Cetirizine HCL - Dosis Obat, Indikasi Efek Samping Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ruam pada kulit, mata dan hidung yang gatal, bersin, mata berair, hidung mampet dan beringus, itu merupakan gejala - gejala alergi. Gejala alergi seperti itu dapat diatasi dengan obat yang termasuk obat anthistamin yaitu Cetirizine.
Cetirizine HCL - Dosis Obat Indikasi Peringatan Pemakaian Efek Samping Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Untuk bisa mendapatkan obat Cetirizine di apotek, Anda harus mempunyai resep dokter. Anak - anak di atas 2 tahun hingga orang dewasa aman mengkonsumsi obat ini. Cetirizine tersedia dalam bentuk obat cair atau sirup, obat larut, obat kunyah, kapsul dan juga tablet. Cetirizine berfungsi untuk meredakan gejala alergi.

Peringatan Sebelum Minum Cetirizine HCL

Sebelum Anda mengkonsumsi Cetirizine, Anda harus memperhatikan peringatan berikut ini.
1. Mintalah petunjuk dokter dalam mengkonsumsi Cetirizine ini terutama bagi Anda yang sedang merencnakan kehamilan, wanita menyusui dan juga wanita yang sedang hamil.
2. Jika Anda sedang dalam pengaruh obat ini, sebaiknya Anda jangan mengemudi atau mengoperasikan alat karena Cetirizine menyebabkan kantuk berat.
3. Bagi Anda yang mengalami gangguan hati, gangguan ginjal, alergi antihistamin, diabetes dan porfiria harap berhati - hati dan mematuhi dosis dari dokter dalam mengkonsumsi Cetirizine.
4. Jika gejala yang alergi yang Anda alami mulai membaik.
5. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan alergi terhadap Cetirizine.

Dosis Untuk Obat Cetirizine HCL

Biasanya dokter akan memberikan takaran atau dosis Cetirizine seperti di bawah ini.
1. Usia 2 hingga 6 tahun mengkonsumsi obat ini dua kali 2,5 mg per hari.
2. Usia 6 hingga 12 tahun mengkonsumsi Cetirizine 5 mg dua kali sehari.
3. Usia dewasa (di atas 12 tahun) mengkonsumsi Cetirizine 10 mg sekali saja dalam sehari.

Diluar dosis yang diberikan dokter pada umumnya, dokter juga akan menyesuaikan dosis berdasarkan kondisi pasien, usia, reaksi tubuh pasien terhadap obat dan juga riwayat kesehatan dari pasien itu sendiri.

Cara Menggunakan Obat Cetirizine HCL

Anda juga harus tahu bagaimana cara mengkonsumsi Cetirizine dengan cara yang baik dan benar. Hal ini bertujuan agar obat bekerja secara efektif pada tubuh kita dan tidak menyebabkan reaksi diluar perkiraan.
1. Cetirizine aman dikonsumsi sebelum atau sesudah makan dan konsumsi Cetirizine sesuai dengan petujuk atau dosis yang diberikan oleh dokter Anda.
2. Hindari minuman beralkohol selama konsumsi Cetirizine supaya efek samping yang ditimbulkan tidak semakin parah, gunakan senok takar khusus agar dosis yang Anda konsumsi akurat (obat cair).
3. Untuk menghindari terjadinya over dosis, hindari menggandakan obat yang lupa Anda konsumsi, sebaiknya Anda meminum obat Cetirizine segera setelah Anda teringat. Jangan mengkonsumsi dosis Cetirizine yang terlewat jika dosis berikutnya terlalu dekat.

Efek Samping Cetirizine HCL

Setelah Anda mengkonsumsi Cetirizine, biasanya Anda akan mengalami reaksi di bawah ini.
1. Sakit perut
2. Mulut menjadi lebih kering
3. Mudah lelah dan lemas
Jangan khawatir, reaksi Cetirizine di atas merupakan reaksi yang biasa.

Itulah beberapa informasi mengenai Cetirizine secara lengkap. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari informasi tentang Cetirizine yang saya bagi kepada Anda ini.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top