Allopurinol - Manfaat obat, Dosis Cara Memakai Dan Efek Sampingnya

8:22 PM
Allopurinol - Manfaat Suplemen Nutrisi obat Dosis Cara Memakai Dan Efek Sampingnya
Allopurinol - Penyakit asam urat biasanya diderita oleh orang dewasa. Asam urat biasanya menyebabkan rasa sakit pada persendian yang sangat luar biasa. Kadar asam urat yang tinggi pada tubuh kita dapat menyebabkan berbagai penyakit diantaranya adalah batu ginjal dan juga penyakit gout. Kadar asam urat dalam darah dapat kita kurangi dengan mengkonsumsi Allopurinol.

Allopurinol termasuk ke dalam jenis obat penghambat xanthine-oxidase. Untuk bisa mendapatkan Allopurinol di apotek, Anda harus memiliki resep dari dokter. Allopurinol bermanfaat untuk menurukan kadar asam urat yang tinggi, mencegah batu ginjal, mencegah penyakit gout. Allopurinol juga bisa dikonsumsi oleh penderita kanker yang menjalani kemoterapi untuk mencegah naiknya kadar asam urat sebagai efek samping dari kemoterapi itu sendiri. Allopurinol dapat dikonsumsi oleh anak - anak hingga orang dewasa. Allopurinol tersedia dalam bentuk tablet.

Peringatan Allopurinol

Perhatikanlah berbagai hal dibawah ini sebelum Anda mengkonsumsi Allopurinol.
1. Sesuaikan konsumsi dengan dosis yang telah diberikan oleh dokter, terutama bagi ibu hamil dan menyusui maupun bagi Anda yang sedang merencanaka kehamilan.
2. Apabila anak - anak Anda akan mengkonsumsi Allopurinol, maka mintalah resep kepada dokter.
3. Bagi Anda yang mengalami gangguan pada organ hati dan juga ginjal sebaiknya berhati - hati dalam mengkosnumsi Allopurinol.
4. Segera hubungi atau temui dokter apabila Anda mengalami overdosis dan alergi setelah mengkonsumsi Allopurinol.

Dosis Allopurinol

Dosis atau resep yang diberikan oleh dokter kepada pasiennya disesuaikan dengan berat badan mereka (bagi anak - anak), kondisi kesehatan pasien, keparahan penyakit yang diderita pasien dan masih banyak hal lain yang menjadi pertimbangan dokter dalam memberikan dosis kepada pasiennya. Pada umumnya, dokter akan memberikan dosis Allopurinol 100 hingga 600 mg kepada pasien dewasa.

Cara mengkonsumsi Allopurinol dengan benar


1. Konsumsi Allopurinol setelah makan bersama dengan air. Selalu patuhi petunjuk dokter dan petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan Allopurinol.
2. Untuk memaksimalakan kinerja Allopurinol pada tubuh kita, konsumsi Allopurinol pada jam yang sama setiap hari.
3. Segera konsumsi Allopurinol jika Anda tidak sengaja melewatkan dosisnya dan jangan pernah menggandakan dosis Allopurinol yang lupa Anda lewatkan.
4. Jika Anda tidak merasakan efek samping yang mengganggu, konsumsi Allopurinol sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh dokter.
5. Konsumsi makanan sehat, hindari alkohol dan juga makanan dengan kadar gula yang tinggi untuk memaksimalkan kinerja Allopurinol pada tubuh kita.

Efek Samping Allopurinol

Efek samping yang ditimbulkan oleh Allopurinol antara lain adalah ruam pada kulit Anda yang mengkonsumsinya. Hubungi dokter apabila Anda mengalami efek samping yang mengganggu dan terus menerus.

Itulah informasi tentang Allopurinol dan segala seluk beluknya. Semoga informasi tentang Allopurinol yang saya sajikan ini bermanfaat bagi kita semua.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top