Ablasio Retina - Penyebab Gejala dan Cara Penggobatan Paling Ampuh

Ablasi Retina Merupakan Salah Satu Penyakit yang wajib diwaspadai oleh manusia modern saat ini karena kalau sampai terkena penyakit ini maka biaya operasi ablasio retina juga lumayan tinggi. Tapi Tenang Di Dalam Penjelasan file ablasio retina pdf di dunia kedokteran ternyata Ablasio retina bisa sembuh kok asalkan rajin dan teratur dalam prosesnya. bahkan sekarang sudah ada Cara pengobatan ablasio retina tanpa operasi yang memudahkan kita Dalam Mengatasi Masalah penyakit mata ini. Nah Yuk Kita bahas lagi beberapa hal terkait penyakit ini semisal : ciri ciri ablasio retina, pencegahan ablasio retina,pasca operasi ablasio retina,askep ablasio retina dan Banyak lagi lainya. Yuk Langsung Simak penjelasan dari Dokter Kesehatan kita ini

Pengertian Penyakit Ablasi Retina

Retina adalah salah satu bagian dari mata yang memiliki bentuk tipis terletak di bagian belakang mata yang berguna untuk memroses cahaya yang masuk ke mata.Ablasi Retina yaitu keadaan saat retina perlahan-lahan terlepas dari pembuluh darah yang mengangkut oksigen serta nutrisi. Ablasi Retina biasanya terjadi karena faktor penuaan dan biasa menyerang orang yang sudah berumur 60-70 tahun. Meskipun begitu, Ablasi Retina juga bisa terjadi pada orang dewasa,muda serta anak-anak yang disebabkan oleh trauma di mata.Penyakit ini harus ditangani dengan cara yang tepat karena jika sampai terjadi kesalahan akan mengakibatkan kebutaan permanen.Ablasi mata biasanya hanya menyerang salah satu mata saja.

Gejala Ablasi Retina

Lapisan retina yang terlepas mungkin tidak menimbulkan rasa sakit dan umumnya terjadi secara mendadak.Tapi ada beberapa tanda-tanda untuk mengenali Ablasi retina yaitu:

Ciri Tanda Ablasio Retina - Penyebab Gejala dan Cara Penggobatan Paling Ampuh

- Pandangan mata bagian samping pelang-pelan berkurang
- Pandangan mata seakan tertutup benda (tirai)
- Adanya gangguan pada pandangan mata atau kabur
- Adanya cahaya yang mirip seperti kilatan namun hanya berlangsung tidak lebih dari 1 detik
- Muncul Folaters (bintik-bintik hitam yang terlihat terbang pada pandangan seseorang
- Munculnya sarang laba-laba yang disebabkan terlalu banyak Floaters

Jika anda mengalami tanda-tanda tersebut maka segeralah pergi ke dokter untuk mengantisipasi terjadinya Ablasi retina

Penyebab Ablasi Retina

Ablasi Retina terjadi karena terdapat robekan kecil pada retina yang mengakibatkan cairan Vitreus (cairan yang terdapat di tengah bola mata) sedikit demi sedikit masuk ke bagian antara retina dan lapisan di belakangnya.Apabila cairan ini terus menerus masuk dan tertumpuk akan membuat lapisan retina lepas dari dasarnya dan peristiwa ini yang dinamakan Ablasi Retina.

Penyebab merobeknya retina itu sendiri disebakan oleh beberapa faktor antara lain:
- Mata terluka
- Produksi cairan vitreus menyusut yang membuat vitreus mengerut sehingga membuat retina tertarik dari bagian dasarnya yang akhirnya menyebabkan retina tersebut robek.
- Diabetes dan terjadi komplikasi pada bagian mata
- Seiring bertambahnya umur retina menjadi rapuh dan menipis

Ablasi Retina umunya akan terjadi pada orang yang berusia diatas 50 tahun.Namun,Ablasi Retina tetap saja beresiko bagi siapapun karena beberapa penyebab antara lain:
- Memiliki riwayat Ablasi Retina
- Menderita miopia (rabun jauh) yang kronis
- Memiliki riwayat penyakit mata yang lain atau peradangan
- Pernah menjalani pembedahan mata atau mata pernah mengalami trauma
- Faktor Genetik

Diagnosis Ablasi Retina

Pemeriksaan Gejala Dan Pecegahan Ablasio Retina - Penyebab Gejala dan Cara Penggobatan Paling Ampuh
Penyakit Ablasi retina biasanya diungkapkan oleh dokter spesialis mata.Apabila seorang pasien dicurigai menderita ablasi retina maka dokter spesialis mata akan melakukan beberapa tindakan antara lain:

- Pemeriksaan bagian dalam mata
Pemeriksaan bagian dalam mata dilakukan dengan alat yang bernama oftalmoskop atau slitlamp.
- Uji Pencitraan dengan ultrasound.
Cara ini dilakukan apabila ablasi retina belum terlihat jelas saat dilakukan pemeriksaan menggunakan oftalmoskop atau slitlamp.

Pengobatan Ablasi Retina

Proses Operasi Penyakit Ablasi Retina - Ablasio Retina - Penyebab Gejala dan Cara Penggobatan Paling Ampuh
Cara mengobati ablasi retina yaitu dengan melakukan pembedahann dan biasanya hanya dilakukan satu kali proses pembedahan saja.Pembedahan dilakukan apabila keadaan retina sudah megalami kerobekn.Ada beebrapa jenis pembedahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi retina yang robek antara lain:

- Scleral buckling
Tindakan dimana dokter spesialis mata akan menjahit karet silikon atau spons pada bagian luar putih mata (sklera).Karet silikon tersebut akan mengikat dan menekan bagian mata yang akan membuat retina dapat kembali menempel ke dinding belakang mata
- Pneumatic retinopexy
Tindakan dimana seorang dokter spesialis mata akan menyuntikkan gelembung gas kecil yang nantinya akan menekan retina agar bisa kembali ke posisi seharusnya.Hal ini perlu dilakukan jika bagian retina yang terlepas hanya sedikit
- Vitrektomi
Tindakan ini ketika seorang dokter spesialis mata melakukan pembedahan dengan cara mengambil cairan Vitreus pada mata lalu akan menggantinya dengan gas atau gelembung silikon

Namun,apabila retina hanya mengalami kerobekan dan belum lepas ada beberapa enis terapi laser yang dapat dilakukan untuk mengobati antara lain:
- Kriopeksi (pembekuan)
Kriopeksi atau pembekuan akan dilakukan oleh dokter spesialis mata pada bagian retina yang robek sehingga membuat bekas luka yang akan membantu retina kembali menempel di dinding mata.
- Fotokoagulasi (Pembedahan Laser).Penggunaan sinar laser oleh dokter mata bertujuan untuk membakar jaringan di sekitar retina yang mengalami kerobekan sehingga akan membuat bekas luka yang akan membantu retina untuk kembali menempel pada dinding mata.

Pencegahan Ablasi Retina

Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya Ablasi Retina antara lain:
- Periksalah mata secara rutin minimal satu kali dalam satu tahun
- Kontrol kadar gula dan tekanan darah agar pembuluh darah yang mengalir ke retina tetap terjaga kesehatannya
- Pakailah pelindung mata ketika melakuka aktivitas yang beresiko
- Sebaiknya segera pergi ke dokter spesialis mata apabila ditemukan floaters baru,kilatan cahaya dan perubahan pandangan atau penglihatan mata

Semoga penjelasan tentang Ablasio Retina - Penyebab Gejala dan Cara Penggobatan Tanpa operasi maupun dengan operasi ini bermanfaat untuk kita semua

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top