Asam Traneksamat / Tranexamic Acid - Info Obat, Fungsi Dosis Dan Efek Sampingnya

Asam Traneksamat - Pernahkah Anda mengalami mimisan? Mimisan dapat terjadi karena adanya pecah pembuluh darah di hidung maupun di kepala. Untuk menghentikan mimisan dengan cara tradisional biasanya kita menggunakan daun sirih. Di dunia medis dikenal Asam Traneksamat yang dapat digunakan untuk menghentikan pendaahan seperti mimisan, menstruasi berlebih, dan juga pendarahan pasca operasi.

Asam Traneksamat Tranexamic Acid - Info Obat Fungsi Dosis Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Pendarahan dapat berhenti karena Asam Traneksamat bekerja pada tubuh dengan menghambat gumpalan darah yang pecah. Asam Traneksamat merupakan obat dari jenis anti-fibrinolitik. Untuk bisa membeli Asam Traneksamat di apotek atau toko obat, Anda harus memiliki resep dari dokter yang artinya Asam Traneksamat tidak dijual secara bebas. Asam Traneksamat hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa atau remaja minimal 18 tahun. Asam Traneksamat tersedia dalam bentuk cairan suntik dan tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Asam Traneksamat

1. Dalam mengkonsumsi Asam Traneksamat, pasien harus mematuhi dosis dan aturan yang diberikan oleh dokter terutama bagi ibu hamil dan menyusui.
2. Bagi Anda yang mengalami gangguan pembuluh darah, gangguan pembekuan darah dan gangguan ginjal, sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Asam Traneksamat.
3. Apabila Anda mengalami gangguan penglihatan warna atau buta warna, Anda harus waspada dalam mengkonsumsi Asam Traneksamat.
4. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis maupun alergi.

Dosis Asam Traneksamat

1. Untuk menangani kasus menstruasi berlebihan, Asam Traneksamat dikonsumsi paling banyak 4000 mg per hari.
2. Sedangkan konsumsi Asam Traneksamat untuk menangani kasus pendarahan lainnya adalah 1000 mg. Yang dikonsumsi 3 kali dalam sehari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Asam Traneksamat

1. Patuhi aturan pakai yang tertera pada kemasan dan juga anjuran dokter.
2. Asam Traneksamat aman dikonsumsi sebelum maupun setelah makan, tidak dianjurkan untuk menggerus tablet Asam Traneksamat. Konsumsi Asam Traneksamat dengan bantuan air minum.
3. Supaya Asam Traneksamat bekerja lebih efektif pada tubuh Anda, konsumsi Asam Traneksamat pada jam yang sama setiap hari secara teratur.
4. Jangan menggandakan dosis Asam Traneksamat bila Anda tidak sengaja melewatkan dosisnya, konsumsi Asam Traneksamat sesegera mungkin jika jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.
5. Suapaya kondisi tubuh pasien dapat terpantau, sebaiknya periksakan diri ke dokter secara rutin selama Anda mengkonsumsi Asam Traneksamat.
6. Beritahu dokter bahwa Anda sedang mengkonsumsi Asam Traneksamat jika Anda akan menjalani perawatan gigi.

Efek samping Asam Traneksamat

1. Mudah lelah
2. Mual
3. Diare

Itulah informasi yang lengkap mengenai obat Asam Traneksamat yang bermanfaat untuk meredakan pendarahan. Terimakasih dan sampai jumpa.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top