Clobazam - Peringatan Dosis Obat, Indikasi Efek Samping dan Manfaatnya

Clobazam - Ketika kita mempunyai atau menghadapai masalah tertentu, biasanya kita akan mengalami perasaan gelisah dan kecemasan. Pada sebagian orang, keadaan seperti ini akan membutuhkan penanganan yang serius pada kondisis kejiwaannya. Ada sebuah obat yang digunakan untuk menangani gangguan kecemasan parah, obat yang dimaksud adalah Clobazam. Selain untuk mengatasi kecemasan, Clobazam juga dapat digunakan untuk menangani kasus epilepsi.

Clobazam - Peringatan Dosis Obat Indikasi Efek Samping dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Pria Wanita Sakit Kecemasan Berlebihan

Clobazam merupakan obat dari jenis ansiolitik yang tergolong ke dalam obat resep. Jadi, untuk bisa mendapatkan Clobazam, Anda harus memiliki resep dokter. Clobazam dalam dunia medis terkenal sebagai obat yang dapat menangani kasus kecemasan yang parah serta dapat menjadi obat tambahan dalam penanganan kasus epilepsi atau ayan. Sejauh ini, Clobazam hanya tersedia dalam bentuk tablet yang boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak - anak di atas 6 tahun.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Clobazam

1. Untuk keamanan serta keamanan pasien, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengkonsumsi Clobazam karena obat ini dapat mempengaruhi kondisi kehamilan seseorang.
2. Sedangkan untuk wanita yang sedang menyusui sebaiknya menghindari konsumsi Clobazam karena dapat membahayakan bagi bayi.
3. Clobazam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang, batas waktu konsumsi Clobazam adalah satu bulan atau empat minggu.
4. Segera hubungi dokter bila Anda merasa ingin melukai diri Anda setelah mengkonsumsi Clobazam.
5. Bagi Anda yang mengalami depresi, pernah menjadi pecandu narkoba atau miras, mengalami sindrom apnea tidur, ataksia, myasthenia gravis, gangguan paru - paru dan pernapasan, hati, ginjal sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Clobazam
6. Hindari mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat berat setelah mengkonsumsi Clobazam.
7. Konsultasikan kepada dokter bila Anda akan menghentikan konsumsi Clobazam, tidak dianjurkan menghentikan konsumsi Clobazam secara tiba-tiba.
8. Selama Anda mengkonsumsi Clobazam, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.
9. Segera temui dokter bila Anda mengalami overdosis maupun alergi setelah mengkonsumsi Clobazam.

Dosis Clobazam yang dianjurkan

Dalam mengkonsumsi Clobazam, dosis maksimalnya adalah 60 mg. Biasanya dokter akan menganjurkan dosis Clobazam sebanyak 10 mg hingga 30 mg per hari. Dosis ini dapat dikonsumsi sekaligus ataupun dibagi - bagi sesuai kebutuhan pasien.
Dalam penentuan dosis Clobazam, dokter akan memperhatikan beberapa faktor diantaranya penyakit yang diderita oleh pasien serta respon tubuh pasien setelah mengkonsumsi Clobazam.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Clobazam

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Clobazam sebaiknya perhatikan aturan pakai yang tertera pada kemasan dan juga anjuran dari dokter yang menangani Anda.
2. Dosis Clobazam pada awal konsumsi biasanya rendah dan akan ditingkatkan berdasarkan respon tubuh Anda terhadap Clobazam. Hal ini dilakukan karena Clobazam dapat menyebebkan gejala putus obat.
3. Clobazam aman dikonsumsi saat perut kosong atau sebelum makan, setelah makan maupun bersama makanan.
4. Selama Anda mengkonsumsi Clobazam, kondisi tubuh Anda sebaiknya selalu terpantau oleh dokter, oleh karena itu periksakan diri Anda secara rutin.
5. Supaya Clobazam bekerja secara maksimal di dalam tubuh pasien, sebaiknya konsumsi Clobazam pada jam yang sama setiap hari secara teratur.
6. Jangan menggandakan dosis Clobazam bila Anda lupa mengkonsumsinya, sebaiknya konsumsi dosis Clobazam yang terlewat bila jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek samping Clobazam

Berikut ini adalah efek samping yang ditimbulkan setelah Anda mengkonsumsi Clobazam. Bila Anda mengalami gejala yang parah, segera hubungi dokter.
1. Konstipasi
2. Mulut terasa kering
3. Nafsu makan berkurang
4. Mual
5. Gangguan pada gerakan mata dan koordinasi tubuh
6. Linglung
7. Respon tubuh menjadi lamban
8. Mengantuk

Itulah informasi yang lengkap mengenai Clobazam. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top