Azithromycin Antibiotik - Info Obat, Dosis Pemakaian, Khasiat dan Efek Sampingnya

2:30 PM
Azithromycin Antibiotik - Info Obat Dosis Pemakaian Khasiat Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan
Azithromycin - Bakteri merupakan salah satu jenis mikroorganisme, keberadaannya di sekitar manusia dapat memberikan efek yang baik maupun buruk. Sebagai efek buruk yang diakibatkan oleh bakteri adalah datangnya berbagai macam penyakit akibat bakteri menginfeksi tubuh kita. Penyakit yang diakibatkan oleh bakteri diantaranya faringitis, tonsilitis, pnuemonia, bronkitis, sinusitis, penyakit kulit, kelamin dan juga infeksi telinga.

Penisiln dapat digunakaan untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun tidak semua orang bisa mengkonsumsi penisilin, karena ada golongan orang yang alergi terhadap penisilin. Bagi Anda yang alergi pada penisilin, Anda dapat menyembuhkan penyakit di atas menggunakan obat Azithromycin.

Azithromycin merupakan obat jenis antibitik makrolida yang dapat Anda dapatkan di toko obat atau apotek dengan membawa resep dokter. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa Azithromycin dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Azithromycin dapat dikonsumsi oleh anak - anak yang minimal berat badannya adalah 45 kg dan orang dewasa. Azithromycin tersedia dalam bentuk sirup, kapsul dan tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Azithromycin

1. Azithromycin tidak dianjurkan bagi wanita menyusui karena dapat berdampak buruk bagi sang bayi. Sedangkan bagi wanita hamil bisa mengkonsumsi Azithromycin dengan catatan harus sesuai dengan dosis yang telah diberikan oleh dokter.
2. Jika anak - anak Anda akan mengkonsumsi Ag etzithromycin, tanyakan dosis yang tepat untuknya kepada dokter.
3. Supaya sakit dan infeksi yang Anda derita tidak kambuh lagi atau lebih parah, konsusmi Azithromycin hingga dosis yang diberikan dokter benar - benar habis.
4. Bagi Anda yang menderita masalah hatu dan ginjal, kelainan detak jantung dan mengalami gangguan otot seperti myasthenia gravis harap berhati - hati dalam mengkonsusmi Azithromycin.
5. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami alergid an overdosis.

Dosis Azithromycin

Dosis Azithromycin untuk infeksi bakteri biasanya adalah 500 - 2000 mg per hari dan dosis tersebut akan dikurangi seiring berjalannya waktu dan bila tubuh menunjukkan tanda akan sembuh. Dosis akhir Azithromycin biasanya 250 - 500 mg per hari.
Sedangkan untuk menangani Klamidia, Azithromycin dikonsumsi sekali sehari sebanyak 100 mg.
Dosis yang diberikan oleh dokter kepada pasiennya akan berbeda - beda tergantung pada seberapa parah penyakit yang diderita oleh pasien, kondisi tubuh pasien, dan khusus untuk pasien anak - anak dosis akan ditentukan berdasarkan berat badannya.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Azithromycin

1. Konsumsi Azithromycin sesuai dengan petunjuk dokter, jangan menambah atau mengurangi dosis. Konsumsi tablet atau sirup Azithromycin sesudah makan, sedangkan untuk kapsul Azithromycin dikonsumsi sebelum makan.
2. Supaya efek dari Azithromycin bekerja maksimal pada tubuh Anda konsumsi Azithromycin pada jam yang sama setiap hari.
3. Beri jarak 2 jam jika Anda mengkonsumsi antasida dan Azithromycin sekaligus.
4. Jangan menggandakan dosis Azithromycin jika Anda tidak sengaja melewatkan salah satu dosisnya, segera konsumsi Azithromycin begitu Anda teringat.
5. Segera hubungi dokter jika Anda telah menghabiskan dosis Azithromycin namun kondisi Anda tidak membaik.

Efek samping dari Azithromycin

Konsumsi Azithromycin dapat menyebabkan beberapa efek atau gejala berikut ini :
1. Diare
2. Sakit perut
3. Mual
4. Sakit kepala
5. Berkurangnya nafsu makan
Jika Anda mengalami efek samping yang lebih parah dan Anda tidak nyaman segera periksakan diri ke dokter.

Itulah informasi lengkap seputar Azithromycin. Semoga Anda dapat mnegambil manfaatnya.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top