Betamethasone - Info Dosis Obat, Efek Samping dan Manfaat Khasiatnya

Betametason - Jika kita mengonsumsi makanan tertentu kemudian tubuh kita memberikan reaksi seperti gatal - gatal atau sesak napas berarti kita mengalami alergi. Untuk mengatasi gejala alergi, kita bisa mengonsumsi obat kimia, misalnya Betametason.

Betamethasone - Info Dosis Obat Efek Samping  dan Manfaat Khasiatnya Bagi Kesehatan Anak Anak dan Orang Dewasa

Cara kerja Betametason adalah dengan menekan jumlah senyawa kimia yang menyebabkan peradangan. Selain untuk menangani alergi, Betametason juga bisa digunakan untuk mengobati jenis kanker tertentu, asma, kolitis ulseratif, psoriasis, lupus, artritis dan pengganti kortikosteroid.

Betametason merupakan salah satu dari jenis obat kortikosteroid. Dalam mengonsumsi Betametason harus dengan resep dokter. Betametason berguna untuk mengobati hiperplasia adrenal kongenital dan meredakan peredangan serta reaksi alergi. Betametason tersedia dalam dua bentuk yaitu tablet dan obat suntikan. Betametason aman digunakan oleh anak - anak hingga orang dewasa.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Betametason

1. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mulai mengonsumsi Betametason, terutama bagi ibu hamil dan menyusui.
2. Selama Anda mengonsumsi Betametason, Anda akan sangat rentan terhadap infeksi serius karena Betametason mampu menutupi gejala - gejala infeksi.
3. Jika Anda baru saja mengalami infeksi, mengalami gangguan mental, gangguan pencernaan, hati, ginjal, tekanan darah tinggi, gangguan jantung, penyakit mata, diabetes, osteoporosis, myasthenia gravis, hipotiroid, dan gangguan penggumpalan darah sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi Betametason.
4. Saat Anda mengonsumsi Betametason maka kekebalan tubuh Anda akan menurun, hindari orang yang sedang terinfeksi untuk menghindari penularan kepada Anda.
5. Selama Anda sedang menjalani pengobatan dengan Betametason, sebaiknya hindari konsumsi minuman keras.
6. Tes kulit, vaksinasi dan imunisasi selama mengonsumsi Betametason dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang serius.
7. Gunakan tanda pengenal medis khusus bila Anda mengonsumsi Betametason dalam jangka panjang
8. Salah satu efek samping Betametason adalah pusing, jangan mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat berat saat dalam pengaruh Betametason.
9. Penggunaan Betametason pada orang dewasa dapat memperparah diabetes, osteporosis dan hipertensi. Sedangkan pertumbuhan anak akan lebih lambat jika mengonsumsi Betametason, periksakan ke dokter secara teratur untuk memantau pertumbuhan anak Anda.
10. Segera temui dokter jika setelah mengonsumsi Betametason, Anda mengalami alergi atau overdosis.

Dosis Betametason

Dosis Betametason yang umumnya disarankan untuk orang dewasa adalah 1,5-5 mg per hari. Pengobatan dengan Betametason bisa berlangsung selama 7 - 14 hari. Pemberian dosis Betametason akan dipertimbangkan berdasarkan tingkat keparahan penyakit yang diderita, jenis penyakit dan respon tubuh terhadap Betametason. Sedangkan untuk pasien anak - anak, berat badan menjadi faktor utama dalam menentukan dosis.

Cara yang Benar Mengonsumsi Betametason

1. Sebelum Anda mengonsumsi Betametason, baca aturan pakai yang ada pada kemasan dan patuhi anjuran dokter tentang dosis.
2. Beritahu dokter tentang riwayat kesehatan Anda sebelum mengonsumsi Betametason.
3. Konsumsi Betametason setelah makan atau bersama dengan makanan.
4. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk menghentikan konsumsi Betametason karena konsumsi Betametason yang dihentikan secara tiba - tiba dapat menyebabkan gejala putus obat.
5. Jangan menggandakan dosis Betametason jika Anda tidak sengaja melewatkannya. Konsumsi segera Betametason begitu teringat, jika masih ada jarak yang cukup dengan dosis berikutnya.

Efek Samping Betametason

Di bawah ini merupakan beberapa efek samping bila mengonsumsi Betametason.
1. Naiknya berat badan
2. Perubahan siklus menstruasi
3. Insomnia
4. Perubahan suasana hati
5. Mual dan muntah
6. Gangguan pencernaan
Bila Anda mengalami efek samping yang tidak sewajarnya, segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan segera.

Terimakasih telah membaca informasi lengkap tentang Betametason ini. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top