Aluminium Hidroksida - Info Manfaat, Khasiat Dosis dan Efek Sampingnya

8:53 PM
Aluminium Hidroksida - Asam lambung jika diproduksi secara tidak terkendali atau berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah muncul. Masalah yang biasa terjadi akibat produksi asam lambung yang berlebihan diantaranya maag, nyeri pada ulu hati dan dipepsia. Untuk menangani masalah asam lambung ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi Aluminium Hidroksida.

Aluminium Hidroksida - Info Manfaat Khasiat Dosis dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan Manusia

Aluminium Hidroksida adalah obat antasida yang cara kerjanya menetralisir asam lambung yang diproduksi secara berlebih. Aluminium Hidroksida adalah obat bebas. Aluminium Hidroksida tersedia dalam bentuk sirup, tablet dan kapsul yang boleh dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Aluminium Hidroksida

1. Meskipun Aluminium Hidroksida adalah obat bebas, namun Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Terutama bagi ibu hamil dan menyusui.
2. Untuk mengonsumsi Aluminium Hidroksida, sebaiknya Anda makan terlebih dahulu. Anda juga bisa mengonsumsi Aluminium Hidroksida bersama dengan makanan.
3. Berikanlah jarak waktu sekitar 1-2 jam jika Anda mengonsumsi obat lain bersamaan dengan Aluminium Hidroksida.
4. Bagi Anda yang mengalami porfiria, hipofosfatemia, gangguan hati dan ginjal sebaiknya berhati-hati jika mengonsumsi Aluminium Hidroksida.
5. Temui dokter jika Anda mengalami overdosis dan alergi setelah mengonsumsi Aluminium Hidroksida.

Dosis Aluminium Hidroksida

Dosis Aluminium Hidroksida bisa dibaca pada kemasannya. Di bawah ini adalah dosis umum Aluminium Hidroksida untuk berbagai kondisi
1. Menurunkan kadar fosfat, pasien hendaknya mengonsumsi Aluminium Hidroksida sebanyak 2-10 gram per hari.
2. Jika Aluminium Hidroksida digunakan untuk mengatasi masalah asam lambung, sebaiknya pasien mengonsumsi 1-9 gram Aluminium Hidroksida.

Cara yang Benar Mengonsumsi Aluminium Hidroksida

1. Sebelum Anda mulai mengonsumsi Aluminium Hidroksida, seabiknya baca aturan pakai yang ada pada kemasan.
2. Efek samping dari Aluminium Hidroksida diantaranya sembelit, oleh karenanya Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat.
3. Hindari konsumsi kopi, minuman beralkoho, tomat dan cokelat selama Anda mengonsumsi Aluminium Hidroksida untuk mempercepat penyembuhan gangguan asam lambung yang Anda alami.
4. Jangan menggandakan dosis Aluminium Hidroksida jika Anda tidak sengaja melewatkannya, segera konsumsi jika masih ada jarak dengan dosis Aluminium Hidroksida berikutnya.

Efek Samping Aluminium Hidroksida

Di bawah ini adalah beberapa gejala yang mungkin Anda alami setelah Anda mengonsumsi Aluminium Hidroksida
1. Berat badan menurun
2. Muntah
3. Sulit menelan

Itulah informasi tentang obat antasida, Aluminium Hidroksida. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top