Chloramphenicol - Dosis, Efek Samping dan Manfaat Sebagai Obat Belekan Konjungtivitis

10:13 PM
Chloramphenicol - Pernahkah Anda mengalami belekan? Ya, belekan atau yang bahasa medisnya konjungtivitis merupakan sebuah penyakit mata yang sangat umum terjadi, bisa disebabkan oleh debu atau kurang mejaga kebersihan mata sehingga bakteri menginfeksi mata. Konjugtivis juga sangat mudah menular.


Biasanya konjungtivitis ditandai dengan mata memerah, mata terasa gatal dan perih apalagi saat menatap cahaya. Kelopak mata juga akan menjadi bengkak jika Anda mengalami konjungtivitis. Keadaan seperti tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda sehari - hari apalagi jika Anda merupakan orang yang sibuk.

Solusi penyakit belekan adalah Chloramphenicol. Chloramphenicol merupakan salah satu obat berjenis antiboiotik. Chloramphenicol juga merupakan obetr resep jadi Anda harus memiliki resep dokter jika ingin membeli Chloramphenicol di apotek. Obat tetes ini dapat digunakan oleh anak - anak maupun orang dewasa. Chloramphenicol mampu mengatasi gangguan mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Peringatan sebelum menggunakan Chloramphenicol

1. Sesuaikan penggunaan Chloramphenicol dengan petunjuk yang diberikan oleh dokter dan juga aturan pakai yang tertera pada kemasan.
2. Chloramphenicol kurang aman bila digunakan pada belita di bawah 2 tahun, mintalah pentunjuk dokter jika anak Anda akan menggunakan Chloramphenicol.
3. Jika Anda memiliki keluarga (ayah, ibu, kakek atau nenek) yang mengalami gangguan darah yang parah, dan jika Anda menggunakan soflens harus berhati - hati dalam menggunakan Chloramphenicol.
4. Jangan mengemudi atau mengoperasikan alat berat karena Chloramphenicol bisa saja mengakibatkan pandangan menjadi buram.
5. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis atau alergi.

Dosis Chloramphenicol untuk pasien

Dosis yang diberikan dokter untuk pasiennya bersifat universal, maksudnya adalah dosis Chloramphenicol yang sama diberikan untuk semua usia dan untuk semua tingkat keparahan. Rentang dosis Chloramphenicol yang diberikan dokter biasanya adalah tiga jam sekali dan setiap penggunaan dua tetes. Agar infeksi mata Anda tidak kambuh lagi, tetap gunakan Chloramphenicol hingga habis meskipun mata Anda telah membaik.

Cara yang baik dan benar dalam mengkonsumsi Chloramphenicol

1. Sebelum Anda menggunakan Chloramphenicol, ikuti aturan dan dosis yang telah diberikan oleh dokter.
2. Supaya efek Chloramphenicol lebih maksimal, gunakan Chloramphenicol secara teratur setiap hari pada jam yang sama.
3. Temui dokter jika kondisi mata Anda memburuk atau tidak menunjukkan tanda - tanda akan sembuh.
4. Jika Anda beraktivitas di luar rumah, gunakanlah kaca mata karena Chloramphenicol dapat membuat mata Anda sensitif terhadap sinar matahari.
5. Jangan berbagi barang - barang pribadi dengan orang lain (handuk, kacamata, dll) dan bersihkan tangan setelah memegang mata untuk mencegah penularan.

Efek samping dari Chloramphenicol

Efek samping yang ditimbulkan oleh Chloramphenicol cukup ringan dan tidak terlalu mengganggu. Efek samping dari Chloramphenicol juga akan hilang dalam beberapa menit. Efek samping yang ditimbulkan setelah menggunakan Chloramphenicol adalah mata pedih. Jika Anda mengalami efek samping yang lebih parah dan mengganggu segera hubungi atau temui dokter.

Itulah informasi yang lengkap dan akurat mengenai Chloramphenicol yang dapat saya samapaikan kali ini semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top