Blefaritis Radang Kelopak Mata - Penyebab, Gejala, Diagnosis Pengobatan dan Pencegahan

Blefaritis merupakan peradangan yang menyerang bagian kelopak mata sehingga menjadi bengkak dan merah biasanya menyerang pada kedua kelopak mata namun hanya salah satu bagian kelopak mata yang mengalami peradangan cukup parah.Blefaritis tidaklah menular dan bisa diderita oleh segala umur.

Blepharitis - Blefaritis Radang  Kelopak Mata - Penyebab, Gejala,  Diagnosis Pengobatan dan Pencegahan

Blefaritis memiliki tiga jenis antara lain yaitu:

Blefaritis Anterior yaitu peradangan yang terjadi di kulit sekitar pangkal bulu mata yang disebabkan oleh reaksi pada bakteri staphylococcus.Blefaritis Anterior juga memiliki keterkaitan dengan dermatitis seboroik.

Blefaritis Posterior yaitu adanya peradangan di kelenjar Meibomian karena terhambat serpihan kulit,kotoran dan inflamasi.Penyumbatan yang terjadi di kelenjar yang terdapat di sepanjang tepi kelopak mata di belakang pangkal bulu mata juga bisa disebabkan karena roscea.
Terakhir yaitu Blefaritis campuran yaitu kombinasi antara Anterior dengan Posterior.

Gejala Blefaritis

Pagi hari merupakan waktu yang paling tidak mengenakkan karena Blefaritis akan memburuk dengan adanya pembengkakan dan juga kemerahan di kelopak mata.Gejala-gejala Blefaritis yang lain yaitu:

- Pembengkakan di tepi kelopak mata
- Bulu mata berkerak atau berminyak
- Kulit di sekitar mata mengelupas
- Mata terasa panas dan berpasir
- Gatal di bagian kelopak mata
- Mata terlihat berair atau bisa juga justru terlihat kering
- Kelopak mata lengket
- Sensitif pada sinar matahari
- Pnglihatan terganggu (buram)
- Tanpa sadar mata cenderung lebih sering berkedip
- Bulu mata tumbuh dengan tidak normal
- Saat mengenakan softlens ada rasa tidak nyaman
- Untuk Blefaritis kronis bisa membuat bulu mata hilang

Diagnosis Blefaritis

Dokter akan mendiagnosis pasien dengan cara memeriksa bagian kelopak mata dengan menggunakan sebuah alat khusus yang fungsinya hampir sama dengan kaca pembesar sehingga dapat melihat mata pasien dengan lebih rinci.

Selanjutnya,dokter juga akan mengambil sampel kerak kulit atau minyak yang terdapat di kelopak mata untuk mengetahui apakah ada penyebab lain yang berhubungan dengan blefaritis.Dengan sampel tersebut,maka dapat dilihat apakah ada jamur,bakteri,atau alergi yang lain.

Pengobatan Blefaritis

Jika inflamasi yang terjadi masih ringan anda bisa meredakannya dengan cara sederhana di rumah yaitu dengan mencuci mata sampai bersih dan mengompresnya menggunakan air hangat.Jika cara ini masih belum bisa mengatasi inflamasi yang terjadi,sebaiknya anda segera pergi ke dokter.

Sebelum melakukan pengobatan,dokter akan memeriksa keadaan anda terlebih dulu.Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik berbentuk tetes mata dan salep mata untuk mengatasi inflamasi karena infeksi bakteri.Hal tersebut harus dilakukan pada infeksi yang sudah menyebar sampai keluar kelopak mata.Tetes mata memang obat yang paling umum digunakan untuk mengatasi inflamasi ini namun jika inflamasi tidak kunjung sembuh,biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik yang diminum.

Obat steroid dalam bentuk tetes dan salep juga mungkin akan diberikan apabila inflamasi yang anda derita bukan disebabkan oleh infeksi.Jika anda menderita iritasi karena mata kering,dokter akan memberikan obat tetes mata yang berfungsi untuk melumasi.

Saat masa pengobatan,lebih baik anda mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3.Menurut penelituan,omega-3 bisa menyembuhkan gejala blefaritis.Makanan yang mengandung omega-3 antara lain yaitu:

- Kacang-kacangan
- Kacang kedelai dan produk sari kedelai
- Ikan sarden,tuna,dan salmon
- Biji-bijian
- Sayuran berdaun hijau

Komplikasi Blefaritis

Blefaritis yang tidak diatasi dengan baik bisa menyebabkan komplikasi-komplikasi antara lain:
- Bulu mata rontok
- Benjolan atau bintit yang terasa menyakitkan di bagian tepi kelopak mata karena infeksi yang berkembang
- Luka di kelopak mata
- Kelopak mata mengalami perubahan bentuk seperti melipat ke dalam atau luar
- Konjungtivitis
- Saat menggunakan softlens terasa tidak nyaman
- Tukak di kornea yang disebabkan iritasi jangka panjang
- Konjungtivitis
- Kornea mengalami kerusakan karena tukak yang tak kunjung ditangani

Pencegahan Blefaritis

Blefaritis bisa dicegah dengan cara rajin mencuci wajah sampai bersih secara teratur.Anda juga harus menjaga kebersihan tangan agar tidak terkontaminasi dengan bakteri saat menyentuh mata.Jika anda seorang wanita yang suka menggunakan make-up maka senantiasa dibersihkan sebelum anda tidur.
Apabila anda merasa bengkak dan nyeri serta bagian mata terlihat memerah sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dengan dokter.Sebaiknya anda jangan menggosok mata jika timbul rasa gatal karena bisa mengakibatkan infeksi meluas.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top