Cimetidine - Info Dosis Obat Untuk Asam Lambung dan Efek Sampingnya

Cimetidine - Asam lambung merupakan sebuah zat yang diproduksi oleh dinding lambung, fungsinya adalah untuk mencerna makanan yang telah kita makan sebelum makanan itu diekstrak di usus halus. Asam lambung yang bermanfaat ini akan berakibat buruk bagi kesehatan kita jika diproduksi secara berlebihan. Produksi asam lambung yang berlebihan ini harus segera mendapatkan penanganan supaya tidak menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan yang lebih parah.

Cimetidine 400mg - Info Dosis Obat Untuk Asam Lambung dan Efek Sampingnya

Cimetidine dapat dikonsumsi untuk menangani kasus asam lambung yang berlebihan. Cimetidine merupakan salah satu obat dari jenis Histamine H2-receptor antagonist. Cimetidine merupakan obat resep yang tidak diperjual belikan secara bebas. Cimetidine mampu menangani berbagai kasus seperti iritasi lambung karena konsumsi obat anti inflamasi non steroid, refluks asam, gangguan pencernaan, tukak usus halus, dan juga tukak lambung. Cimetidine dapat dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa. Cimetidine tersedia dalam bentuk sirup dan tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Cimetidine

1. Konsumsi Cimetidine harus sesuai dengan anjuran dokter, apalagi bagi Anda yang sedang dalam masa menyusui atau hamil.
2. Jika anak - anak akan mengkonsumsi Cimetidine, sebaiknya tanyakan dosis yang sesuai kepada dokter.
3. Bagi Anda yang mengalami gangguan ginjal dan gangguan hati harap berhati - hati dalam mengkonsumsi Cimetidine.
4. Sedangkan bagi Anda yang mengalami pendarahan, penurunan berat badan, dan mual setelah mengkonsumsi Cimetidine, harus waspada.
5. Temui dokter sesegera mungkin jika Anda mengalami overdosis dan alergi setelah mengkonsumsi Cimetidine.

Dosis Cimetidine

Berikut ini daftar dosis umum Cimetidine yang disarankan dokter
1. Untuk menangani gangguan pencernaan, pasien akan diberikan dosis Cimetidine 200 mg untuk empat kali dalam sehari.
2. Cimetidine 400 mg empat kali sehari cukup untuk penyembuhan refluks asam.
3. Pasien yang mengalami Cimetidine akan diberikan dosis Cimetidine 800 mg (1x sehari) atau 200 mg (3x sehari) atau 400 mg (4x sehari).
4. Untuk mengobati tukak lambung, Cimetidine dikonsumsi dua kali dengan dosis 400 mg.
Dosis yang diberikan oleh dokter akan mengacu pada berat badan pasien (anak - anak), kondisi kesehatan pasien, seberapa parah penyakit yang diderita pasien, dan juga respon tubuh terhadap Cimetidine.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Cimetidine

1. Yang sangat penting dalam mengkonsumsi obat - obatan adalah aturan pakai dan dosis, perhatikan hal - hal tersebut sebelum Anda mengkonsumsi Cimetidine.
2. Untuk mengkonsumsi tablet Cimetidine, sebaiknya dibatu dengan air minum putih. Cimetidine aman dikonsumsi sebelum maupun setelah makan.
3. Supaya Cimetidine bekerja efektif menyembuhkan pasien, konsumsi Cimetidine pada jam yang sama setiap hari secara teratur. Jika Anda melewatkan satu dosisnya, segera konsumsi Cimetidine jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat, jangan menggandakan dosisnya.
4. Batas maksimal mengkonsumsi Cimetidine adalah 14 hari, segera konsultasikan kepada dokter jika kondisi Anda tidak membaik setelah mengkonsumsi Cimetidine.
5. Hindari merokok, mengkonsumsi peppermint, tomat, cokelat, kopi dan alkohol supaya asam lambung Anda akan segera membaik.
6. Usahakan untuk menurunkan berat badan, bagi pasien refluks asam yang mengalami obesitas.

Efek samping Cimetidine

1. Diare
2. Sakit kepala dan pusing
3. Nyeri otot
4. Mudah lelah

Itulah informasi yang lengkap mengenai Cimetidine, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top