Ascariasis Cacing Gelang - Tanda Gejala Penyebab Penularan Dan Cara Mengobatinya

6:57 AM
Ascariasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh cacing gelang.Cacing ini adalah jenis parasit yang dapat hidup dan juga berkembang biak di dalam tubuh manusia.Infeksi yang disebabkan oleh cacing ini tidak akan menimbulkan gejala yang jelas.Tapi apabila cacing ini berjumlah sangat banyak di dalam usus,bisa mengakibatkan gejala dan komplikasi yang cukup serius.

Gejala Ascariasis

Jika gejala Ascariasis maka ada dua fase yang kemungkinan terjadi yaitu fase awal dan fase lanjut.
Saat Fase awal infeksi,telur-telur cacing tersebut tertelan dan akan menetas yang akan menimbulkan gejala berupa demam,batuk kering,nafas pendek,dan mengi.Fase awal biasanya terjadi sekitar 21 hari saja.

Sedangkan pada fase lanjut,larva sudah berpindah ke susu dan berkembang menjadi cacing dewasa.Ascariasis ringan sampai menengaj dapat menyebabkan mual,muntah,sakit perut,diare,hingga adanya darah pada tinja.

Ascariasis Cacing Gelang - Tanda Gejala Penyebab Penularan Dan Cara Mengobatinya

Jika jumlah cacing gelang semakin banyak di dalam tubuh maka gejala yang terjadi pada pasien akan semakin parah.Ascariasis yang parah mengakibatkan banyaknya jumlah cacing gelang di usus dan dapat menimbulkan gejala antara lain yaitu:
- Muntah-muntah
- Sakit Perut Yang Parah
- Kelelahan
- Munculnya cacing saat muntah atau di dalam tinja
- Berat badan menurun
Apabila anda mengalami gejala-gejala tersebut,sebaiknya periksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan pertolongan medis.

Penularan dan Faktor Risiko Ascariasis

Ascariasis bisa terjadi saat anda menelan telur-telur cacing gelang yang ada di makanan atau minuman.Makanan yang berbahan tumbuhan yang ada di tanah dan sudah terkontaminasi telur cacing bisa menjadi salah satu penyebab Ascariasis.
Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko penularan dan penyebaran infeksi parasit antara lain yaitu:
- Kebersihan Yang Kurang di jaga
Ascariasis dapat berkembang di tempat yang minim kebersihannya terutama pada daerah yang memanfaatkan tinja manusia untuk dijadikan pupuk
- Usia
Ascariasis biasanya menyerang anak-anak yang berusia 10 tahun
- Kepadatan Penduduk
Ascariasis dapat terjadi di daerah dengan kepadatan penduduk tinggi.

Diagnosis Ascariasis

Pertama,dokter biasanya akan menanyakan gejala dan riwayat kesehatan si penderita lalu akan meminta sampel tinja dari orang tersebut.Langkah ini akan membantu dokter dalam menganalisa apakah ada atau tidak telur cacing di tinja pengidap.

Selanjutnya tes darah akan dilakukan jika memang ditemukan kenaikan sel darah putih tertentu atau eosinophilia namun hal tersebut tidak bisa dijadikan satu-satunya alasan untuk mendiagnosa Ascariasis.Karena masih ada beberapa pemeriksaan lanjutan seperti menggunakan X-ray,USG atau CT Scan dan MRI untuk mendeteksi adanya telur-telur cacing di paru-paru,cacing dewasa di hati atau pankreas serta ada atau tidaknya gumpalan cacing yang menyumbat saluran hati atau pankreas.

Pengobatan Ascariasis

Ascariasis bisa di obati dengan menggunakan obat anti-parasit.Beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengatasi Ascariasis antara lain yaitu:
- Mebendazole
Obat ini direkomendasikan untuk pasien berusia 1 tahun keatas.Obat ini jug bisa menimbulkan beberapa efek samping antara lain yaitu diare,ruam kulit dan sering buang air.
- Piperazine
Obat ini direkomendasikan untuk pasien usia 3-11 bulan dan sebaiknya mengonsumsi obat ini satu kali saja.Obat ini juga menimbulkan efek samping antara lain yaitu mual,muntah,sakit perit,diare dan kolik.
- Albendazole
Obat ini dapat diminum dua kali dalam sehari dan bisa menimbulkan efek samping yaitu mual,muntah,pusing ,sakit perut,ruam di kulit dan lain-lain.

Pencegahan Ascariasis

Cara untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan menjaga kebersihan.Karena kebersihan dapat mencegah penyakit datang.Berikut cara-cara untuk mencegah Ascariasis yang bisa anda lakukan:

- Cucilah tangan anda dengan bersih sebelum makan,sebelum memasak,dan setelah buang air besar
- Cucilah hingga bersih buah dan sayur yang akan dikonsumsi
- Sebaiknya anda mengonsumsi buah yang sudah dikupas (apel,pear dan lain-lain)
- Pastikan masakan yang anda konsumsi sudah benar-benar matang
- Periksalah segel minuman sebelum anda mengonsumsinya.Jangan lupa selalu minum air yang sudah benar-benar mendidih

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top