Batuk Batuk Ringan - Penyebab Indikasi Gejala dan Cara Mengobatinya

Batuk merupakan respon alami dari tubuh yang merupakan bentuk sistem pertahanan saluran nadas apabila mendapat masalah dari luar.Respon tersebut berguna untuk membersihkan lendir atau faktor iritasi atau penyebab iritasi seperti debu dan asap dari dalam paru-paru agar keluar.

Sebenarnya,batuk jarang menyebabkan penyakit serius tapi kesembuhannya itu yang memakan waktu cukup lama sekitar tiga minggu.obat batuk belum terbukti keefektifannya namun obat alami seperti campuran madu dengan lemon bisa meredakan batuk ringan.

Jenis-Jenis Batuk

Ada dua jenis batuk yaitu:
- Batuk Kering
Gejala batuk kering yaitu rasa gatal yang ada di tenggorokan yang menyebabkan batuk.Batuk tidak berdahak dapat terjadi pada tahap terakhir pilek atau ketika ada terpaan bahan iritan.

- Batuk Berdahak
Batuk pada jenis ini justru membantu karena mengeluarkan dahak yang ada di tenggorokan,sinus,dan paru-paru.

Penyebab Batuk

Batuk Batuk Ringan - Penyebab Indikasi Gejala dan Cara Mengobatinya pada Anak Anak dan Dewasa
Batuk disebabkan karena infeksi saluran pernafasan yang disebabkan karena virus.Namun ada beberapa gejala batuk yang lain antara lain yaitu:

- Kambuhnya penyakit kronis seperti asma,penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkitis kronis
- Rinitis Alergu misalnya pada serbuk sari
- GERD.penyakit yang membuat asam lambung berkumpul di esofagus dan menyebabkan batuk.
- Cairan di hidung lalu menetes ke tenggorokan
- Merokok atau memakai tembakau dengan cara lain
- Paparan debu,asap,dan senyawa kimia
Walaupun jarang terjadi,faktor tersebut bisa menyebabkan penyakit jangka panjang.

Diagnosis Batuk

Batuk ringan sebenarnya tidak membutuhkan langkah pengobatan tapi akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter ketika mengalami batuk yang:
- Semakin parah
- Lebih dari tiga minggu karena infeksi virus
- Batuk yang disertai darah,kesulitan bernafas,dada sakit,berat badan menurun tanpa alasan,demam dan muncul bengkak di leher.

Biasanya dokter akan menanyakan gejala lalu akan memeriksa keadaan fisik anda dan menanyakan seputar riwayat kesehatan yang pernah anda alami.Namun jika dokter kurang yakin setelah melakukan wawancara,mungkin dokter akan melakukan tes lanjutan yaitu:
- Pengambilan sampel dahak
Untuk menentukan adanya infeksi bakteri dan jenis antibiotik yang dapat diberikan jika batuk memang disebabkan oleh bakteri.
- Rontgen Dada
Berguna untuk melihat apakah paru-paru mengalami infeksi atau tidak.
- Spirometri
kegiatan menarik dan menghembuskan nafas melalui tabung yang terhubung dengan mesin.Cara ini dilakukan untuk memeriksa adanya penyakit di saluran pernafasan atau tidak
- Tes Alergi
Untuk memeriksa apakah batuk yang anda derita dikarenakan hal yang menyebabkan alergi atau bukan misalnya tungau debu.

Pengobatan Batuk-batuk

Cara untuk menyembuhkan batuk karena infeksi virus hingga saat ini belum ada.Batuk akan sembuh dengan sendirinya setelah sistem kekebalan tubuh memusnahkan virus.Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk antara lain yaitu:

- Mengonsumsi air madu yang dicampur lemon
Ini adalah cara yang paling mudah dan murah untuk menangani batuk.Madu bisa melembabkan tenggorokan sehingga iritasi yang menyebabkan batuk bisa teratasi.Namun sebaiknya jangan memberikan ramuan ini pada bayi dibawah satu tahun karena bisa menyebabkan botulisme atau keracunan bayi
- Perbanyak Minum Cairan
Dengan memperbanyak minum cairan maka dahak yang ada di tenggorokan akan mencair dan bisa mencegah dehidrasi
- Berhenti Merokok
cara ini akan menyehatkan paru-paru dan seluruh tubuh anda.Pernafasan juga akan membaik dan gejala seperti batuk dan sesak nafas dapat reda jika berhenti merokok
- Gunakan Lebih Dari Satu Bantal
Cara ini dapat meringankan batuk ketika tidur
- Mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen
Obat ini berfungsi untuk meredakan rasa sakit.
Selain menggunakan cara sederhana,mengonsumsi obat batuk juga perlu.Ada dua jenis obat batuk antara lain yaitu:
- Obat Ekspektoran yang berfungsi untuk membantu mengeluarkan dahak dan cocok untuk orang yang menderita batuk berdahak sehingga batuk menjadi lebih ringan.
- Obat antitusif

Obat ini berfungsi untuk penekan batuk dan berfungsi juga untuk menekan refleks batuk.Obat ini ampuh untuk menangani batuk kering. Hingga saat ini keampuhan obat batuk memang belum terbukti.Termasuk obat batuk yang memiliki komposisi banyak juga hanya akan menekan satu gejala saja namun lebih baik daripada obat batuk yang akan mengatasi segala gejala. Jika batuk disebabkan oleh penyakit atau keadaan medis yang lain,maka mencegah penyebab adalah

Cara yang lebih baik misalnya:
- Konsumsi antibiotik untuk anda yang terkena infeksi bakteri sekunder misalnya pneumonia karena antibiotik hanya berguna untuk membunuh bakteri bukan virus.
- Memakai inhaler (obat hirup) yang mengandung steroid untuk mengatasi asma
- Mengonsumsi antasida untu penderita asam lambung
- Mengonsumsi antihistamin untuk mengatasi alergi
- Untuk penderita yang disebabkan PPOK dapat mengonsumsi obat yang bisa melebarkan saluran nafas (bronkodilator).

Batuk Pada Bayi dan Anak-anak

Batuk yang menyerang bayi dan anak-anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang hampir sama dengan orang dewas yaitu infeksi saluran pernafasan,asma dan GERD.

Jika batuk tak kunjung sembuh maka itu merupakan tanda-tanda infeksi di saluran pernafasan yang serius.Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter apabila anda atau anak anda menderita batuk yang parah dan tidak sembuh-sembuh.Segera lakukan pemeriksaan.

Sebaiknya anda juga harus waspada pada batuk rejan terutama anak-anak dan bayi,Gejala batuk rejan antara lain yaitu:

- Adanya suara lengkingan di setiap tarikan nafas dalam-dalam setelah batuk
- Batuk terus menerus dan sering serta mengeluarkan dahak kental
- Terlalu lelah dan wajah berwarna merah karena batuk terus menerus
- Muntah

Selain itu,batuk rejan yang menyerang bayi dan anak-anak juga bisa disebabkan oleh bronkiolitis dan croup.Bronkiolitis adanya infeksi pada saluran pernafasan bawah yang menyerang bayi dan anak-anak di bawah dua tahun.Sedangkan croup yaitu infeksi virus yang menyerang laring (kotak suara) atau trakea (batang tenggorokan) bayi dan anak-anak.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top