Diclofenac - Peringatan Resep Dosis, Efek Samping dan Khasiatnya Untuk Inflamasi

5:36 AM
Diclofenac - Rasa sakit yang kita rasakan saat sakit gigi, terkilir, nyeri punggung, asam urat, osteoartritis dan rheumatoid arthritis disebabkan karena tubuh melepaskan senyawa yang yang menimbulkan rasa sakit yaitu prostaglandin. Senyawa prostaglandin juga bisa menyebabkan inflamasi.
Diclofenac Peringatan Resep Dosis Efek Samping dan Khasiatnya Untuk Inflamasi

Untuk mengatasi rasa nyeri seperti yang saya sebutkan di atas. Dalam dunia medis dikenal Diclofenac. Diclofenac merupakan jenis obat anti inflamasi non-steroid (OAINS). Diclofenac tidak dapat dibeli dan dikonsumsi secara bebas karena Diclofenac merupakan obat resep. Fungsi utama dari Diclofenac adalah meredakan inflamasi serta rasa nyeri. Diclofenac tersedia dalam dua bentuk yaitu obat cari dan tablet. Diclofenac aman dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Diclofenac

1. Konsumsi Diclofenac dapat menurunkan kesuburan, jika Anda berencana untuk hamil sebaiknya menghindari konsumsi obat ini. Begitu juga dengan wanita hamil dan menyusui.
2. Bagi Anda yang mengalami urtikaria, porfiria, alergi dengan OAINS, gangguan ginjal, gangguan hati, lupus, tekanan darah tinggi, gangguan penggumpalan darah, asma, inflamasi usus, tukak usus halus atau lambung, stroke dan penyakit jantung sebaiknya berhati - hati dalam mengonsumsi Diclofenac.
3. Konsumsi Diclofenac setelah makan atau bersamaan dengan makanan.
4. Sebelum Anda mendapatkan penanganan medis dalam bentuk apapun, beritahu dokter terlebih dahulu bahwa Anda mengonsumsi Diclofenac.
5. Efek samping dari Diclofenac adalah mengantuk dan pusing, jangan mengemudi dan mengoperasikan alat berat selama Anda mengonsumsi Diclofenac.
6. Segera temui dokter bila Anda mengalami overdosis dan juga alergi setelah mengonsumsi Diclofenac.

Dosis Pemakaian Diclofenac

Dosis maksimal Diclofenac Sodium adalah 150 mg dalam sehari. Sedangkan dosis maksimal Diclofenac potassium adalah 200 mg dalam sehari. Sedangkan dosis umum Diclofenac bagi orang dewasa adalah 75-150 mg dalam sehari.
Dosis Diclofenac yang diberikan kepada setiap pasien berbeda, hal ini berdasarkan gejala yang dialami oleh pasien serta tingkat keparahan gejala yang dialami oleh pasien.

Cara yang Benar Dalam Mengonsumsi Diclofenac

1. Bacalah keterangan pada kemasan Diclofenac sebelum mengonsumsinya dan konsumsi Diclofenac sesuai dengan dosis yang telah diberikan oleh dokter.
2. Dosis Diclofenac untuk awal pemakaian adalah dosis paling rendah, dosis berikutnya akan disesuaikan dengan respon tubuh pasien.
3. Dokter harus memantau perkembangan kondisi Anda dan efektivitas Diclofenac, periksakan diri ke dokter secara rutin selama Anda mengonsumsi Diclofenac.
4. Untuk memaksimalkan kinerja Diclofenac pada tubuh Anda, konsumsi Diclofenac pada jam yang sama setiap hari secara teratur.
5. Jangan menggandakan dosis Diclofenac bila Anda lupa mengonsumsinya, konsumsi segera dosis Diclofenac jika masih ada jarak yang cukup dengan dosis berikutnya.

Efek Samping Diclofenac

Diclofenac memiliki beberapa efek samping, sama hanlnya dengan obat lain. Beberapa gejala di bawah ini merupakan efek samping dari Diclofenac. Jika gejala yang Anda alami lebih perah, segera hubungi dokter.
1. Sendawa lebih sering
2. Perut kembung
3. Sakit perut
4. Ulu hati terasa nyeri
5. Mual, muntah dan diare

Sekian informasi lengkap tentang Diclofenac yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top