Diazepam Obat Bius - Peringatan Dosis, Efek Samping Dan Kegunaanya

6:00 AM
Diazepam biasa digunakan sebagai obat bius sebelum menjalani operasi, mengatasi pasien dengan gejala putus alkohol tingkat akut, kejang - kejang, gangguan tidur atau insomsnia, dan kecemasan. Diazepam memiliki efek menenangkan pasien karena  bekerja pada bekerja pada sistem saraf otak.
Diazepam Obat Bius - Peringatan Dosis Efek Samping Dan Manfaat FUngsi Khasiat Untuk Bius Operasi Pembedahan

Diazepam memiliki efek adiktif yang bisa menyebabkan, oleh karena itu dokter meberikan resep Diazepam ini hanya untuk jangka pendek. Sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi Diazepam untuk jangka panjang. Selalu patuhi dosis yang telah diberikan oleh dokter adalah keputusan yang tepat.

Diazepam atau Valium termasuk ke dalam jenis obat Benzodiazepine. Diazepam dapat dibeli di apotek jika Anda memiliki resep dari dokter. Manfaat dari Diazepam adalah mengatasi gejala putus alkohol, obat bius sebelu proses operasi, epilepsi, step, otot kejang, insomsia dan juga kecemasan. Anak - anak dan orang dewasa dapat mengkonsumsi Diazepam dengan aman jika dibawah pengawasan dokter. Diazepam tersedia dalam bentuk tabung rektum, cairan suntik, sirup dan juga tablet.

Peringatan Sebelum membeli Diazepam Di Apotik

1. Diazepam memiliki efek yang buruk bagi bayi dan juga janin, oleh karena itu jika Anda sedang hamil, menyusui serta merencanakan kehamilan sebaiknya menghindari Diazepam.
2. Untuk menghindari efek kebal dan kecanduan terhadap Diazepam, jangan mengkonsumsi Diazepam dengan jangka panjang.
3. Anda bisa menjadi sangat mengantuk dan berakibat fatal lainnya jika Anda mengkonsumsi Diazepam dengan alkohol.
4. Jangan mengoperasikan alat berat serta mengemudikan kendaraan selama Anda berada dibawah pengaruh Diazepam karena Diazepam dapat membuat penglihatan kabur, pusing dan rasa mengantuk.
5. Bagi Anda yang mengalami myasthenia gravis, kelainan pada darah, gangguan hati, gangguan ginjal, gangguan pernapasan, serta pecandu alkohol dan narkoba sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Diazepam dan konsultasikan kepada dokter.
6. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis, alergi dan perubahan perilaku serta perubahan pola pikir.

Dosis Aturan Pakai Diazepam

Menanyakan dosis kepada dokter wajib dilakukan sebelum kita mengkonsumsi obat - obatan. Hal ini menjadi suatu keharusan karena obat - obatan akan menjadi peluru bagi pasien jika tidak dikonsumsi dengan dosis yang benar dan tepat. Berikut ini adalah dosis Diazepam yang biasa diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi medis dan kelompok usia pasien.
1. Bagi orang dewasa dan anak - anak Diazepam digunakan sebagai obat bius sebelum operasi, dosis yang dianjurkan adalah 5 - 20 mg bagi orang dewasa dan 2 - 10 mg  bagi anak - anak.
2. Bagi orang dewasa dengan gejala putus alkohol dosisnya adalah 5 -20 mg per hari.
3. Bagi orang dewasa yang mengalami epilepsi mengkonsumsi Diazepam 2 - 60 mg per hari.
4. Bagi orang dewasa dengan otot kejang, mengkonsumsi 5 - 15 mg Diazepam per hari.
5. Untuk mengatasi Cerebral palsy atau kelumpuhan otak, anak - anak mengkonsumsi Diazepam 5 - 40 mg Diazepam per hari dan bagi orang dewasa 5 - 60 mg Diazepam per hari.
6. Bagi orang dewasa dengan gangguan tidur atau insomnia mengkonsumsi Diazepam 5 - 15 mg per hari.
7. Untuk mengatasi gangguan mental dan kecemasan pada orang dewasa, Diazepam dikonsumsi 5 - 30 mg per hari.

Mengkonsumsi Diazepam dengan benar

1. Jika Anda sedang dalam pengobatan dengan obat lain, konsultasikan pada dokter. Selalu patuhi anjuran dokter serta anjuran yang tertera pada kemasan Diazepam.
2. Konsumsi Diazepam sesudah makan atau bersama dengan air putih.
3. Konsumsi Diazepam sebelum tidur jika Anda adalah penderita insomnia.
4. Ikuti anjuran dokter, dan jangan menghentikan konsumsi Diazepam secara tiba - tiba untuk menghindari gejala putus obat.
5. Jangan menggandakan dosis Diazepam yang tidak sengaja terlewat, segera konsumsi Diazepam yang terlewat jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek samping Diazepam

1. Agresif
2. Merasa bingung dan mudah lupa
3. Gangguan keseimbangan tubuh
4. Merasa lemas
5. Pusing dan mengantuk

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai obat penenang bernama Diazepam. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top