Bisul - Gejala, Penyebab, Resiko, Cara Pengobatan dan Pencegahanya

Pengertian Bisul - Bisul adalah benjolan yang terdapat di kulit rasanya sakit dan bernanah biasanya muncul karena adanya infeksi bakteri yang dapat menyebabkan inflamasi di folikel rambut atau lubang tempat tumbuhnya rambut.

Bisul - Gejala, Penyebab, Resiko, Cara Pengobatan dan Pencegahanya

Wajah,leher,ketiak,bahu,pantat dan paha merupakan bagian-bagian tubuh yang sangat sering di tumbuhi bisul.Hal tersebut dikarenakan bagian tubuh tadi merupakan bagian tubuh yang sering berkeringat dan terjadi gesekan.Selain itu,bisul juga dapat tumbuh di kelopak mata yang biasanya lebih dikenal dengan nama bintitan.

Gejala-Gejala Bisul

Benjolan merah yang muncul dipermukaan kulit merupakan gejala utama bisulan dan biasanya berukuran kecil namun diikuti dengan gejala yang lainnya seperti:
- Ukuran benjolan membesar dan berisi nanah
- Ada titik putih di bagian puncak benjolan
- Kulit di sekitar benjolan mengalami pembengkakan,merah,hangat yang merupakan tand-tanda jika infeksi sudah menyerang.
Munculnya bisul biasanya juga akan hilang dengan sendirinya sehingga tidak perlu pergi ke dokter.Namun anda harus memeriksakan diri ke dokter apabila muncul gejala berupa:
- demam
- Ukurannya semakin membesar di atas 5 cm dan rasanya sangat sakit.
- Adanya bisul lebih dari satu di tempat yang sama atau biasa dikenal dengan jenis bisul sabut atau karbunkel dan ini adalah infeksi yang terbilang kronis.
- Muncul di hidung,wajah,dan tulang belakang
- Tidak sembuh dalam kurun waktu 14 hari
- Sering muncul/kambuh
- Ada masalah dengan sistem kekebalan tubuh atau ketika pengobatan menganggu sistem imun hingga akhirnya bisul pun muncul.

Penyebab dan Komplikasi Bisul

Bakteri Staphylococcus aureus merupakan penyebab utama munculnya bisul.Bakteri biasanya terdapat di kulit dan juga di dalam hidung manusia tapi tidak akan menimbulkan infeksi.Infeksi bisa terjadi apabila bakteri masuk ke folikel dengan luka gores atau karena gigitan serangga.Bakteri yang ada di bisul juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan jika menyebar ke bagian kulit maka bisa menyebabkan selulitis,impetigo/luka melepuh dan juga bisa masuk ke tulang/osteomielitis.Bakteri yang tersebar juga memungkinkan adanya infeksi di organ -organ tubuh yang lain seperti jantung.Biasanya bisul akan meninggalkan bekas luka setelah kering.

Faktor Resiko Penyakit Bisul

Bisul bisa dialami oleh siapa saja karena beberapa faktor penyebabnya.Faktor-faktor yang dapat menyebabkan bisul antara lain yaitu:
- Melakukan kontak langsung dengan seseorang yang mengidap bisul
Anda akan berpeluang lebih besar terkena bisul jika melakukan sentuhan langsung dengan seseorang yang mengidap bisul misalnya tinggal dalam satu kamar.
- Usia dan Jenis Kelamin
Bisul kerap menyerang pada seseorang di usia remaja berjenis kelamin laki-laki
- Kurang bersih baik lingkungan maupun dirinya sendiri
- Sistem kekebalan tubuh yang rendah misalnya karena mengidap HIV,diabetes atau sedang dalam masa kemoterapi
- Sering mengalami gangguan kulit contohnya jerawat

Cara Pengobatan Bisul

Pengbatan bisul dapat anda lakukan dirumah sendiri dengan cara yang sederhana dan tanpa bantuan dari tenaga kesehatan.cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bisul agar cepat sembuh antara lain yaitu:
- Gunakan air hangat untuk mengompres bisul minimal 3 hari sekali.Cara tersebut akan membuat nanah berkumpul di puncak benjolan dan mengurangi rasa sakit.
- Apabila ada bisul yang pecah sebaiknya segera bersihkan menggunakan alkohol atau menggunakan sabun anti bakteri.Lalu oleskan obat di bagian bisul tersebut dan bungkus menggunakan kain kasa steril.
- Jangan lupa untuk mengganti kain kasa sesering mungkin atau minimal 2-3 kali dalam satu hari
- Cucilah tangan anda menggunakan air dan sabun sebelum dan sesudah menggobati bisul
Jangan sekali-kali anda memecahkan bisul dengan cara paksa karena akan membuat bisul semakin parah dan menyebabkan infeksi sehingga bisa meningkatkan resiko komplikasi.Sebaiknya tunggu sampai bisul pecah dengan sendirinya.
Selain itu,anda juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit atau analgesik agar tidak terlalu merasakan nyeri misalnya paracetamol dan ibuprofen
Tapi jika ada bisul yang ukurannya besar atau karbunkel,anda bisa meminta bantuan dokter.Umumnya dokter akan melakukan langkah pembedahan untuk mengeluarkan nanah pada bisul.Selain itu anda mungkin akan diberikan beberapa obat untuk mengatasi bisul:
- Sering kambuh
- Demam
- Adanya infeksi yang parah
- Adanya komplikasi
Gunakan antibiotik sesuai dengan resep dokter walaupun bisul sudah sembuh agar infeksi tidak muncul dan bakteri mati

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top