Ambroxol - Info Obat, Manfaat, Dosis Pemakaian Dan Efek Sampingnya

9:10 PM
Ketika Anda menderita batuk berdahak lalu Anda pergi ke dokter, maka dokter akan memberikan sebuah obat yang fungsinya mengencerkan ahak pasien. Obat ini adalah Ambroxol yang tergolong dalam jenis obat - obatan mukolitik. Cara kerja Ambroxol adalah dengan mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernafasan kita kemudian mengeluarkan dahak itu dari tubuh kita melalui batuk.
Ambroxol - Info Obat Manfaat Dosis Pemakaian Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Ambroxol banyak digunakan sebagai pengobatan beberapa penyakit yang berhibungan dengan sistem pernapasan kita diantaranya pnuemokoniosis bronkitis, bronkitis asmatik, bronkitis akut dan kronis, emfisema seta bronkiektasis. Ambroxol tersedia dalam dua bentuk produk yaitu cair utnuk diminum atau sirup dan juga bentuk tablet. Ambroxol aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak - anak di bawah pengawasan dokter ahli.

Peringatan dini Ambroxol

- Jika Anda mengalami over dosis dan alergi setelah mengkonsumsi obat jenis Ambroxol maka Anda harus segera datang atau menghubungoi dokter terdekat.
- Bagi Anda yang menderita tukak lambung sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Ambroxol.
- Jika anak - anak Anda akan mengkonsumsi Ambroxol, maka harus mendapat dosis yang sesuai dari dokter.
- Jangan mengkonsumsi Ambroxol jika Anda sedang hamil pada periode trimester pertama.

Dosis Suplemen Ambroxol

Dokter akan memberikan dosis obat sesuai dengan kondisi tubuh kita, tingkat keparahan penyakit yang kita derita, dan juga reaksi tubuh kita terhadap obat Ambroxol. Biasanya dokter akan memberikan dosis 30 mg hingga 120 mg per hari bagi orang dewasa.

Cara mengkonsumsi Ambroxol dengan benar dan sesuai anjuran dokter

1. Tidak dianjurkan untuk menggandakan dosis Ambroxol yang terlewat, sebaiknya dosis Ambroxol yang terlewat segera diminum apabila dosis berikutnya tidak terlalu dekat.
2. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi Ambroxol pada jam yang sama setiap hari supaya efektifitas Ambroxol dapat terasa.
3. Konsumsi Ambroxol setelah Anda makan dan selalu mentaati dosis yang telah diberikan oleh dokter.

Efek Samping Obat Ambroxol

Anda perlu mengetahui efek samping suatu obat sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat tersebut. Efek samping dari Ambroxol antara lain.
1. Nteri pada ulu hati
2. Muntah
3. Mual
4. Dan gangguan lain pada sistem pencernaan.

Semoga informasi mengenai salah satu obat jenis mukolitik ini. Jadilah konsumen bijak dengan mengetahui seluk beluk Ambroxol sebelum Anda mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top