Candesartan Cilexetil - Info Dosis Obat, Bahaya Efek Samping Dan Fungsinya

Candesartan - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan pemicu penyakit yang  berhubungan dengan jantung seperti serangan jantung, kerusakan pembuluh darah, dan juga stroke. Hipertensi adalah keadaan dimana tekanan darah seseorang menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan batas normalnya.
Candesartan Cilexetil - Info Dosis Obat Bahaya Efek Samping Dan Fungsinya

Hipertensi terjadi karena pembuluh darah mengalami penyempitan akibat adanya suatu zat yang ada di dalam tubuh kita. Untuk mengatasi hipertensi, dalam dunia medis dikenal obat bernama Candesartan. Cara kerjanya adalah dengan melebarkan pembuluh darah yang menyempit. Karena pembuluh darah lebih lebar maka aliran darah akan lebih lancar dan tekanan darah menurun.

Candesartan merupakan salah satu obat dari jenis penghambat reseptor angiotensin II. Dalam penggunaannya, Candesartan harus disertai resep dokter. Candesartan memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan jantung dan menurunkan tekanan darah. Candesartan tersedia dalam bentuk tablet. Candesartan hanya boleh dikonsumsi oleh anak - anak berusia 6 tahun atau lebih serta orang dewasa.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Candesartan

1. Candesartan dapat berpengaruh pada kondisi bayi atau janin, sehingga wanita yang sedang hamil atau menyusui tidak diperbolehkan mengkonsumsi Candesartan.
2. Anak berusia di bawah 6 tahun juga tidak disarankan mengkonsumsi Candesartan.
3. Bila Anda mengalami gangguan ginjal, hati, jantung dan empedu sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Candesartan.
4. Untuk memaksimalkan kinerja Candesartan dan mengurangi efek samping, jangan konsumsi Candesartan bersamaan dengan aspirin atau ibuprofen.
5. Salah satu efek samping mengkonsumsi Candesartan adalah pusing hingga pingsan, untuk mengurangi efek samping ini sebaiknya Anda menghindari minuman keras.
6. Beritahu dokter bahwa Anda mengkonsumsi Candesartan sebelum menjalani penanganan medis untuk menghindari efek samping.
7. Segera temui dokter jika Anda mengalami over dosis atau alergi terhadap Candesartan.

Dosis Candesartan

Di bawah ini beberapa dosis Candesartan yang diberikan kepada pasien anak - anak hingga orang dewasa berdasarkan gangguan masing - masing.
1. Konsumsi Candesartan sebanyak 16 mg per hari untuk menangani tekanan darah tinggi berat pada anak - anak. Berat badan minimal untuk dosis ini adalah 50 kg.
2. Sedangkan bagi anak - anak yang memiliki berat badan di bawah 50 kg dan menderita hipertensi berat bisa mengkonsumsi Candesartan sebanyak 8 mg per hari.
3. Untuk menangani tekanan darah tinggi pada anak -anak, dosis Candesartan yang disarankan adalah 4 mg perhari.
4. Candesartan dapat digunakan untuk menangani gagal jantung bagi orang dewasa dengan dosis 4 - 32 mg per hari.
5. 4 mg Candesartan cukup untuk menangani hiertensi pada pasien yang mengalami gangguan ginjal dan hati.
6. Candesartan yang digunakan untuk menangani kasus hiertensi berat pada orang dewasa dikonsumsi sebanyak 16 - 32 mg dalam sehari.
7. Dan untuk mengatasi kasus hipertensi yang biasa, pasien cukup mengkonsumsi Candesartan sebanyak 8 mg dalam sehari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Candesartan

1. Sebelum Anda mulai mengonsumsi Candesartan, ada baiknya bila Anda membaca aturan pakai yang ada pada kemasan Candesartan untuk mengetahui rincian dari obat Candesartan yang akan Anda konsumsi.
2. Candesartan dapat dikonsumsi sebelum makan maupun setelah makan, tidak disarankan untuk mengunyah tablet Candesartan. Konsumsi Candesartan dengan bantuan air putih.
3. Supaya Candesartan dapat bekerja maksimal pada tubuh pasien, sebaiknya konsumsi Candesartan pada jam yang sama setiap hari.
4. Jangan menggandakan dosis Candesartan bila Anda tidak sengaja melewatkan dosisnya, segera konsumsi dosis yang terlewat jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.
5. Ubahlah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, misalnya dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan yang seimbang untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit Anda.
6. Menghentikan konsumsi Candesartan secara mendadak dapat membahayakan kondisi Anda, oleh karena itu konsultasikan kepada dokter bila Anda ingin menghentikan konsumsi Candesartan,
7. Supaya kondisi Anda dapat terpantau, periksakan diri Anda secara teratur selama mengkonsumsi Candesartan.

Efek samping mengkonsumsi Candesartan

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang biasa dialami setelah mengkonsumsi Candesartan.
1. Infeksi saluran pernafasan
2. Vertigo
3. Sakit kepala
4. Pusing
5. Sakit tenggorokan
6. Batuk

Itulah informasi terlengkap mengenai Candesartan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top