Dexamethasone - Dosis, Efek Samping dan Manfaat Sebagai Obat Peradangan

Peradangan atau infeksi yang terjadi di tubuh kita tidak hanya disebabkan oleh virus atau bekteri saja. Peradangan atau infeksi yang kita alami bisa saja disebabkan oleh pelepasan sel - sel yang ada di dalam tubuh kita. Beberapa infeksi yang disebaban oleh pelepasan sel antara lain alergi, kanker, lupus, crohn dan juga ulcerative colitis.

Infeksi yang diakibatkan oleh pelepasan sel -sel tubuh seperti ini dapat diatasi dengan konsumsi obat berjenis Dexamethasone yang dapat mencegah pelepasan sel -sel tubuh yang notabene dapat mengakibatkan infeksi.

Jenis Obat Dexamethasone

Dexamethasone tergolong dalam jenis obat kartikosteroid. Obat ini aman dikonsumsi oleh orang dewasa maupun oleh anak - anak di bawah umur dengan catatan harus sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter. Obat Dexamethasone ini tersedia dalam berbagai bentuk antara lain cairan yang dapat diminum (sirup), cairan infus, cairan suntik dan juga tablet.

Khasiat Dari Obat Dexamethasone

Manfaat dari Dexamethasone adalah :
- Mendiagnosis sebuah penyakit yang disebut Cushing
- Meredakan pembengkakan yang terjadi di otak
- Menyembuhkan alergi
- Mengatasi muntah dan mual karena kemoterapi
- Meredakan infeksi
- Menyembuhkan hiperplasia adrenal kongenital
- Mengatasi edema makula

Efek Samping Obat Apotik Dexamethasone

Apakah efek samping yang dititmbulkan jika kita mengkonsumsi Dexamethasone?? Pertanyaan ini selalu muncul ketika kita disarankan untuk mengkonsumsi obat - obatan tertentu. Di bawah ini merupakan beberapa efek samping dari Dexamethasone.
- Rasa nyeri pada tulang, otot dan juga sendi
- Gangguan jam istirahat (tidur)
- Frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering serta sering merasa haus
- Produksi keringat yang lebih banyak dari biasanya
- Timbulnya jerawat
- Badan menjadi lemas dan cepat lelah
- Sakit perut
- Kulit menjadi mudah memar, menipis dan kering
- Sakit kepala bahkan hingga muncul vertigo
- Rentan terhadap infeksi
- Mudah tersinggung
- Tumbuh rambut yang tidak biasa

Peringatan Indikasi Obat Dexamethasone Di Apotik

Untuk menghaindari timbulnya efek samping yang berlebihan, maka perlu diperhatikan beberapa hal penting sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat Dexamethasone ini. Hal - hal yang perlu diperhatikan yaitu.

1. Jika Anda mengkonsumsi obat Dexamethasone ini, maka Anda harus menghindari orang - orang yang sedang terkena penyakit yang menular, karena kondis tubuh Anda akan sangatrentan terhadap infeksi setelah mengkonsumsi Dexamethasone.

2. Bagi Anda adalah seorang ibu yang dalam keadaan hamil atau sedang dalam masa menyusui buah hati Anda, maka patuhilah resep dan dosis yang diberikan oleh dokter.

3. Jika Anda mengidap penyakit tertentu seperti gagal jantung, hipertensi, herpes, ginjal, gangguan otot, penyakit hati, penggumpalan darah, depresi, osteoporosis dan radang lambung atau baru saja dan akan melakukan vaksinasi maka konsultasikan terlebih dahulu pada okter sebelum Anda mengkonsumsi Dexamethasone.

4. Habiskan obat sesuai dengan resep dan jangan berhenti tiba - tiba menggunakan obat Dexamethasone ini karena dapat menimbulkan hal - hal yang fatal.

5. Segera hubungi dokter bila Anda mngalami overdosis dan juag alergi akibat Dexamethasone.

Efek Samping Yang Ditimbulkan Dexamethasone

Setelah Anda mengetahui hal - hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi Dexamethasone dan juga efek samping yang ditimbulkan oleh Dexamethasone, maka yang harus Anda tahu sekarang adalah bagaimana cara yang benar dalam mengkonsumsi Dexamethasone.

1. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum kta minum obat adalah memperhatikan kemasannya, dalam kemasan terdapat hal - hal yang harus kita ketahui, misalnya efek samping dari Dexamethasone itu sendiri.

2. Minumlah Dexamethasone ini sebaiknya setelah makan, dan jangan pernah mengunyah Dexamethasone yang berbentuk tablet.

3. Jika Anda tidak sengaja melewatkan dosisnya, segeralah untuk minum dosis yang tertinggal, dan jangan mengkonsumsi dua dosis sekaligus karena akan menimbulkan over dosis dan akan berakibat fatal.

Untuk mengkonsumsi Dexamethasone ini, maka diperlukan panduan dokter untuk memberikan dosis yang tepat. Pemberian dosis disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit yang diderita pasien, kondisi tubuh pasien, usia pasien dan juga berat badan pasien. Tanyakanlah dosis yang tepat kepada dokter sebelum Anda mengkonsumsi Dexamethasone ini. Biasanya dokter akan memberikan dosis rata - rata 0,75 mg sampai 9 mg per hari sesuai dengan kondisi pasien.

Itulah informasi lengkap mengenai obat Dexamethasone. Semoga Anda bisa memetik informasi yang bermanfaat dari tulisan saya ini. Terimakasih telah membaca.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top