Ciprofloaxin - Indikasi Dosis Obat, Manfaat Dan Efek Sampingnya Untuk Peradangan

10:34 PM
Peradangan yang diakibatkan oleh adanya bakteri di tubuh kita seperti peradangan pada saluran pencernaan, saluran kencing, IMS (Infeksi Menular Seksual), dan juga peradanganpada mata dapat diatasi dengan salah satu jenis obat yang bernama Ciprofloxacin yang bersifat antibiotik atau anti infeksi. Jika Anda mengalami influenza yang disebabkan oleh datangnya virus ke tubuh kita maka obat ini tidak akan mengatasi penyakit itu dengan efektif.

Ciprofloaxin - Indikasi Dosis Obat Manfaat Dan Efek Sampingnya Untuk Sakit Peradangan

Panduan Meminum Obat Ciprofloaxin

Jika Anda memilih obat jenis Ciprofloaxin ini untuk mengatasi penyakit yang sedang Anda derita, maka Anda juga harus mengetahui bagaimana cara memakai obat ini dengan benar.Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi Ciprofloaxin dengan benar.

1. Hindari kafein saat Anda sedang dalam pengaruh Ciprofloaxin ini. Makanan atau minuman yang mengandung kafein antara lain kopi dan cokelat
2. Hindari zat besi dan zinc. Suplemen vitamin dan antasida mengandung zinc dan zat besi, sebaiknya jangan konsumsi dua zat ini saat Anda sedang di bawah pengaruh Ciprofloaxin. Keefektifan Ciprofloaxin dapat berkurang karena konsumsi zinc dan zat besi.
3. Konsumsi sesudah ataupun sebelum makan tidak masalah.
4. Minum air putih lebih banyak saat Anda sedang mengkonsumsi obat ini supaya efek samping yang timbul tidak terlalu mengganggu Anda.
5. Segera minum obat Ciprofloaxin ketika Anda baru menyadari bahwa ada dosis yang terlewat, tapi jangan menggandakan dosis yang terlewat karena dapat mengakibatkan overdosis.

Efek Reaksi Ciprofloaxin Pada Manusia

Selain mengetahui bagaimana cara mengkonsumsi Ciprofloaxin dengan  benar, maka Anda juga harus mengetahui bagaimana reaksi Ciprofloaxin terhadap tubuh Anda dan juga efek samping Ciprofloaxin terhadap tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang diakibatkan oleh Ciprofloaxin.

1. Pada pasien dengan usia di atas 60 tahun maka akan mucul rasa nyeri dan pembengkakan pada otot serta sendi. (segera hubungi dokter)
2. Sering buang gas
3. Sakit kepala atau pusing
4. Mual
5. Kesulitan bernafas, pembengkakan di sekitar wajah dan mulut, serta ruam. (segera hubungi dokter)

Peringatan Sebelum Minum Obat Ciprofloaxin

Hal hal di bawah ini adalah peringatan sebelum Anda mengkonsumsi Ciprofloaxin untuk menatasi penyakit yang Anda derita.

1. Untuk benar - benar menmbunuh bakteri penyebab penyakit yang Anda derita, maka habiskanlah obat yang dianjurkan dalam resep dokter
2. Perlu diperhatikan, obat jenis Ciprofloaxin ini dapat menyebabkan myastenia gravis, kekurangan glukosa-6-fosfat dehidrogenase serta kejang - kejang bagi penderita penyakit jantung, epilepsi, gangguan ginjal, aritmia, tendonitis.
3. Hubungi dokter apabila terjadi overdosis dan alergi.
4. Konsumsi obat sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter bagi Ibu hamil dan Ibu menyusui.
5. Suplemen, jeruk, antasida dan susu dapat mengurangi kinerja dan keefektifanobat ini karena keempat jenis zat tesebut mengandung zat besi dan zinc.

Ciprofloaxin tersedia dalam bentuk obat tetes mata, obat oles, obat cair yang bisa diminum, cairan infus, tablet dan juga obat oles. Ciprofloaxin tergolong dalam antibiotik quinolone yang aman dikonsumsi oleh anak - anak dan orang dewasa apabila dikonsumsi menurut resep yang diberikan oleh dokter. Ciprofloaxin memiliki nama lain Ciproxin yang fungsinya mengatasi peradangan akibat bakteri.

Dosis Pemakaian Obat Ciprofloaxin

Di bawah ini merupakan dosis yang dianjurkan untuk penyakit tertentu dan Anda juga harus memperhatikan resep yang diberikan dokter meskpun Anda telah membaca anjuran dosis seperti di bawah ini.

1. Untuk pengobatan peradangan saluran pencernaan yang suah terkomplikasi maka Anda harus mengkonsumsi Ciprofloaxin selama 7 - 14 hari dengan dosis setiap harinya 500 mg.
2. Peradangan saluran kemih yang ringan, Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi Ciprofloaxin 250mg per hari selama 1 hingga 2 minggu.
2. Peradangan saluran kemih akut dan tidak terkomlikasi, Andadapat mengatasinya dengan mengkonsumsi Ciprofloaxin selama tiga hari dengan dosis setiap hari 250 mg saja.
3. Untuk mengatasi infeksi saluran kemih yang sudah parah maka Anda sebaiknya mengkonsumsi Ciprofloaxin dengan dosis 500 mg setiap hari selama 7 sampai 14 hari.
4. Jika Anda menderita thypus, konsumsi Ciprofloaxin selama 10 hari dengan dosis 500 mg / hari.
5. Konsumsi 500 mg Ciprofloaxin setiap hari selama dua bulan untuk menyembuhkan penyakit antraks.
6. Sinusitis akut dapat ditangani denganmengkonsumsi Ciprofloaxin selama 10 hari dengan konsumsi setiap harinya 500mg.
7. Untuk mengatasi prostatitis kronis yang diakibatkan oleh bakteri, konsumsi Ciprofloaxin 500 mg sehari selama satu bulan.
8. Minumlah Ciprofloaxin sekali saja dengan dosis 250 mg untuk mengatasi infeksi bakteri gonokokus.
9.  Untuk mengatasi peradangan kulit yang ringan atau sedang konsumsilah Ciprofloaxin selama  2 minggu dengan dosis 500 mg.
10. Sedangkan untuk infeksi kulit yang sudah parah dan terkomplikasi maka konsumsi 750 mg Ciprofloaxin setiap hari selama 14 hari.
11. Apabila Anda menderita infeksi saluran pernafasan bagian bawah, konsumsi Ciprofloaxin selama 1 hingga dua minggu dengan dosis 500 mg per hari untuk tingkat keparahan ringan dan sedang sedangkan untuk tingkat keparahan terkomplikasi maka dosis perharinya adalah 750 mg.
12. Untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada sendi dan tulang yang parah, konsumsilah Ciprofloaxin dengan dosis 750mg per hari selama 4 hingga 6 minggu. Untuk peradangan yang masih ringan dan sedang, konsumsi Ciprofloaxin dengan dosis 500 mg dengan rentang waktu yang sama.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai obat antibiotik dengan jenis Ciprofloaxin. Semoga barmanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top