Alprazolam - Khasiat Obat, Peringatan Dosis Dan Efek Sampingnya

Alprazolam merupakan salah satu obat medis yang digunakan untuk menyembuhkan pasien yang terkena gangguan jiwa seperti panik dan juga kecemasan hebat. Pada praktiknya, dosis Alprazolam yang diberikan kepada pasien adalah dosis yang paling rendah dan juga dengan frekuensi yang paling pendek. Dosis Alprazolam bisa berubah sesuai dengan kondisi yang diderita oleh pasien itu.

Alprazolam - Khasiat Obat Peringatan Dosis Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Pria Wanita

Alprazolam bekerja untuk menurunkan ketegangan yang diderita oleh pasien dan membuat pasien menajdi lebih tenang. Ada sebuah zat di dalam tubuh kita yang dihasilkan secara alami untuk meredakan ketegangan yang dialami oleh pasien yaitu zat gamma aminobutyric acid (GABA). Alprazolam boleh dikonsumsi oleh pasien maksimal dalam waktu tiga bulan. Pasien juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kembali setelah empat minggu.

Untuk bisa mendapatkan Alprazolam di apotek, diperlukan resep dari dokter. Alprazolam termasuk ke dalam jenis benzodiazepine. Alprazolam hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa, an tersedia dalam berbagai bentuk diantaranya obat larut, cairan oral, dan juga tablet.

Peringatan Alprazolam

Obat Alprazolam ini merupakan salah satu obat keras dan memiliki efek yang tidak ringan, oleh karena itu pasien atau kerabatnya harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.
1. Jika Anda mengalami alergi terhadap jens obat benzodiazepine harus memberitahukan kepada dokter sebelum Anda diberi obat Alprazolam oleh dokter.
2. Obat Alprazolam dapat mengurangi keseimbangan tubuh Anda, mengantuk dan juga pusing. Sebaiknya jika Anda sedang dalam pengaruh Alprazolam ini sebaiknya tidak mengemudi atau mengoperasikan alat.
3. Tidur yang cukup setelah Anda mengkonsumsi Alprazolam supaya efektifitasnya maksimal.
4. Sesuaikan dosis yang diberikan oleh dokter, terutama bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan.
5. Alprazolam sebaiknya tidak dikonsumsi oleh Anda yang sedang menyusui karena Alprazolam dapat berdampak buruk kepada bayi Anda.
6. Jika Anda tidak sengaja melewatkan satu dosis, maka segeralah untuk meminum dosis yang terlewat itu setelah teringat apabila jadwal untuk dosis selanjutnya tidak terlalu dekat.
7. Jangan menggandakan dosis untuk menggantikan takaran Alprazolam yang terkewat karena dapat mengakibatkan overdosis.
8. Jangan menghentikan konsumsi Alprazolam secara tiba - tiba karena dapat mengakibatkan kejang. Minta petunjuk dokter jika Anda ingin berhenti mengkonsumsi Alprazolam.
9. Jika Anda mengalami overdosis atau gejala alergi terhadap Alprazolam segera hubungi dokter.

Dosis Alprazolam

Usia pesien, kondisi kesehatan pasien dan juga respon tubuh pasien terhadap Alprazolam menjadi pertimbangan penting dalam menentukan dosis Alprazolam. Dosis maksimal dari Alprazolam adalah 4 mg setiap hari. Biasanya dokter akan memberikan dosis rata - rata 0,25 mg hingga 0,5 mg Alprazolam dikonsumsi 2 hingga 3 kali dalam sehari. Untuk mengurangi efek samping yang timbul, sebaiknya dilakukan penurunan dan juga peningkatan dosis dalam jarak waktu tertentu. Untuk lebih jelasnya, tanyakanlah kepada dokter.

Cara yang tepat dalam mengkonsumsi Alprazolam

Setelah Anda memahami peringatan dini mengenai Alprazolam, dan juga dosis yang pas untuk pasien, sekarang Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengkonsumsi Alprazolam dengan tepat supaya obat Alprazolam ini bekerja dengan baik pada tubuh kita.
1. Dalam mengkonsumsi Alprazolam tidak boleh dilakukan sembarangan, harus sesuai dengan anjuran yang ada pada kemasan Alprazolam atau menurut dosis yang ditentukan oleh dokter.
2. Usahakan konsumsi Alprazolam pada jam yang sama setiap hari.
3. Jika Anda sudah mulai sembuh dan ingin berhenti mengkonsumsi Alprazolam Anda harus mengurangi dosisnya secara perhalan sebelum menghentikan konsumsi Alprazolam. Hal ini harus dilakukan karena Alprazolam memiliki sifat adiktif yang dapat mengakibatkan kecanduan dan mengakibatkan sakaw apabila Anda menghentikan konumsi Alprazolam secara tiba - tiba.

Efek Samping Alprazolam

Alprazolam memiliki efek samping yang berbeda - beda pada setiap pasien, oleh karena itu belum ada keterangan jelas mengenai efek samping dari Alprazolam itu sendiri. Tetapi dibawah ini adalah beberapa hal yang mungkin terjadi apabila Anda mengkonsumsi Alprazolam.
1. Ingatan terganggu
2. Suasana hati berubah
3. Gairah seksual mengalami perubahan, meningkat ataupun menurun.
4. Air liur diprosuksi lebih banyak dari biasanya.
5. Pusing
6. Kantuk berat

Itulah informasi seputar Alprazolam, semoga bermanfaat.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top