Biang Keringat - Penyebab Gejala Dan Cara Mengobati Secara Cepat

4:16 PM

Pengertian Biang Keringat

Biang Keringat - Penyebab Gejala Dan Cara Mengobati Secara Cepat
Biang keringat adalag ruam kecil merah warnanya menonjol terasa gatal dan bisa mengakibatkan rasa menyengat atau rasa perih di bagian kulit.Biang keringat juga biasa dikenal dengan ruam panas atau miliaria bukan hanya dialami oleh bayi tapi orang dewasa juga terkadang mengalami saat cuaca sedang panas atau ketika lembab.

Biang keringat akan muncul dalam hitungan hari setelah terkena suhu panas.Keadaan ini dapat muncul di semua bagian tubuh tapi lebih sering ditemukan di wajah,leher,punggung,dan bagian paha.

Gejala Biang Keringat

Ruam yang muncul antara orang dewasa dengan bayi sedikit berbeda.Pada penderita orang dewasa,ruamh biasanya muncul di lipatan kulit yang bergesekan dengan pakaian.Sedangkan untuk bayi,ruam yang muncul biasanya di bagian leher,bagian ketiak,lipatan siku dan selangkangan.
Ada beberapa jenis biang keringat tergantung tingkat keparahannya dan perbedaan tersebut tergantung pada tanda dan gejalanya.Jenis-jenis biang keringat antara lain yaitu:
- Miliaria Kristalina
Merupakan jenis biang keringat yang paling ringan karena hanya memengaruhi saluran keringat di lapisan kulit teratas.Biasanya akan menimbulkan gejala dan tanda seperti bintil yang berisi cairan bening dan mudah pecah.Keadaan tersebut lebih sering terjadi pada bayi daripada orang dewasa.Biang keringat jenis ini tidak gatal dan tidak terasa sakit.
- Miliaria Rubra
Biang keringat jenis ini muncul pada lapisan kulit yang lebih dalam biasanya dapat terjadi karena suhu yang panas atau lembab.Tanda dan gejala dari keadaan ini adalah munculnya rasa gatal dan menyengat serta ada bintil berwarna merah.Kulit akan mengalami inflamasi dan rasanya sakit karena keringat yang tidak mampu keluar dari permukaan kulit.
- Miliaria pustulosa
Jenis ini adalah jenis perkembangan dari miliaria rubra yaitu bintil akan mengalami inflamasi dan berisi nanah
- Miliaria Profunda
Biang keringat jenis ini adalah biang keringat yang paling jarang terjadi dan dampaknya kan menyerang dermis atau kulit yang lebih dalam.Biang keringat jenis ini sifatnya parah dan akan sering kambuh.Keadaan ini lebih sering menyerang orang dewasa setelah melakukan kegiatan fisik yang menyebabkan keringat bercucuran.Biang keringat jenis ini akan muncul bintil berwarna merah yang ukurannya lebih besar dan lebih keras.
Biang keringat bukan merupakan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan karena bisa sembuh dengan sendirinya dengan cara mendinginkan kulit dan jangan terkena paparan panas.Namun jika keadaan semakin parah,sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter misalnya biang keringat bertahan cukup lama,muncul tanda-tanda infeksi antara lain:
- Demam dan Menggigil
- Rasa Sakit yang semakin parah
- Munculnya nanah dari bintil dan adanya benjolan ruam
- Muncul pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak dan selangkangan.

Keadaan yang Menyebabkan Biang Keringat

Biang keringat terjadi karena keringat terjebak di balik kulit karena kelenjar tubuh yang menghambat mengakibatkan keringat tidak dapat menguap.Sehingga kulit menjadi ruam dan inflamasi.Faktor-faktor yang menyebabkan biang keringat antara lain yaitu:
- Kepanasan
Menggunakan baju yang terlalu tebal atau menggunakan selimut yang berlebihan saat tifur juga dapat menyebabkan biang keringat.
- Aktivitas Fisik
Melakukan pekerjaan dan olahraga yang membutuhkan tenaga cukup besar bisa menyebabkan keringat keluar sangat banyak hingga menyebabkan biang keringat.
- Iklim Tropis
Biang keringat dapat muncul karena cuaca yang terlalu panas atau lembab
- Belum Berkembangnya Kelenjar Keringat
Biang keringat biasanya terjadi pada bayi terutama bayi yang dihangatkan di inkubator,memakai baju yang tebal dan panas dan mengalami demam.Bayi yang baru lahir belum mempunyai kelenjar keringat yang berkembang dengan sempurna sehingga membuat keringat tertahan di balik permukaan kulit.
- Bed Rest (Baring terlalu lama)
Untuk pasien yang sedang menjalani perawatan dan mengharuskan berbaring di ranjang dengan waktu yang cukup lama bisa beresiko terkena biang keringat.

Cara-cara Untuk Mengatasi Biang Keringat

Walaupun biang keringat bukan gangguan kesehatan yang kronis tapi akan lebih baik jika ditangani dari awal.Cara-cara untuk menangangi biang keringat antara lain yaitu:
- Menghindari cuaca panas yang berlebih dan tempat yang lembab
Paparan panas biasanya akan menyebabkan keringat keluar lebih banyak sehingga ruam yang keluar juga semakin parah.Sebaiknya anda langsung berteduh di tempat yang dingin agar tidak terkena paparan panas.Minumlah cairan yang banyak agar tidak dehidrasi
- Pastikan kulit dalam keadaan tetap dingin
Agar keringat turun dan kulit tetap dingin sebaiknya anda mandi atau berendam agar tubuh menjadi sejuk dan keringat tidak berlebihan
- Gunakan Pakaian Yang Longgar
Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan berbahan dasar serat sintetis seperti plyester atau nilon karena bahan tersebut bisa menyerap panas dan membuat tubuh semakin berkeringat.
- Makan obat Antihistamin
Obat antihistamin berfunsi untuk meringankan gejala di kulit.Sebelum anda mengonsumsi obat ini sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.
- Menggunakan Krim Hidrokortison
Krim ini cukup manjur untuk mengatasi masalah kulit yang gatal-gatal dan iritasi.Namun sebaiknya anda jangan menggunakan obat ini di area wajah dan selalu ikuti petunjuk pada kemasan obat
- Gunakan Lotion Calamine
Lotion Calamine banyak dijual di toko obat dan minimarket untuk meredakan kulit yang sakit atau mengalami iritasi.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top