Bintitan Mata - Gejala, Penyebab, Cara Pengobatan dan Pencegahan Yang Benar

Bintitan yaitu keadaan dimana ada bintil yang cukup menyakitkan bentuknya mirip jerawat atau bisul yang muncul di sekitaran kelopak mata.Biasanya bintitan muncul pada salah satu bagian mata dan akan mengakibatkan pandangan mata menjadi terganggu.

Bintitan Mata - Gejala, Penyebab, Cara Pengobatan dan Pencegahan Yang Benar

Bintitan bisa terjadi di bagian kelopak mata bagian luar namun ada juga yang terjadi di kelopak mata bagian dalam yang rasanya jauh lebih menyakitkan.

Gejala-Gejala Bintitan

Munculnya bintitan cukup mudah untuk dikenali yaitu adanya benjolan merah yang bentuknya hampir sama dengan bisul di kelopak mata.Gejala-gejala yang lainnya antara lain:
- terjadi pembengkakan di kelopak mata dan perih
- Adanya kotoran mata di sekitar kelopak mata
- Mata menjadi berair dan merah

Bintitan yang muncul biasanya akan hilang seiring berjalannya waktu dan tidak membutuhkan pertolongan tenaga medis.Namun jika bintitan tak kunjung sembuh dan muncul pembengkakan di beberapa bagian wajah seperti pipi dan lain-lain,sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab Bintitan

Bakteri Stafilokokus merupakan penyebab utama munculnya bintitan.Bakteri tersebut biasanya hidup di kulit dan tidak menimbulkan penyakit.Tapi bintitan itu sendiri dapat meluas jika anda menyentuh mata dengan tangan yang tidak steril.Infeksi yang dapat muncul dan mengakibatkan bintitan misalnya infeksi pada akar bulu mata,kelenjar minyat dan kelenjar keringat.Blefaritis atau peradangan di kelopak mata juga bisa menyebabkan bintitan khususnya seseorang yang menderita blefaritis jangka panjang.Keadaan ini bisa disebabkan adanya infeksi bakteri atau komplikasi karena penyakit kulit rosaseae.

Cara Pengobatan Bintitan

Beberapa kasus yang terjadi,bintitan akan sembuh dengan sendirinya dengan jangka waktu sekitar 7-20 hari dengan cara bintitan itu akan pecah lalu mengeluarkan darah.Namun jangan sekali-kali anda memencet dan mengeluarkan nanah pada benjolan bintitan itu tapi biarkan saja sampai pecah dengan sendirinya.
Langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir rasa risih karena bintitan antara lain yaitu:
- Jagalah kebersihan mata anda
contohnya yaitu untuk sementara waktu jangan menggunakan kosmetik di sekitar mata anda.
- Kompress Air Hangat
Kompreslah mata anda menggunakan air hangat 3-6 kali dalam satu hari agar rasa nyeri berkurang dan luka menjadi cepat sembuh
- Jangan gunakan softlens
Untuk sementara waktu jangan gunakan softlens sampai bintitan sembuh
- Analgesik
Mengonsumsi analgesik atau pereda rasa sakit bisa anda lakukan jika memang sudah tidak tahan dengan rasa yang ditimbulkan.
Apabila bintitan tidak sembuh-sembuh dan muncul rasa nyeri yang semakin menjadi maka anda bisa memeriksakan diri ke dokter.Dokter biasnya akan mengeluarkan nanah agar tekanan di mata berkurang.
Menggunakan antibiotik juga bisa anda lakukan khususnya penderita yang juga memiliki masalah kesehtan lain seperti kalazion (kista yang disebabkan salah satu kelenjar di kelopak mata tersbumbat) atau selulitus preseptal yaitu infeksi di jaringan sekitar mata.

Cara Pencegahan Bintitan

Agar anda tidak terkena bintitan,anda harus benar-benar menjaga kebersihan mata misalnya dengan beberapa langkah berikut ini:
- Sebelum memegang mata,pastikan tangan anda dalam keadaan bersug atau anda bisa menggunakan pelindung mata saat akan beraktivitas di luar rumah.
- Sebaiknya anda jangan menggosok mata karena bisa menyebabkan iritasi sehingga bakteri berpindah ke mata
- Pastikan softlens yang akan anda kenakan dalam keadaan bersih dan jangan lupa cuci tangan anda sebelum menggunakan softlens.
- Pastikan anda tidak menggunakan kosmetik kadaluarsa dan bersihkan wajah anda sebelum anda tidur serta jangan gunakan kosmetik di sekitar mata saat anda terkena bintitan
- Apabila terjadi infeksi atau inflamasi sebaiknya segera diatasi

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top