Amoxicillin - Info Manfaat Obat, Dosis Bahaya, Cara Pemakaian Dan Efek Samping

Amoxicllin - Anda pasti tidak asing dengan salah satu jenis antibiotik ini yaitu Amoxicllin. Amoxicllin dapat mengatsi berbagai macam penyakit seperti peradangan telinga, saluran kemih, dan saluran pernafasan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Amoxicllin dapat mengatsi penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri karena Amoxicllin termasuk dalam jenis antibiotik penisilin.

Info Tentang Obat Amoxicillin

Amoxicllin disebut juga sebagai amox dan amoxycillin yang berbentuk cairan suntik, bubuk, cairan oral, dan juga kapsul. Amoxicllin dapat membantu penyembuhan penyakit seperti gonore (kencing nanah), peradangan kulit dan jaringan lunak, meninges, infeksi pada sistem reproduksi wanita, peradangan saluran kemih, infeksi pada saluran pencernaan, infeksi pada area THT (telinga hidung dan tenggorokan), dan sistem pernapasan. Amoxicllin aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan juga anak - anak. Amoxicllin harus dikonsumsi sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter.

Peringatan Sebelum Minum Amoxicillin

Ada beberpa hal yang perlu Anda ketahui dan menjadi suatu peringatan bagi Anda yang akan mengkonsumsi Amoxicllin sebagai langkah penyembuhan penyakit Anda. Hal - hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi Amoxicllin adalah sebagai berikut.


1. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap penisilin sebaiknya menghindari Amoxicllin.
2. Mintalah saran dan dosis yang tepat dari dokter sebelum Anda mengkonsumsi Amoxicllin terutama bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan atau sedang dalam masa menyusui
3. Jangan mengkonsumsi Amoxicllin ketika Anda baru saja menerima atau akan mendapat vaksin, karena Amoxicllin dapat menghambat kinerja vaksin tersebut
4. Amoxilin juga dapat mengganggu kinerja kontrasepsi, oleh karena itu pakailah alat pengaman tambahan seperti kondom saat Anda dalam pengaruh Amoxicllin
5. Bagi Anda yang menderita gangguan pada ginjal, konsultasikan kepada dokter dahulu dan hati - hati dalam mengkonsumsi Amoxicllin
6. Amoxicllin dapat menyebabkan ruam jika dikonsumsi oleh penderita demam kelenjar, sebaiknya hindari Amoxicllin
7. Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami over dosis atau alergi setelah mengkonsumsi Amoxicllin.

Dosis Pemakaian Obat Amoxicillin

Dosis Amoxicllin yang diberikan dokter kepada pasiennya biasanya adalah 500 mg hingga 1500 mg setiap hari selama 1 hingga 2 minggu. Tapi dosis itu juga ditentukan berdasarkan kondisi tubuh pasien, jenis infeksi dan tingkat keparahannya, serta berat badan pasien (anak - anak). Lain halnya dengan penderita gonore, satu kali mengkonsumsi Amoxicllin sebanyak 3000 mg.

Cara Meminum Obat Kimia Amoxicillin

Setelah Anda mengerti apa saja yang harus diketahui sebelum memngkonsumsi dan Anda sudah mendapatkan dosis yang sesuai dari dokter Anda, inilah beberapa cara mengkonsumsi Amoxicllin dengan cara yang benar.

1. Memperhatikan kemasan Amoxicllin untuk mengetahui petunjuk pemakaian Amoxicllin. Patuhi dosis yang diberikan oleh dokter dan konsumsi Amoxicllin secara teratur.
2. Untuk Amoxicllin jenis bubuk, campurkan dengan air sebanyak 1/2 gelas lalu aduk dan segera minum. Amoxicllin aman dikonsumsi sesudah maupun sebelum makan.
3. Habiskan Amoxicllin sesuai dengan resep dokter, dan bila sakit berlanjut hubungi dokter.
4. Jangan menggandakan dosis Amoxicllin yang tidak sengaja terlewat.

Efek Samping Amoxicillin

Amoxicllin juga memiliki efek samping dan bahaya seperti obat pada umumnya, inilah beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh Amoxicllin.
1. Ruam
2. Sakit kepala
3. Gangguan pencernaan seperi diare, muntah dan mual.

Itulah informasi seputar obat Amoxicllin yang bisa saya berikan kepada Anda. Semoga Anda dapat mengambil manfaat setelah Anda membaca artikel Amoxicllin ini. Terimakasih.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top