Carbamazepine - Info Manfaat Obat Epilepsi, Dosis dan Efek Sampingnya

Carbamazepine - Epilepsi merupakan penyakit yang mengakibatkan penderitanya mengalami kejang. Untuk menangani kejang akibat epilepsi ini, dalam dunia medis dikenal obat yang bernama Carbamazepine. Cara kerja dari Carbamazepine adalah menstabilkan kembali aktivitas saraf sehingga menurunkan intensitas kejang.

Carbamazepine - Info Manfaat Khasiat Obat Epilepsi Dosis dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Pasien

Carbamazepine juga dapat digunakan untuk mengendalikan gejolak atau gangguan emosi dan juga mengatasi rasa sakit. Hal ini memungkinkan Carbamazepine untuk mengatasi gangguan bipolar dan mengatasi nyeri neualgia.

Carbamazepine merupakan obat dari jenis antikonvulsan. Untuk mengkonsumsi Carbamazepine, diperlukan resep dari dokter. Carbamazepine berguna untuk mengatasi gangguan bipolar, nyeri neuralgia, dan kejang epilepsi. Carbamazepine dapat dikonsumsi oleh anak di atas 5 tahun hingga orang dewasa. Carbamazepine tersedia dalam bebagai bentuk, diantaranya obat cair, kapsul dna tablet.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Carbamazepine

1. Sebelum Anda mulai mengonsumsi Carbamazepine sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama bagi ibu hamil dan menyusui.
2. Konsumsi Carbamazepine dapat mengurangi kinerja kontrasespsi hormon.
3. Kesuburan pria dapat terganggu selama mengonsumsi Carbamazepine karena dapat berpengaruh pada produksi sperma.
4. Selama Anda mengonsumsi Carbamazepine, hindari konsumsi jus maupun buah anggur serta minuman keras.
5. Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana untuk menghentikan konsumsi Carbamazepine.
6. Selama Anda dalam pengaruh Carbamazepine, sebaiknya tidak mengemudi atau mengoperasikan alat berat karena Carbamazepine dapat menyebabkan kantuk.
7. Apabila Anda mengalami hipotirodisme, porfiria, gangguan pada sumsum tulang, glaukoma, gangguan jantung, hati, dan gijal sebaiknya berhati - hati dalam mengonsumsi Carbamazepine.
8. Segera hubungi dokter jika Anda merasakan dorongan untuk melukai diri karena Carbamazepine dapat menyebabkan Anda merasakan demikian.
9. Segera temui dokter jika Anda mengalami over dosis atau alergi setelah mengonsumsi Carbamazepine.

Dosis Carbamazepine

1. Untuk mengatasi kejang epilepsi, dokter akan memberikan dosis Carbamazepine sebanyak 100 - 200 mg yang dikonsumsi 1 sampai 2 kali dalam sehari. Dosis ini akan ditingkatkan menjadi 800 - 1200 mg. Sedangkan dosis maksimal Carbamazepine adalah 2000 mg per hari.
2. Untuk menangani nyeri neuralgia trigeminal, dokter akan menyarankan dosis Carbamazepine sebanyak 200 - 800 mg per hari. Sedangkan dosis maksimalnya adalah 1200 mg per hari.
Pemberian dosis Carbamazepine kepada setiap pasien akan berbeda, disesuaikan dengan gangguan yang diderita, tingkat keparahan gejala yang dialami, kondisi kesehatan pasien serta respon tubuh pasien setelah mengonsumsi Carbamazepine.

Cara yang Benar Dalam Mengonsumsi Carbamazepine

1. Sebelum Anda mulai mengonsumsi Carbamazepine, sebaiknya baca keterangan pada kemasan dan patuhi anjuran dari dokter. Dosis awal Carbamazepine biasanya redah, kemudian ditingkatkan.
2. Untuk menghindari gejala putus obat dan mencegah kembalinya gejala, konsumsi Carbamazepine tidak dapat dilakukan secara tiba - tiba.
3. Konsumsi Carbamazepine bersama dengan makanan atau setelah makan.
4. Supaya kondisi dan perkembangan Anda dapat terpantau, periksakan diri Anda secara rutin ke dokter selama Anda mengonsumsi Carbamazepine.
5. Gunakan tabir surya bila beraktivitas di luar rumah karena konsumsi Carbamazepine dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif
6. Jangan menggandakan dosis Carbamazepine apabila Anda tidak sengaja melewatkannya, konsumsi dosis Carbamazepine yang terlewat jika ada jarak yang cukup dengan dosis berikutnya.

Efek Samping Carbamazepine

Berikut ini adalah gejala yang umum terjadi jika seseorang mengonsumsi Carbamazepine.
1. Pergelangan kaki bengkak
2. Limbung
3. Mual dan muntah
4. Sakit kepala dan pusing
5. Penglihatan terganggu
6. Mengantuk
Jika Anda mengalami efek samping yang tidak normal, konsultasikan segera dengan dokter.

Semoga informasi tentang obat Carbamazepine ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top