama bagi ibu yang menyusui atau sedang hamil.
2. Bagi Anda yang mengalami gangguan ginjal dan kelenjar tiroid, sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Digoxin.
3. Sedangkan bagi Anda yang mengalami kesulitan benapas, memiliki kadar magnesium atau kalium yang rendah, harus waspada dan sangat berhati - hati saat mengkonsumsi Digoxin.
4. Untuk memantau tingkat Digoxin yang ada di dalam tubuh Anda dan mengetahui kondisi ginjal Anda, periksakan diri secara rutin ke dokter selama Anda mengkonsumsi Digoxin.
5. Kadar Digoxin bisa saja melampaui batas normal, segera hubungi dokter jika Anda keracunan terhadap Digoxin yang memiliki gejala penglihatan kabur, muntah, pusing dan diare.
6. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi terhadap Digoxin.

Dosis Digoxin

Pemberian dosis Digoxin kepada pasien dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya fungsi ginjal pasien, tingkat keparahan penyakit yang diderita pasien, kondisi pasien dan respon tubuh pasien terhadap Digoxin. Dosis yang umumnya diberikan oleh dokter kepada pasiennya adalah 0,25 mg hingga 1,5 mg Digoxin per hari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Digoxin

1. Konsumsi Digoxin sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan oleh dokter dan perhatikan aturan yang tertera pada kemasan Digoxin.
2. Konsumsi Digoxin sebelum makan makanan yang mengandung banyak serat seperti buah, sereal, roti gandum, dan sayuran.
3. Agar efek dari Digoxin maksimal, usahakan untuk mengkonsumsi Digoxin pada jam yang sama setiap hari.
4. Tidak dianjurkan untuk menggandakan dosis Digoxin yang tidak sengaja terlewat, jika memungkinkan segera konsumsi Digoxin yang terlewat begitu Anda mengingatnya.
5. Keadaan tubuh Anda selama mengkonsumsi Digoxin harus terpantau dengan baik, oleh karena itu jangan lupa untuk kontrol ke dokter secara rutin.

Efek samping Digoxin

Gejala - gejala di bawah ini merupakan gejala yang umum dialami oleh pasien yang mengkonsumsi Digoxin.
1. Diare
2. Pandangan sedikit buram
3. Pusing
4, Muncul ruam di kulit
5. Mual
Jika Anda mengalami reaksi yang tidak semestinya, kunjungi dokter segera.

Sekian informasi tentang Digoxin yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top