Albinisme - Penyebab Gejala Diagnosis dan Cara Mengobatinya

6:20 AM

Pengertian Albinisme

Albinisme merupakan sebuah keadaan abormal yang terjadi sejak bawaan lahir.Hal ini terjadi karena seseorang yang menderita Albinisme kekurangan melanin di dalam tubuhnya atau bahkan tidak memiliki pigmen ini yang pada akhirnya membuat rambut,kulit dan mata terlihat lebih pucat hingga putih.
Pengertian Penyakit Albinisme - Penyebab Gejala Diagnosis dan Cara Mengobatinya

Albinisme biasanya dialami oleh sekelompok orang dan masyarakat biasanya menyebut kelompok orang ini dengan sebutan 'Albino'.Albinisme tidak dapat disembuhkan namun keadaan ini tidak akan menganggu kegiatan sehari-hari dari penderita tersebut.

Gejala Albinisme

Gejala Albinisme - Penyebab Gejala Diagnosis dan Cara Mengobatinya Dengan Herbal Alami Yang Ampuh

Gejala Albinisme biasanya terlihat dari warna kulit dan rambut.Namun warna kulit dan rambut penderita Albinisme berbeda-beda tergantung pada tingkat melanin yang terkandung di dalam tubuhnya.Kita tentunya sering melihat penderita Albinisme yang memiliki warna kulit pucat dan rambut pirang namun adapula penderita Albinisme yang juga memiliki warna rambut cokelat.

Karena kekurangan Melanin,penderita Albinisme kulitnya cenderung mudah sekali terbakar apabila terkena sinar matahari langsung.Nah bagi anda yang menderita Albinisme harus berhati-hati pada paparan sinar matahari langsung karena bisa mengakibatkan masalah yang serius yaitu kanker kulit.

Sedangkan untuk bagian mata terjadi perbedaan bukan hanya dibagian iris yang berubah menjadi abu-abu atau biru pucat.Namun dapat juga membuat pandangan menjadi terganggu dan sensitif pada cahaya dan bisa mengakibatkan beberapa masalah pada mata antara lain yaitu rabun dekat, rabun jauh, mata silindris, juling, dan nistagmus (gerakan ritmik tanpa kontrol) dari sisi ke sisi.Gangguan penglihatan sangat berpengaruh pada pergerakan seorang bayi misalnya ketika ia mulai bergerak merangkak untuk mengambil objek dan beberapa kasus yang terjadi,seorang anak penderita Albinisme akan canggung  pada pandangannya

Penyebab Albinisme

Penyebab Penyakit Albinisme - Penyebab Gejala Diagnosis dan Cara Mengobatinya Dengan Herbal Alami Yang Ampuh
Penyebab Albinisme yaitu adanya perubahan atau mutasi yang terjadi di salah satu gen yang bertugas membuat produksi melanin oleh sel-sel melanocytes di mata dan kulit sehingga membuat produksi melanin menjadi terganggu atau bahkan tidak berproduksi sama sekali.
Terdapat dua jenis Albinisme yaitu okulokutaneus dan merupakan jenis Albinisme yang paling sering ditemui.Albinisme jenis ini berpengaruh pada rambut,kulit dan mata dan sering juga dinamakan Albinisme komplit.Menurut ciri-ciri fisik,Albinisme okulokutaneus di bagi dalam empat jenis antara lain:

- Tipe 1
Seorang penderita Albinisme okulokutaneus sudah menunjukkan ciri-ciri dalam bentuk fisik antara lain yaitu rambut dan kulitnya yang berwarna putih dan memiliki mata yang berwarna biru.Hal tersebut akan terus berlanjut dengan tidak adanya peningkatan pigmentasi sampai berumur dewasa.Namun ada beberapa kasus yang saat mulai memasuki usia anak-anak,tubuhnya mulai memproduksi melanin.

- Tipe 2
Saat pertama lahir,kulit pada penderita Albinisme okulokutaneus terlihat berwarna putih dengan mata berwarna coklat atau kebiru-biruan.Sedangkan pada rambutnya berwarna kuning,cokelat kemerahan dan merah.Lama kelamaan seiring bertambahnya usia dan mulai terkena sinar matahari langsung maka pada bagian kulit akan muncul bintik-bintik,bercak berwarna cokelat (lentigo) bahkan sampai muncul tahi lalat di kulit penderita.Penderita Albinisme okulokutaneus ini sebagian besarnya kasusnya ditemukan di orang-orang Amerika Aslu,Afrika-Amerika dan orang daerah sub-Sahara.

- Tipe 3
Seseorang yang menderita Albinisme okulokutaneus pada tipe ini mempunyai rambut serta kulit berwarna kemerahan dan memiliki mata yang berwarna cokelat.Kasus ini biasanya ditemukan pada orang-orang Afrika Selatan.

- Tipe 4
Penyakit Albinisme okulokutaneus tipe 4 yang paling banyak diderita oleh orang-orang di Asia Timur dengan ciri-ciri yang hampir sama dengan Albinisme okulokutaneus tipe 2.

Jenis Albinisme yang kedua yaitu Albinisme okular.Jenis ini merupakan Albinisme yang paling jarang ditemukan kasusnya.Albinisme okular akan berdampak pada bagian penglihatan daripada pada bagian perubahan warna kulit,rambut dan mata.Sedangkan secara penampilan fisik,orang yang menderita Albinisme okular terlihat seperti orang biasa meskipun ada beberapa individu yang terlihat lebih pucat.Albinisme okular terjadi karena adanya mutasi gen di kromosom-X dan sebagian besar penderitanya adalah laki-laki.

Sebenarnya,ada beberapa penyakit genetik lain yang akibatnya timbul gejala yang mirip dengan penyakit Albinisme.Penyakit tersebut antara lain sindrom Chediak-Higashi dan sindrom Hemansky Pudlak dimana kedua penyakit tersebut kasusnya masih sangat langka.
Gejala yang ditimbulkan memang mirip dengan Albinisme namun untuk penyakit sindrom Chediak-Higashi bisa mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan akan berakibat pada serangan infeksi.Sedangkan untuk penyakit sindrom Hermansky Pudlak bisa berakibat pada gangguan pendarahan.

Diagnosis Albinisme

Albinisme sendiri sudah bisa di diagnosa sejak lahir dengan melihat ciri-cirinya pada bagian tubuh misalnya warna rambut, kulit, dan mata apakah memang sudah sama dengan gejala dan jenis-jenis Albinisme.
Pengobatan Penyakit Albinisme - Penyebab Gejala Diagnosis dan Cara Mengobatinya Dengan Herbal Alami Yang Ampuh

Untuk bagian mata,biasanya dokter spesialis mata akan melakukan beberapa tahap pemeriksaan yang dilakukan menggunakan alat Slit Lamp,pengecekan bagian pupil,pemeriksaan bentuk lengkungan kornea untuk mendiagnosis silinder kemudian pemeriksaan arah pandangan mata untuk mendiagnosis juling dan pemeriksaan gerakan mata untuk mendiagnosis nistagmus.

Pengobatan Albinisme

Penyakit Albinisme memang tidak dapat disembuhkan,namun ada obat dan perawatan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan penglihatan dan juga untuk melindungi kulit penderita.
Bayi Albinisme yang baru lahir umumnya akan mengalami gangguan penglihatan yang parah selama beberapa bulan dan akan berangsur membaik walaupun tidak akan memiliki penglihatan yang sempurna.Bagi penderita Albinisme biasanya akan menggunakan alat bantu penglihatan seperti kaca mata dan softlens khusus yang sudah di resepkan oleh dokter spesialis mata misalnya untuk rabun jauh,rabun dekat dan silinder setelah melakukan pemeriksaan secara rutin.

Penderita Albinisme dan mengalami fotofobia (penglihatan sensitif pada sinar matahari) dokter biasanya akan memberikan saran untuk menggunakan kacamata yang bisa menangkal sinar ultraviolet dan kacamata yang memiliki lensa gelap.

Pengobatan Albinisme dengan cara pembedahan atau operasi sangat jarang dilakukan kecuali terdapat beberapa masalah misalnya mata juling dan nistagmus,operasi untuk memperbaiki otot-otot mata dan direkomendasikan agar gejala Albinisme tidak terlihat jelas secara kasap mata.
Selain pemeriksaan dilakukan secara rutin,pemeriksaan kulit juga harus dilakukan oleh penderita Albinisme agar tahu keadaan kulit dan tidak terkena kanker kulit dan juga tahu tentang cara pencegahannya.

Untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan,sebaiknya bagi penderita Albinisme jangan melakukan kegiatan di luar rumah ketika matahari sedang bersinar.Namun jika mengaharuskan untuk keluar rumah,sebaiknya menggunakan krim tabir surya dan pakaian yang melindungi tubuh anda dari paparan sinar matahari langsung.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top