Clopidogrel - Indikasi Obat, Peringatan Efek Samping dan Khasiatnya Untuk Sakit kardiovaskular

10:55 PM
Clopidogrel - Penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke rata - rata disebabkan oleh pembekuan darah di arteri. Hal ini akan membat aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terhambat.  Orang yang menderita sindrom koroner akut, gangguan sirkulasi darah, fibrilasi atrium dan orang yang baru saja menderita stroke dan serangan jantung biasanya akan diberikan sebuah obat yang bernama Clopidogrel.
Clopidogrel - Indikasi Obat Peringatan Efek Samping dan Khasiatnya Untuk Sakit kardiovaskular Jantung Dan Stroke

Clopidogrel adalah sebuah obat yang cara kerjanya menghambat dan mencegah pembekuan darah serta mengurangi resiko penyakit kardiovaskular lainnya. Clopidogrel termasuk ke dalam jenis antiplatelet. Dan untuk bisa mendapatkan Clopidogrel di apotek harus membawa resep dari dokter.

Clopidogrel dapat mencegah pembekuan darah pada penderita sindrom koroner akut, penyakit arteri perifer, serangan jantung, stroke besar atau kecil dan orang yang baru saja menjalani operasi jantung serta pembuluh darah. Clopidogrel hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa. Clopidogrel tersedia dalam bentuk tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Clopidogrel

1. Clopidogrel dapat berdampak buruk bagi buah hati Anda, oleh karena itu hindari konsumsi Clopidogrel bagi wanita menyusui, wanita hamil dan juga yang sedang merencanakan kehamilan.
2. Bagi Anda yang mengalami gangguan pendarahan, ulkus peptikum, gangguan ginjal, dan gangguan hati sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Clopidogrel.
3. Selain dengan petunjuk dokter, jangan berikan Clopidogrel kepada orang di bawah 16 tahun.
4. Clopidogrel memiliki efek pada proses pembekuan darah, jika Anda terluka dalam masa pengobatan menggunakan Clopidogrel dan pembekuan darah berlangsung lama maka itu hal yang wajar. Temui dokter jika darah tidak kunjung membeku dalam waktu lama.
5. Beritahu dokter bahwa Anda mengkonsumsi Clopidogrel saat akan mendapatkan penanganan medis apapun.
6. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi.

Dosis Clopidogrel bagi pasien

Dosis Clopidogrel yang diberikan oleh dokter bisa saja berbeda - beda karena tiap pasien memiliki tingkat keparahan penyakit yang diderita dan juga kondisi tubuh yang berbeda. Dosis umum yang diberikan dokter kepada pasiennya adalah 75 mg Clopidogrel per hari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Clopidogrel

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi tablet Clopidogrel, pahamilah anjran atau dosis yang diberikan oleh dokter serta keterangan yang tertera pada kemasan Clopidogrel.
2. Jangka waktu 12 bulan adalah batas maksimal dalam mengkonsusmi Clopidogrel yang dikombinasikan dengan aspirin dosis rendah.
3. Clopidogrel aman dikonsumsi stelah maupun sebelum makan, supaya efeknya maksimal sebaiknya konsumsi Clopidogrel pada jam yang sama setiap hari.
4. Jangan menggantikan dosis Clopidogrel yang tidak sengaja Anda lewatkan, konsumsi segera dosis Clopidogrel yang terlewat bila dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek samping yang ditimbulkan oleh Clopidogrel

1. Diare
2. Sakit perut
3. Gangguan pencernaan
4. Lepuh darah atau pendarahan di bawah kulit
5. Mimisan
6. Memar

Itulah informasi yang lengkap dan terpercaya seputar Clopidogrel. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top