Amitriptyline - Info Obat, Dosis Pemakaian, Manfaat dan Efek Sampingnya

10:10 AM
Amitriptyline - Kita sering mendengar kata depresi. Tapi apakah kita mengetahui apa arti sebenarnya depresi? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), depresi memiliki arti gangguan jiwa pada seseorang yang ditandai dengan perasaan seperti muram, sedih dan perasaan tertekan. Depresi dapat diatasi dengan cara rekreasi atau melakukan hal - hal yang membuat suasana hati menjadi senang. Namun banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar rekreasi.

Sebenarnya dalam dunia medis dikenal Amitriptyline yang dapat digunakan untuk mengatasi depresi. Obat ini adalah Amitriptyline, yang dapat digunakan juga untuk mecegah sakit kepala sebelah atau migrain dan mengurangi rasa nyeri pada saraf. Amitriptyline mampu menghambat produksi hormon penyebab stress dan memperbanyak produksi hormon yang memperbaiki suasana hati sehingga depresi dapat teratasi.

Amitriptyline - Info Obat Dosis Pemakaian Manfaat dan Efek Sampingnya

Amitriptyline termasuk ke dalam jenis obat antidepresan trisiklik. Amitriptyline tidak diperjual belikan secara bebas, Amitriptyline merupakan obat resep. Amitriptyline dikonsumsi untuk mengatasi depresi, nyeri saraf dan juga mencegah sakit kepala sebelah atau migrain. Amitriptyline hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa saja atau usia minimal 16 tahun. Amitriptyline tersedia dalam bentuk sirup dan tablet.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Amitriptyline

1. Amitriptyline dapat membahayakan bagi bayi dan balita, oleh karena itu Amitriptyline sebaiknya dihindari oleh ibu yang menyusui. Sedangkan bagi ibu hamil, konsumsi Amitriptyline harus sesuai dengan anjuran dokter.
2. Amitriptyline hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan akan berbahaya bila dikonsumsi oleh anak dibawah usia 16 tahun. Jauhkan Amitriptyline dari jangkauan anak - anak.
3. Bagi Anda yang mengalami gangguan kelenjar tiroid, gangguan jantung, gangguan mental, gangguan hati, gangguan prostat, tumor pada kelenjar adrenal, epilepsi, pofiria, glaukoma, konstipasi dan diabetes sebeiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Amitriptyline.
4. Jangan mengoperasikan alat atau mengemudikan kendaraan selama Anda dalam pengaruh Amitriptyline, karena Amitriptyline dapat menyebabkan kantuk dan membahayakan keselamatan Anda.
5. Segera hubungi atau temui dokter jika Anda mengalami overdosis dan alergi setelah mengkonsumsi Amitriptyline.

Dosis Amitriptyline

Pemberian dosis Amitriptyline akan dipertibangkan berdasarkan seberapa parah gangguan yang dialami oleh pasien, kondisi kesehatannya serta respon tubuh pasien setelah mengkonsumsi Amitriptyline. Berikut ini merupakan dosis Amitriptyline yang disarankan oleh dokter.
1. Untuk pasien dengan usia lanjut atau lansia, dosis Amitriptyline yang diberikan berkisar pada 10 mg hingga 50 mg yang dikonsumsi 3 kali dalam sehari.
2. Sedangkan untuk pasien dengan usia produktif, Amitriptyline akan diberikan dengan dosis 50 mg hingga 100  mg per hari.
Dosis Amitriptyline boleh dikonsumsi paling banyak 150 mg per hari.

Cara yang benar dalam mengkonsumsi Amitriptyline

1. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi Amitriptyline sebaiknya perhatikan aturan pakai yang ada pada kemasan Amitriptyline dan jangan lupa untuk mematuhi anjuran dokter.
2. Untuk memaksimalkan efek Amitriptyline yang bekerja pada tubuh pasien, sebaiknya konsumsi Amitriptyline pada jam yang sama setiap hari. Amitriptyline aman dikonsumsi setelah makan maupun sebelum makan.
3. Jangan menggandakan dosis Amitriptyline bila Anda lupa mengkonsumsinya, tapi konsumsi Amitriptyline yang tidak sengaja Anda lewatkan jika jarak dengan dosis Amitriptyline berikutnya tidak terlalu dekat.
4. Gunakan tabir surya atau sun block bila Anda beraktivitas di luar rumah karena Amitriptyline dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari.
5. Konsultasikan kepada dokter bila Anda ingin menghentikan konsumsi Amitriptyline, umumnya pengobatan Amitriptyline dilakukan dalam jangka waktu yang lama.
6. Waktu minimal pengobatan menggunakan Amitriptyline adalah 1 - 2 minggu, dan untuk efek yang lebih maksimal Amitriptyline sebaiknya dikonsumsi dalam jangka waktu 4 - 6 minggu.
7. Untuk meminimalisir efek samping, sebaiknya hindari alkohol selama Anda mengkonsumsi Amitriptyline.
8. Supaya perkembangan kondisi Anda dapat terpantau oleh dokter sebaiknya periksakan diiri Anda secara rutin selama Anda mengkonsumsi Amitriptyline.
9. Jika Anda merasakan depresi yang Anda alami tak kunjung membaik setelah mengkonsumsi Amitriptyline sebaiknya segera hubungi dokter.

Efek samping Amitriptyline

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang Anda rasakan setelah Anda mengkonsumsi Amitriptyline.
1. Mulut terasa kering
2. Gangguan pencernaan seperti konstipasi, mual, diare dan nyeri
3. Pusing saat bangun tidur
4. Mengantuk

Itulah informasi lengkap mengenai Amitriptyline. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top