Betahistine - Info Obat, Indikasi Dosis, Manfaat Dan Efek Sampingnya

Betahistine - Telinga merupakan salah satu dari panca indra yang berfungsi untuk pendengaran. Tentunya telinga adalah organ penting di tubuh kita. Tapi bagaimana jika telinga kita mengalami gangguan? Pasti kita akan merasa terganggu dan tidak nyaman karenanya. Dalam dunia medis, dikenal gangguan telinga bernama Meniere. Meniere merupakan sebuah gangguan yang cukup langka dan hanya dialami oleh beberapa orang di dunia ini.

Betahistine - Info Obat Indikasi Dosis Manfaat Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Pria Wanita

Gejala yang timbul karena Meniere diantaranya telinga bagian dalam seperti tertekan, pendengaran terganggu atau bahkan hilang, muncul suara berdesir di dalam telinga (tinnitus) dan juga akan muncul gangguan pada keseimbangan tubuh seperti vertigo. Meniere akan menyerang secara tiba - tiba. Untuk menangani meniere, dapat digunakan Betahistine.

Betahistine merupakan jenis obat histamine analogue. Dan untuk bisa mendapatkan Betahistine, Anda harus memiliki resep dokter. Betahistine bermanfaat untuk mengurangi gejala akibat meniere, bukan menyembuhkan meniere. Betahistine hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa. Dan hingga saat ini, Betahistine hanya tersedia dalam bentuk tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Betahistine

1. Konsultasikan kepada dokter sebelum Anda mengkonsumsi Betahistine, terutama bagi ibu yang sedang hamil atau sedang menyusui.
2. Bagi Anda yang mengalami tumor kelenjar adrenal, tukak lambung, rhinitis, urtikaria, dan juga asma sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Betahistine.
3. Konsultasikan kepada dokter bila Anda sedang mengkonsumsi Betahistine sebelum Anda diberikan penanganan medis atau obat apapun.
4. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami overdosis dan alergi setelah mengkonsumsi Betahistine.

Dosis Betahistine

Dosis maksimal dalam mengkonsumsi Betahistine adalah 48 mg per hari. Pada awal konsumsi, dokter akan memberikan dosis Betahistine sebanyak 8 mg hingga 16 mg per hari. Setelah itu, dosis Betahistine akan ditingkatkan menjadi 24 mg hingga 48 mg.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Betahistine

1. Sebelum Anda mengkonsumsi Betahistine, patuhilah anjuran yang diberikan oleh dokter dan juga membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan.
2. Sebaiknya Betahistine dikonsumsi pada jam yang sama setiap hari secara teratur, Betahistine juga harus dikonsumsi bersama makanan atau setelah makan.
3. Hindari mengemudikan kendaraan dan mengoperasikan alat berat saat Anda mengkonsumsi Betahistine karena dapat mempengaruhi konsentrasi Anda.
4. Bagi pasien yang tidak sengaja melewatkan dosis Betahistine, tidak disarankan untuk menggandakan dosis Betahistine. Sebaiknya segera konsumsi Betahistine begitu Anda mengingatnya.

Efek samping Betahistine

Semua jenis obat pasti memiliki efek samping bila kita mengkonsumsinya. Berikut ini merupakan efek samping dari Betahistine.
1. Perut kembung
2. Sakit kepala
3. Gangguan sistem pencernaan
4. Mual
Bila Anda mengalami efek samping yang tidak wajar, segera hubungi dokter.

Sekian informasi yang dapat saya berikan tentang Betahistine. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top