Cefadroxil - Dosis Obat, Peringatan Pemakaian Dan Efek Sampingnya

Salah satu jenis antibiotik yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti radang tenggorokan, radang pada saluran pernafasan, radang pada kulit dan juga saluran kemih adalah cefradoxil yang memiliki spektrum yang luas dibandingkan dengan antibiotik jenis lainnya.
Cefadroxil 500 mg - Dosis Obat Peringatan Pemakaian Manfaat Dan Efek Sampingnya

Cefadroxil merupakan obat dari golongan antibiotik sefalosporin. Cefadroxil berbetuk kapsul yang aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak - anak sesuai dengan resep dokter. Cefradoxil dapat menyambuhkan berbagai penyakit akibat bakteri yaitu infeksi pada.
- Jaringan lunak dan kulit
- Persendian dan tulang
- Saluran pernafasan
- Sistem reproduksi wanita
- Ginjal
- Telinga, Hidung dan tenggorokan (THT)
- Ginjal
- Saluran kemih

Peringatan Sebelum Meminum Obat Cefadroxil

Ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui dan harus Anda perhatikan sebelum menggunakan obat antibiotik cefradoxil ini. Hal - hal yang penting untuk diketahui seputar obat cefradoxil seperti di bawah ini.

1. Jangan menggunakan obat ini untuk menangani penyakit yang disebabkan oleh datang dan tumbyhnya virus di tubuh kita seperti influenza karena cefadoxil adalah obat yang fungsinya menghambat pertumbuhan bakteri.

2. Jika Anda pernah mengalami alergi terhadap obat sejenis antibiotik lain maka konsultasikan hal ini pada dokter Anda, supaya Anda dapat mengkonsumsi cefradoxil dengan aman dan tidak menimbulkan alergi pada tubuh Anda.

3. Konsultasikan pada dokter jika Anda akan mengkonsumsi obat cefradoxil ini dalam keadaan hamil, menyusui balita dan juga dalam program kehamilan. Gunakanlah jenis obat ini jika sangat mendesak saja untuk memastikan tidak ada dampak buruk bagi Anda, dan buah hati Anda.

4. Untuk menghindari ketidak efektifan faksin yang baru saja diberikan kepada Anda, maka jangan konsumsi cefradoxil, dan beritahu dokter agar memberikan altenatif obat lain kepada Anda.

5. Bagi Anda yang memiliki riwayat gangguan pada ginjal, maka berhati - hatilah dalam mengkonsumsi cefradoxil, perhatikan dan taati dosis yang diberikan dokter kepada Anda.

6. Cefradoxil bisa mengurangi keefektifan dari kontrasepsi yang Anda gunakan, oleh karena itu, untuk mencegah kehamilan, gunakanlah alat elindung tambahan seperti kondom.

7. Segera hubungi dokter jika Anda meglamai over dosis dan reaksi alergi.

Dosis Cefradoxil

Seorang dokter akan memberikan resep dosis cefradoxil sesuai dengan kondisi pasien dan juga kondisi dari penyakit yang diderita oleh pasien. Dan berat badan juga akan menjadi pertimbangan bagi dokter untuk menentukan dosis yang sesuai bagi anak - anak. Sejauh ini, dosis yang paling tinggi diberikan oleh dokter adalah 4 gram per hari. Sedangkan rata - rata dokter memerikan dosis cefradoxil dikonsumsi 5 hingga 10 hari dan setiap hari 1hingga 2 gram.

Cara Mengkonsumsi Obat Cefradoxil Yang Baik dan Benar

Nah, setelah Anda mengetahui hal - hal apa saja yang hars diperhatikan sebelum mengkonsumsi cefradoxil dan juga telah diberikan dosis yang tepat oleh dokter, sekarang Anda harus tahu juga bagaimana mengkonsumsi cefradoxil dengan benar. Supaya tidak timbul reaksi tubuh yang tidak diinginkan.

1. Selalu mengikuti aturan yang tertera di kemasan obat cefradoxil ini. Anda juga harus menghabiskan obat ini sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter.

2. Cefradoxil ini berbentuk kapsul, jangan pernah membuka kapsulnya dan jangan mengunyah cefradoxil ini. Minum cefradoxil bersama dengan air putih dan konsumsi cefradoxil setelah makan.

3. Konsumsi cefradoxil sesuai dosis dan teapt waktu, jangan pernah menggandakan dosis yang lupa Anda konsumsi karena dapat menimbulkan over dosis yang berbahaya bagi Anda.

4.Cefradoxil yang Anda miliki tidak selamanya sesuai untuk tubuh orang lain, oleh karena itu konsumsilah cefradoxil utnuk Anda sendiri dan jangan memberikannya kepada orang lain.

Efek Samping Obat Kimia Cefadroxil

Seperti jenis obat - obatan yang lain, cefraoxil juga memiliki efek samping bagi tubuh kita. Efek samping yang ditimbulkan oleh cefradoxil antara lain.

- Pada sebagian orang akan mengalami diare pada masa pengobatan menggunakan cefradoxil
- Gangguan pencernaan yang lain juga bisa timbul selain diare
- Bagi orang yang tidak cocok dengan cefradoxil maka lidahnya akan mengalami peradangan ringan
- Mual dan muntah

Itulah serba - serbi seputar obat antibiotik yang bernama cefradoxil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top