Bidai Tulang Kering Shin Splints - Penyebab Gejala Dan Cara Mengobatinya

Bidai Tulang Kering - Shin Splints atau Bidai Tulang Kering adalah sebutan untuk menjelaskan tentang rasa sakit yang dirasakan di sekitar tulang kering.Tulang kering yang mengalami tekanan dan juga jaringan ikat (jaringan untuk melekatkan otot pada tulanh) di yakini penyebab adanya gangguan ini.
Bidai Tulang Kering Shin Splints - Penyebab Gejala Dan Cara Mengobatinya Secara Alami Dan Cepat Sembuh

Bidai Tulang Kering dapat terjadi saat olahraga lari terutama saat awal melakukannya ketika kaki belum terbiasa.Selain itu olahraga lari yang dilakukan di medan yang kering dan terjal juga cenderung beresiko terkena Bidai Tulang Kering.Di samping olahraga lari,keadaan unu juga biasanya terjadi ketika melakukan olahraga yang di dalamnya melakukan gerakan mulai dan berhenti dengan tiba-tiba seperti tenis,badminton,dan bola basket.

Penyebab Penyakit Bidai Tulang Kering

Faktor-faktor yang Menyebabkan Bidai Tulang Kering antara lain:
- Mempunyai otot betis yang kencang
- Mempunyai permukaan kaki yang datar atau terlalu melengkung ke dalam
- Memiliki jaringan penghubung otot betis ke tulang tumit (tendon achiles) yang kencang
- Mempunyai pergelangan kaki yang lemah
- berat badan berlebih
- Menggunakan sepatu olahraga yang tidak tepat
- Ikut Latihan Militer

Gejala Bidai Tulang Kering

Letak tulang kering ada di kaki bagian bawah.Nyeri yang terasa di seluruh tulang biasanya paling terasa di bagian dalam.Kaki bagian bawah juga kadang-kadang terlihat sedikit bengkak.Keparahan Bidai Tulang Kering tidak terpengaruh oleh lama atau tidaknya gangguan ini muncul.Beberapa kasus ada yang merasakannya setelah melakukan kegiatan dan ada juga yang merasakan nyeri sebelum dan sesudah melakukan aktivitas tapi saat ditengah-tengah aktivitas sudah tidak terasa lagi.

Ada juga orang yang Bidai Tulang Kering hanya merasakan nyeri sebelum,selama dan juga setelah melakukan aktivitas tentunya keadaan tersebut sangatlah menganggu kekuatan.Tingkat rasa sakit terakhir yaitu nyeri yang parah sehingga penderita sudah tidak bisa melakukan aktivitas apapun.

Diagnosis Bidai Tulang Kering

Sebaiknya anda segera bertemu dengan dokter apabila merasakan Bidai Tulang Kering yang tidak sembuh-sembuh walaupun sudah beristirahat.Sebaiknya anda juga memeriksakan jika keadaan kaki semakin parah atau membengkak dan terasa panas.

Untuk mendiagnosis Bidai Tulang Kering,dokter akan menanyakan gejala yang dirasakan oleh pasien,aktivitas yang dilakukan sebelum rasa nyeri muncul serta memeriksa keadaan tulang kering apakah ada tanda-tanda inflamasi atau tidak.

Selain itu,ada juga pemeriksaan yang lebih rinci yaitu menggunakan pemeriksaan X-ray jika memang dokter mencurigai adanya nyeri yang disebabkan oleh hal yang lain misalnya:

- Sindrom kompartemen atau pembengkakan di otot kaki dan juga muncul penekanan di pembuluh darah dan saraf
- Retak Tulang kering
- Hernia Otot
- Radikulopati
- Pasokan darah ke kaki bagian bawah berkurang
- Tumor
- Penyakit Paget Di Tulang
- Infeksi

Pengobatan Bidai Tulang Kering

cara untuk mengobati dan memulihkan Bidai Tulang Kering tidaklah terlalu sulit.Biasanya dokter akan menyarankan anda untuk beristirahat dari seluruh kegiatan berat yang membuat tulang kering menjadi tertekan selama 2-3 minggu.Sebaiknya anda jangan memberanikan diri untuk lari jika rasa nyeri masih terasa sebagai penggantinya dan saat proses recovery anda bisa melakukan olahraga yoga atau berenang agar badan tetap fresh.

Kompres bagian yang nyeri memakai kantong es setiap dua sampai tiga jam sekali selama 10-15 menit.Jika dibutuhkan anda bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti paracetamol dan ibuprofen.

Apabila setelah beristirahat tulang terasa lebih baik anda bisa melakukan kegiatan olahraga lagi tapi harus secara pelan-pelan.Misalnya dengan langkah-langkah kecil terlebih dulu dan jarak yang tidak terlalu jauh misalnya setengah dari jarak yang biasa anda tempuh.Sebaiknya anda melakukan kegiatan tersebut di permukaan yang datar dan tidak keras.Setelah lewat satu bulan anda sudah mulai bisa menambah jarak lari dan langkah kaki di tingkatkan.

Jika nyeri kembali terasa saat anda melakukan olahraga dan tak kunjung sembuh sebaiknya segera periksa ke dokter.

Pencegahan Bidai Tulang Kering

Cara-cara untuk mencegah Bidai Tulang Kering antara lain yaitu:
- Sebelum melakukan olahraga,pastikana anda melakukan pemanasan terlebih dulu
- Pakailah sepatu olahraga yang tepat terutama di bagian sol atau bantalan yang pas dengan bentuk kaki anda
- Tingkatkan kadar latihan,fleksibel dan kekuatan secara bertahap
- Jangan dulu melakukan olahraga di permukaan yang keras

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top