Atorvastatin - Info Dosis Obat, Peringatan Pemakaian, Manfaat dan Efek Sampingnya

2:17 PM
Atorvastatin - Info Dosis Obat Peringatan Pemakaian Manfaat dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan
Atorvastatin - Masyrakat Indonesia sangat menyukai makanan yang mengandung banyak minyak atau santan. Makanan seperti ini sangat tinggi akan kolesterol. Kolesterol merupakan lemak jahat yang dapat mengganggu metabolisme tubuh kita jika tubuh kita memiliki kadar kolesterol yang begitu tinggi. Berbagai komplikasi yang dialami oleh sebagian orang rata - rata disebabkan oleh hiperkolesterolemia (kandungan kolesterol yang sangat tinggi di dalam tubuh) terutama penyakit kardiovaskular.

Penyakit stroke merupakan salah satu akibat yang ditimbulkan oleh tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Kolesterol yang sangat tinggi dapat menyumbat pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan dapat menyebabkan pecah pada pembuluh darah.

Gaya hidup yang sehat dan seimbang dapat diterapkan untuk mencegah timbunan kolesterol di dalam tubuh kita. Namun jika Anda sudah terlanjur mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, Anda tidak perlu khawatir karena ada sebuah obat yang akan membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol yang terdapat pada tubuh Anda. Obat yang dimaksud adalah Atorvastatin.

Atorvastatin merupakan salah satu obat yang berasal dari kelompok obat statin. Untuk bisa membeli Atorvastatin di apotek atau toko obat, Anda harus menunjukkan resep dari dokter terlebih dahulu karena Atorvastatin tidak dijual secara  bebas. Atorvastatin dapat membantu pasien dalam menghindari resiko penyakit pembuluh darah dan jantung serta mengrangi kolesterol dalam tubuh. Menurut saran dokter, Atorvastatin sebaiknya hanya dikonsumsi oleh orang dewasa. Atorvastatin hanya tersedia dalam bnetuk tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Atorvastatin

1. Menurut penelitian oleh para ahli, Atorvastatin dapat membahayakan kondisi janin dan bayi Anda, oleh karena itu hindari konsumsi Atorvastatin selama masa kehamilan dan menyusui.
2. Jika Anda merupakan salah satu penderita gangguan hati, gangguan ginjal, nyeri otot, pernah menderita stroke, sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Atorvastatin. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang berencana hamil atau telah berusia lebih dari 70 tahun.
3. Guna menghidnari gangguan hati, selama Anda mengkonsumsi Atorvastatin hindarilah minuman beralkohol.
4. Kadar Atorvastatin di dalam darah akan menjadi lebih tinggi jika Anda mengkonsumsi jus atau buah anggur.
5. Segera temui dokter jika Anda mengalami alergi atau over dosis.

Dosis Atorvastatin yang disarankan oleh dokter

Pasien boleh mengkonsumsi Atorvastatin dengan dosis paling banyak 80 mg dalam sehari. Setiap pasien akan mendapatkan dosis yang berbeda - beda sesuai dengan respon tubuh terhadap Atorvastatin dan juga seberapa tinggi kadar kolesterol yang dimilikinya. Pasien biasanya akan disarankan untuk mengkonsumsi Atorvastatin selama 4 minggu dengan dosis Atorvastatin 10 mg per hari.

Cara mengkonsumsi Atorvastatin dengan benar

1. Dosis adalah hal yang sangat penting dalam mengkonsumsi obat, jangan pernah mengubah dosis yang disarankanoleh dokter. Dan jangan lupa untuk memperhatikan aturan pakai yang tertera pada kemasan.
2. Supaya kolesterol Anda benar - benar turun, konsumsilah makanan yang seimbang dan sehat.
3. Ada beberapa cara untuk mengkonsumsi Atorvastatin, dengan bantuan air atau dengan langsung dikunyah. Atorvastatin aman dikonsumsi pasien baik sebelum makan maupun setelah makan.
4. Berhenti merokok, mengurangi konsumsi garam, menghindari minuman beralkohol, rajin berolahraga, dan mengkonsumsi makanan sehat, serta tidak menghentikan konsumsi Atorvastatin tanpa konsultasi kepada dokter dapat Anda lakukan supaya kadar kolesterol di tubuh Anda dapat terkontrol.
5. Jangan lupa untuk mengkonsumsi Atorvastatin pada waktu yang sama setiap hari, jika Anda melewatkan salah satu dosis Atorvastatin, jangan menggandakan dengan dosis berikutnya karena dapat berakibat over dosis.

Efek samping Atorvastatin

1. Mual
2. Perut terasa kembung
3. Pusing
4. Diare
5. Konstipasi
Setiap obat pasti memiliki efek samping, begitu juga dengan Atorvastatin. Tapi jika Anda mengalami gejala yang mengganggu dan sifatnya parah, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Semoga informasi seputar Atorvastatin bermanfaat bagi kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top