Amnesia Lupa Ingatan - Penyebab Tanda Gejala Dan Cara Mengobati Yang Benar

10:49 AM

Pengertian Amnesia

Hilang ingatan atau Amnesia adalah keadaan saat seseorang tidak bisa mengingat informasi,pengalaman,atau kejadian tertentu dan bisa terjadi secara tiba-tiba bahkan pelan-pelan bisa menjadi semakin parah.

Ingatan yang hilang dapat berupa hal atau peristiwa yang baru saja terjadi atau peristiwa yang sudah lama berlalu (kenangan).Seseorang yang mengalami amnesia juga dapat mengalami kesulitan dalm mempelajari informasi baru serta membentuk ingatan baru.

Jenis-Jenis Amnesia

Amnesia Lupa Ingatan - Penyebab Tanda Penanganan Dan Cara Mengobati Yang Benar

Jenis Amnesia dibagi menjadi dua jenis utama yang dibedakan berdasarkan jenis ingatan pengidap yang mengalami gangguan amnesia.Jenis-jenis amnesia antara lain:

- Amnesia Anterograde
Hal ini terjadi karena penderita mengalami masalah dalam mengingat hal-hal setelah tanggal tertentu dan dapat mengingat hal-hal tertentu dalam jangka waktu terbatas.
- Amnesia Retrograde
Amnesi jenis ini merupakan amnesia yang membuat penderitanya tidak dapat mengingat informasi di masa lampau sebelum periode atau tanggal tertentu.Misalnya hilang ingatan sebelum tanggal terjadinya kecelakaan atau melakukan operasi besar.

Kemampuan mengingat juga akan menurun seiring bertambahnya usia.Namun,Amnesia juga bisa dijadikan pertanda tentang adanya penyakit atau masalah kesehatan yang lainnya.Apabila anda mengalami amnesia tanpa alasan yang jelas sebaiknya segera melakukan pemeriksaan agar segera mendapat pertolongan dari tim medis sebelum terlambat.

Penyebab Amnesia

Amnesia dapat terjadi karena beberapa alasan terutama yang berkaitan dengan kinerja otak.Berikut sebab-sebab amnesia yang sudah umum terjadi:
- Stroke
- Ensefalitis atau peradangan otak
- Penyakit atau keadaan tertentu misalnya karena Alzheimer dan tumor otak
- Ketergantungan minuman keras dalam jangka panjang
- Trauma Psikologis misalnya karena korban kejahatan Seksual
- Cidera pada kepala karena kecelakaan

Diagnosis Amnesia

Diagnosis Amnesia dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti serta jenis Amnesia yang di derita.
Mendiagnosa Amnesia sebenarnya juga sama dengan cara mendiagnosa penyakit yang lainnya.Pertama,dokter akan menanyakan tentang gejala-gejala dan riwayat kesehatan anda serta keluarga.Kemudian akan dilanjutkan dengan tes darah,CT Scan atau MRI juga mungkin saja akan dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyakit yang lainnya atau tidak.

Penanganan Amnesia

Cara untuk menangani amnesia pertama yaitu dengan melakukan terapi misalnya terapi okupasi dan terapi kognitif.Saat terapi,penderita Amnesia akan mempelajari metode untuk membantu mengingat.Contohnya mempelajari strategi dan teknik untuk mengatur informasi sehingga mudah untuk diingat.

Berikut beberapa cara yang dapat membantu anda dalam beraktivitas sehari-hari saat amnesia melanda,yaitu:
- Selalu membawa alat tulis dan gunakan untuk mencatat semua informasi yang anda dapatkan
- Biasakan diri dengan menaruh barang-barang di tempat yang sama.Misalnya kunci motor
- Anda dapat menggunakan kemampuan IT yaitu dengan memasang alarm di ponsel saat anda akan melakukan sesuatu hal.

Amnesia dan Demensia

Demensi merupakan sekumpulan gejala yang berhubungan dengan menurunnya kinerja otak.Sehingga Amnesia atau hilang ingatan merupakan salah satu dari gejala Demensia.Namun kedua keadaan tersebut tidaklah sama karena seseorang yang mengalami amnesia atau hilang ingatan belum tentu mengalami Demensia.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top