Ampicillin Antibiotik - info Obat, Dosis, Cara Memakai dan Efek Sampingnya

Ampicillin Antibiotik - info Obat Dosis  Cara Memakai dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Pria Wanita
Ampicillin - Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk menangani penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri di dalam tubuh kita. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri diantaranya infeksi pada telinga, saluran pernapasan, dan infeksi pada saluran kemih. Antibiotik dapat menyembuhkan penyakit - penyakit tersebut dengan cara membunuh bakteri penyebab penyakit yang ada di dalam tubuh manusia.

Salah satu obat dari antibiotik adalah Ampicillin. Lebih tepatnya Ampicillin tergolong ke dalam antibiotik penisilin. Dalam pemberian Ampicillin kepada pasien harus disertakan resep dokter. Ampicillin dapat digunakan untuk mengatasi endokarditis, kencing nanah, infeksi saluran penceraan, saluran kemih, telinga, pneumonia dan bronkitis. Ampicillin tersedia dalam bentuk cairan suntik, sirup dan kapsul yang boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak - anak.

Peringatan dan mengkonsumsi Ampicillin

1. Ampicillin merupakan obat resep, oleh karena itu, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengkonsumsi Ampicillin, terutama bagi ibu hamil dan menyusui.
2. Selama Anda mengkonsumsi Ampicillin, gunakanlah kondom saat berhubungan seks karena konsumsi Ampicillin dapat mempengaruhi kinerja pil kontrasepsi yang Anda gunakan.
3. Hati - hati dalam mengkonsumsi Ampicillin terutama bagi Anda yang mengalami demam kelenjar dan gangguan ginjal.
4. Beritahu dokter bahwa Anda mengkonsumsi Ampicillin, karena konsumsi Ampicillin dapat berpengaruh terhadap penanganan medis.
5. Segera temui dokter bila Anda mengalami over dosis dan alerg setelah mengkonsumsi Ampicillin.

Dosis Ampicillin

Ampicillin umumnya dikonsumsi tiga hingga empat kali dalam sehari. Untuk kondisi infeksi yang ringan hingga sedang, dosis yang disarankan adalah 1 hingga 3 gram dalam sehari. Sedangkan untuk tingkat infeksi yang lebih parah, dosis Ampicillin akan ditingkatkan menjadi 4 hingga 8 gram dalam sehari.
Dosis yang diberikan kepada pasien akan memperhatikan beberapa faktor, misalnya kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan infeksi, dan juga berat badan (khusus pasien anak - anak).

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Ampicillin

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Ampicillin, pahami aturan pakai yang teretera pada kemasan Ampicillin dan juga anjuran dari dokter. Jangan konsumsi Ampicillin bila Anda alergi terhadap penisilin.
2. Konsumsi Ampicillin dua jam sebelum Anda makan, dengan bantuan air putih. Hal ini dilakukan karena penyerapan Ampicillin akan lebih maksimal jika dikonsumsi dalam perut kosong.
3. Jangan menambah dan mengurangi dosis yang telah disarankan dokter. Anda sebaiknya menghabiskan seluruh dosis Ampicillin untuk mencegah penyakit yang Anda derita kambuh kembali.
4. Jangan menggandakan dosis Ampicillin jika Anda lupa mengkonsumsi salah satu dosisnya, konsumsi dosis Ampicillin yang terlewat segera bila jarak dengan dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Efek Samping Ampicillin

Berikut ini adalah efek samping dari Ampicillin
1. Rasa pahit di lidah dan mulut
2. Mual dan muntah
3. Diare
Efek samping yang dialami oleh setiap orang akan berbeda - beda, jika Anda mengalami alergi terhadap Ampicillin segera hubungi dokter.

Itulah informasi mengenai Ampicillin yang dapat sayan sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top