Botak - Penyebab Gejala Diagnosis dan Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat

Botak memiliki sebutan medis alopecia yaitu terjadinya kerontokan rambut yang biasanya bersifat permanen.Nah pada artikel ini saya akan membahas tentang alopecia areata yang merupakan salah satu jenis alopecia.

Botak - Penyebab Gejala Diagnosis dan Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat

Alopecia Areata adalah sejenis penyakit autoimun yang merupakan keadaan ketika sistem imun menyerang tubuhnya sendiri sehingga jenis penyakit ini bukanlah penyakit yang menular.
Menurut beberapa pakar,penyakit ini sebagian besar dipengaruhi oleh faktor keturunan.Jadi,jika salah satu anggota keluarga anda memiliki masalah kebotakan maka ada kemungkinan anda juga akan mengalami kebotakan.Keadaan autoimun lain misalnya lupus atau diabetes tipe 1 juga bisa menyebabkan kebotakan.

Gejala-gejala Botak

Kebotakan dapat terjadi di rambut kepala dan juga pada bagian tubuh yang lain.Tingkat keparahan juga tidak sama antara satu pihak dengan pihak yang lain.

Kebotakan yang muncul biasanya akan ditandai dengan adanya gejala seperti adanya pitak di rambut atau bagian yang lain seperti alis dan jenggot.Ukuran pitak juga bervariasi dan akan dilanjutkan dengan meningkatnya kerontokan rambut.

Kebotakan juga dapat berpengaruh pada kuku,jari tangan dan kaki.Misalnya ada bintik-bintik atau garis putih di kuku,kuku yang warnanya menjadi kusam dan kasar,dan ujung kuku yang menjadi bergelombang.

Diagnosis dan Pengobatan Botak

Kebotakan dapat didiagnosis dengan dilihat adanya pola kerontokan yang terjadi.Selain itu,pemeriksaan akar rambut dan biopsi kulit juga dapat dilakukan untuk meguatkan diagnosis.Selain itu,pemeriksaan darah juga dianjurkan untuk mengetahui apakah penderita memungkinkan menderita penyakit autoimun yang lain atau tidak.

Langkah Pengobatan Masalah Kebotakan

Kebotakan adalah salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Beberapa kasus kebotakan ada yang kembali di tumbuhi dengan rambut ada juga yang mengalaminya secara permanen.
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh penderita kebotakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut.Langkah-langkah pengobatan yang dapat dilakukan yaitu:

- Kortikosteroid
Merupakan obat yang berfungsi menekan sistem kekebalan tubuh biasanya tersedia dalam bentuk suntik,oles,dan minum.Ada beberapa penderita kebotakan yang baru merasakannya setelah beberapa waktu.

- Anthralin
Obat ini hampir sama dengan kortikosteroid yaitu bekerja dengan cara memengaruhi sistem kekebalan tubuh.Jika obat ini sudah di oleskan dan didiamkan satu jam lamanya kemudian anthralin harus segera di cuci sampai bersih untuk mengatasi iritasi

- Minoxidil
Seseorang yang mengonsumsi obat ini baru bisa merasakannya 4 bulan setelah mengonsumsi obat.
Selain menggunakan cara medis,kebotakan juga bisa diatasi dengan cara menggunakan wig atau rambut palsu yang berbahan dasar rambut asli ataupun sintetis.Cara tersebut adalah cara termudah untuk mengatasi kebotakan terlebih model dan bahan wig saat ini sangat banyak.Menggunakan wig juga bisa meningkatkan kepercayaan diri penderita kebotakan.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top