Aminofilin - Info Obat, Dosis, Cara Memakai Dan Efek Sampingnya

10:24 PM
Aminofilin Alkaloid Tablet Ampul Injeksi - Info Obat Dosis Cara Memakai Dan Efek Sampingnya
Aminofilin - Bernapas merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Namun apa yang terjadi jika kita mengalami gangguan pada pernapasan seperti panyakit paru-paru, emfisema, bronkitis, dan asma. Pasti kita akan terganggu dan menjadi tidak leluasa dalam bernapas.

Untuk mengatasi gangguan pernapasan seperti di atas, dokter akan menyarankan kita mengonsumsi obat bernama Aminofilin. Aminofilin merupakan salah satu obat jenis bronkodilator santin. Aminofilin merupakan obat resep yang tidak dapat diperjualbelikan dengan bebas. Manfaat paling penting dari Aminofilin adalah mengatasi penyakit paru-paru kronis, emfisema, bronkitis dan asma serta gangguan pernapasan lainnya. Aminofilin dapat dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa. Aminofilin tersedia dalam dua bentuk yaitu obat suntik dan tablet.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Aminofilin

1. Aminofilin sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang menyusui, tapi ibu hamil masih boleh mengonsumsi Aminofilin asalkan sesuai dengan dosis yang ditentukan oleh dokter.
2. Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi, profiria, epilepsi, gangguan hati, jantung, mengalami hipertiroidisme, tukak lambung dan demam sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi Aminofilin.
3. Sedangkan Anda yang menggunakan obat atau inhaler selain Aminofilin, penikmat minuman keras dan perokok harus waspada dalam mengonsumsi Aminofilin.
4. Temui dokter jika Anda mengalami alergi atau over dosis setelah mengonsumsi Aminofilin.

Dosis Aminofilin

Dosis Aminofilin untuk anak - anak adalah 12 mg per kg berat badan. Dosis bisa ditingkatkan menjadi 20 mg per kg berat badan. Dosis ini dikonsumsi dua kali dalam sehari.
Sedangkan dosis Aminofilin untuk orang dewasa adalah 225 - 350 mg yang dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

Cara yang Benar Mengonsumsi Aminofilin

1. Sebelum Anda mulai mengonsumsi Aminofilin, baca terlebih dahulu aturan pakai yang tertera pada kemasan Aminofilin. Dan konsumsi Aminofilin sesuai dengan anjuran dokter.
2. Aminofilin aman dikonsumsi sebelum maupun setelah makan. Jika Anda mengonsumsi tablet Aminofilin, telanlah dengan bantuan air putih.
3. Untuk meningkatkan efektivitas Aminofilin, sebaiknya konsumsi obat ini pada jam yang sama setiap hari.
4. Jangan menggandakan dosis Aminofilin jika Anda tidak sengaja melewatkannya, konsumsi dosis Aminofilin yang terlewat jika masih ada jarak aman dengan dosis berikutnya.
5. Jika Anda berencana untuk berhenti mengonsumsi Aminofilin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
6. Selama Anda mengonsumsi Aminofilin, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman keras dan merokok.
7. Temui dokter jika Anda telah mengonsumsi Aminofilin selama beberapa hari tetapi gejala yang Anda alami tidak kunjung sembuh.
8. Supaya kondisi Anda dapat terpantau oleh dokter, periksakan diri Anda ke dokter secara rutin selama Anda menjalani pengobatan dengan Aminofilin.

Efek Samping Aminofilin

Berikut ini efek samping yang timbul setelah mengonsumsi Aminofilin.
1. Sakit perut
2. Pusing
3. Mual
4. Insomnia
5. Gemetar dan gelisah
6. Meningkatnya detak jantung

Itulah info lengkap tentang obat gangguan pernapasan, Aminofilin. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top