Alergi Obat - Penyebab Gejala Cara Mengatasi dan Mengobati Secara Alami

Alergi obat merupakan bentuk reaksi dari sistem kekebalan tubuh pada jenis obat tertentu yang anda konsumsi.Alergi obat berbeda dengan efek samping obat yang biasanya tercantum pada kemasan dan keracunan obat atau overdosis.

Alergi obat umumnya terjadi karena sistem kekebalan tubuh merasa ada zat tertentu yang terdapat di dalam obat tersebut.Alergi ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh menganggap zat yang terdapat di dalam obat tersebut merupakan substansi yang dapat membahayakan tubuh.Jadi ini merupakan bentuk perlindungan dari tubuh.

Gejala-gejala Alergi Obat

Reaksi tubuh biasanya tidak akan langsung muncul saat anda mengonsumsi obat.Alergi obat biasanya muncul dengan cara bertahap bersamaan dengan sistem kekebalan tubuh yang sedang membangun antibodi untuk melawan obat tersebut.

Alergi Obat - Penyebab Gejala Cara Mengatasi dan Mengobati Secara Alami Tanpa Operasi
Pertama,sistem kekebalan tubuh akan menilai apakah obat tersebut merupakan substansi yang berbahaya atau bukan lalu sistem kekebalan tubuh pelan-pelan akan membangun antibodi.Kemudian,pada penggunaan obat selanjutnya,antibodi akan mendeteksi lalu menyerang obat tersebut hingga akhirnya muncullah gejala-gejala alergi.

Untuk beberapa kasus yang terjadi,alergi obat hanya menimbulkan gejala-gejala yang ringan dan akan hilang dalam beberapa hari saja.Gejala-gejala alergi obat yang umumnya terjadi antara lain:

- Gatal-gatal
- Hidung Beringus
- Demam
- Batuk-batuk
- Ruam atau bentol-bentol
- Mata berair dan terasa gatal
- Sesak nafas atau nafas pendek
- Pembengkakan

Walaupun gejala alergi obat terbilang ringan namun dapat menyebabkan Anafilaksis (yaitu reaksi alergi yang membuat kegagalan fungsi pada sistem tubuh secara luas).Anafilaksis merupakan keadaan yang sangat gawat karena bisa menyebabkan kematian sehingga harus segera ditangani secepatnya.

Jika anda mengalami reaksi alergi sebaiknya segera pergi dan memeriksakan diri ke dokter agar segera mendapat penanganan dan mengetahui apa penyebab alergi.

Jenis Obat Apa Saja Yang Dapat Menyebabkan Alergi?

Umumnya semua jenis obat dapat menyebabkan reaksi pada tubuh namun tidak semua reaksi tersebut adalah alergi.Hal ini dikarenakan,Alergi obat disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh pada obat tertentu.Berikut jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi:
- Antikonvulsan.
- Insulin.
- Vaksin.
- Obat-obatan untuk hipertiroidisme
- Antibiotik (misalnya, penisilin).
- Anti inflamasi non-steroid.
- Aspirin.
- Krim atau lotion kortikosteroid
- Obat-obatan untuk kemoterapi atau HIV

Faktor-faktor Yang Dapat Meningkatkan Resiko Alergi Obat

Hanya beberapa orang saja yang dapat terkena alergi obat.Ada beberapa pakar yang berpendapat jika ada faktor-faktor yang meningkatkan resiko alergi obat pada seseorang.Faktor-faktor yang dapat memengaruhi resiko alergi obat antara lain:
- Meningkatnya pajanan pada obat tertentu.Misalnya karena penggunaan obat jangka panjang,berulang dan menggunakan dosis tinggi.
- Faktor Keturunan
Anda juga bisa menderita alergi obat yang disebabkan ada anggota keluarga yang menderita alergi obat-obatan tertentu
- Memiliki riwayat alergi lain (alergi makanan)
- Memiliki riwayat alergi pada obat-obatan lain.Misalnya anda memiliki alergi pada obat penisilin maka anda juga berpeluang memiliki alergi pada obat amoxicilin
- Menderita penyakit yang membuat tubuh sensitif pada reaksi alergi obat misalnya HIV.

Proses Diagnosis Alergi Obat

Cara mendiagnosa alergi obat sama dengan mendiagnosa alergi jenis yang lain.Pertama dokter akan melihat keadaan tubuh anda saat pertama kali gejala alergi muncul,jenis obat apa yang anda gunakan,lalu tingkat keparahan dan perubahan pada gejala yang harus dialami.Pemeriksaan lanjutan juga terkadang dibutuhkan untuk mendiagnosa alergi lebih mendalam,misalnya:

- Tes Kulit
Jarum,suntikan atau tempelan digunakan untuk meletakkan obat yang dicurigai di permukaan kulit.jika memang positif mengidap alergi obat maka permukaan kulit akan mengeluarkan gejala-gejala alergi misalnya gatal-gatal,kulit kemerahan dan benjolan.

- Tes Darah
Tes darah memang cukup jarang dilakukan untuk mendiagnosa alergi obat karena tingkat akurasinya cukup terbatas.Namun jika setelah melakukan tes kulit dan hasilnya parah,biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan tes darah karena dikhawatirkan ada gangguan yang lainnya di tubuh anda.

Langkah Penanganan dan Pencegahan pada Alergi Obat

Cara menangani alergi obat yaitu dengan mengatasi serta meredakan gejala yang muncul yaitu dengan cara jangan mengonsumsi dan menggunakan obat yang dapat menimbulkan alergi obat.
Menggunakan antihistamin juga dapat digunakan yang nantinya dapat menghalangi unsur kimir pada sistem kekebalan tubuh yang aktif pada tubuh ketika reaksi alergi muncul.Sedangkan dengan menggunakan kortikosteroid bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi karena reaksi alergi yang serius.

Sedangkan untuk penderita yang mengalami anafilaksis,sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit untuk segera mendapatkan penanganan medis misalnya suntikan epinefrin dan akan lebih baik jika penderita juga melakukan rawat inap untuk mendapatka bantuan pernafasan dan menstabilkan tekanan darah.

Mencegah alergi memang harus dilakukan salah satunya dengan cara menghindari obat yang dapat memicu alergi.Selain itu,anda juga bisa menggunakan gelang atau kalung penanda alergi,memberitahu dokter tentang alergi obat yang anda derita dan jenis obat apa saja yang dapat memicu alergi.Jika terjadi Anafilaksis biasanya dokter akan memberikan suntikan epinefrin dan sebaiknya anda selalu membawa suntikan ini kemana saja untuk mengantisipasi Anafilaksis yang bisa terjadi kapan saja.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top