Anoreksia Nervosa - Gejala Penyebab Komplikasi dan Cara Pengobatanya

6:35 AM

Pengertian Anoreksia Nervosa

Anoreksia Nervosa merupakan keadaan kesehatan jiwa seseorang yang memiliki hasrat ingin memiliki tubuh yang kurus dan sangat takut jika mereka terlihat gemuk.Karena rasa takut yang berlebihan itu terkadang pengidap penyakit ini menganggap jika tubuhnya kurang kurus atau masih terlihat gemuk meskipun pada kenyataannya tidak seperti itu.

Gangguan kesehatan ini cenderung rentan menyerang di usia 16-17 tahun dan sebagian besar penderitanya adalah perempuan atau wanita dewasa. Pengidap gangguan ini akan rela melakukan apa saja agar badannya terlihat kurus bahkan rela meminimalkan porsi makan,menggunakan obat-obatan penahan nafsu makan dan berolahrga yang berlebihan.

Yang paling parah adalah ada beberapa orang yang rela memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan dan itu juga termasuk dalam salah satu gangguan makan yaitu bulimia nervosa.Tapi untuk penderita bulimia nervosa biasanya memiliki berat badan yang normal atau lebih sedangkan penderita anoreksia memiliki berat badan yang kurang.

Gejala Tanda Dan Ciri Ciri Anoreksia Nervosa

Anoreksia Nervosa - Gejala Penyebab Komplikasi dan Cara Pengobatanya

Gejala Anoreksia Nervosa dan Gangguan Psikologis Lain Yang Berhubungan
Seseorang yang menderita anoreksi biasanya memiliki gejala-gejala sebagai berikut:

- Cenderung sering melihat bentuk tubuh di depan cermin
- Sering menimbang berat badan
- Berat Badan menurun secara drastis dan terlihat sangat kurus
- Sering berbohong jika ditanya sudah makan atau belum
- Sering memuntahkan kembali makanan yang sudah dikonsumsi
- Sering menghitung jumlah kalori,lemak dan gula pada makanan
- Sering Melakukan olahraga secara berlebihan
- Senang mengonsumsi obat penahan nafsu makan
- Sensitif
- Menderita beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan oleh anoreksia antara lain yaitu dehidrasi,tekanan darah menurun,kelelahan,pusing,rambut rontok,kulit kusam dan kering.
Anoreksia juga bisa dikaitkan dengan beberapa masalah kejiwaan yang lain misalnya depresi,merasa rendah diri,kecemasan,perlukaan pada diri sendir,penyalahgunaan alkohol.

Penyebab Anoreksia Nervosa

Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab pasti dari Anoreksia Nervosa.Namun menurut beberapa pakar yakin jika gangguan ini disebabkan gabungan beberapa faktor antara lain yaitu faktor psikologis,lingkungan,genetika atau biologis.

Diagnosis Penyakit Anoreksia Nervosa

Penyakit anoreksia nervosa bisa dikenali dari bentuk fisik penderitanya yang terlihat terlalu kurus.Tapi dokter tetap akan bertanya seputar pola makan yang dijalani mereka untuk memastikan jika badan yang kurus tersebut diakibatkan pola makan bukan karena masalah kesehatan yang lainnya.

Kemudian,dokter juga mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan di rambut,kulit,paru-paru,jantung serta tekanan darah.Jika diperlukan,pemeriksaan rontgen dan darah juga akan dilakukan.

Dukung Penderita Anoreksi Nervosa

Beberapa orang yang menderita Anoreksi Nervosa biasanya tidak menyadari masalah yang sedang hinggap di tubuhnya.Namun ada juga yang sudah tahu jika dirinya mengidap Anoreksi Nervosa tapi takut untuk menjalani pengobatan hingga masalah ini disembunyikan dalam kurun waktu yang sangat lama oleh dirinya sendiri.Sehingga sangatlah harus jika anda sebagai orang luar mengetahui tentang keadaan ini dan melihat ada kerabat atau teman yang menderita gangguan ini.

Jika memang ada kerabat atau teman anda yang menderita gangguan ini sebaiknya anda mulai mendekati dengan halus agar si penderita mau menceritakan keadaanya dan mau mendapatkan pertolongan kesehatan.Dalam hal membujuk penderita Anoreksia Nervosa memang tidaklah mudah karena si penderita biasanya akan menganggap jika apa yang mereka lakukan merupakan hal yang benar dan tidak mau mengakui jika gangguan tersebut merupakan masalah.

Oleh karena itu,dukungn dan kesabaran tidak boleh berhenti demi kesembuhan penderita Anoreksi.Sebaiknya anda jangan mengkritik atau mengeluarkan kata-kata yang akan membuat mereka merasa tertekan sehingga dapat memperburuk keadaan.Anda dapat menyampaikan kepada penderita jika ini adalah dukungan dan kepedulian terhadap kesehatan mereka.

Pengobatan Anoreksia Nervosa

Anoreksia Nervosa harus segera diatasi agar penderita segera sembuh.Pengobatan Anoreksia Nervosa bertujuan untuk mengubah pendangan penderita mengenai berat badan yang sehat serta memperbaiki pola makan.

Penderita Anoreksia Nervosa biasanya akan menjalani pengobatan rawat jalan dan hanya beberapa orang saja yang menderita Anoreksia Parah sehingga harus mendapatkan perawatan inap di rumah sakit.Pengobatan ini juga bertujuan untuk menyadarkan penderita jika pola hidup yang mereka jalani sudah salah dan mereka bisa mendapatkan berat badan yang proporsional lagi dengan aman.
Cara untuk mengobati dan menangani Anoreksia Nervosa yaitu dengan memberikan saran-saran tentang nutrisi dan makanan serta melakukan terapi psikologis.Agar pengobatan ini bisa dilakukan dengan benar maka dokter juga harus melihat keadaan fisik,psikologis dan sosial dari penderita Anoreksia Nervosa.

Untuk mengobati Anoreksi Nervosa tidak dapat dilakukan dengan cara cepat karena membutuhkan waktu yang cukup lama agar penderita bisa benar-benar sembuh.Bahkan masih ada kemungkinan untuk kambuh meskipun penderita sedang melakukan pengobatan misalnya mereka kembali ke pola makan yang salah.

Komplikasi Yang Dapat Terjadi

Apabila tidak segera ditangani,Anoreksia Nervosa bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan lain yang cukup serius.Berikut beberapa komplikasi Anoreksia Nervosa:
- Denyut Nadi tidak teratur
- Tekanan darah menurun
- Rambut rontok
- Gagal Jantung
- Otak Menjadi rusak
- Menstruasi kurang lancar
- Anemia
- Gagal Ginjal
- Mandul
- Cairan Elektrolit tidak seimbang
- Osteoporosis
- Konstipasi
- Kematian karena kekurangan giziz atau bunuh diri

Pencegahan Anoreksia Nervosa

Pencegahan Anoreksia Nervosa bisa dilakukan sejak dini atau anak-anak di lingkungan keluarga.Dengan cara tersebut,maka anda bisa meminimalisir resiko terjadinya Anoreksi Nervosa pada usia remaja atau dewasa nantinya.Sejak dini,anak-anak sudah diajarkan tentang penerapan pola makan yang sehat.Anak-anak juga harus diberi pelajaran tentang bentuk-bentuk tubuh ideal namun tetap menjaga kesehatan.

Jika di anda menemukan anggota keluarga atau kerabat yang sudah menunjukkan gejala-gejala anoreksia nervosa,sebaiknya anda segera menyarankan untuk melakukan pemeriksaan di dokter sebelum keadaan semakin parah.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top