Metronidazole - Indikasi Dosis Aturan Pakai, Fungsi Dan Efek Sampingnya

9:38 AM
Metronidazole - Bakteri aneorob dan mikroorganisme protozoa dapat menyebabkan infeksi pada tubuh kita sehingga timbul berbagai penyakit karenanya. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri aneorob dan mikroorganisme protozoa dapat diatasi dengan sebuah obat bernama Metronidazole. Penyakit tersebut diantaranya radang gusi, penyakit pada sistem reproduksi dan juga pencernaan kita.

Metronidazole - Indikasi Dosis Aturan Pakai, Fungsi Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Metronidazole termasuk dalam obat antimikroba dan harus dikonsumsi dengan resep dari  dokter. Metronidazole berfungsi untuk mengatasi penyakit seperti Giardiasis, infeksi amebiasis, infeksi ulkus kaki, peradangan gigi dan gusi, vaginosis bakteri, infeksi H. Pylori, Infeksi trikomoniasis, dan mencegah infeksi setelah operasi. Metronidazole tersedia dalam bentuk supositoria, cairan suntik, sirup dan juga tablet yang aman dikonsumsi oleh anak - anak dan orang dewasa.

Peringatan Metronidazole

1. Sesuaikan dosis Metronidazole dengan resep yang diberkan oleh dokter terutama bagi wanita hamil, wanita menyusui dan juga anak - anak.
2. Jika Anda sedang mengkonsumsi obat lainnya maka konsultasikan hal ini kepada dokter sebelum mengkonsumsi Metronidazole.
3. Bagi Anda yang mengidap penyakit liver, porfiria, epilepsi, gangguan saraf, dan juga gangguan ginjal serta mengkonsumsi minuman keras sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi Metronidazole.
4. Hubungi dokter jika Anda mengalami over dosis dan juga alergi terhadap Metronidazole.

Dosis Metronidazole

Konsumsi Metronidazole setiap hari sebaiknya tidak melebihi 4000 mg. Biasanya dokter akan memberikan dosis 200 - 1200 mg dalam jangka waktu 3 - 14 hari. Dosis ini akan mengalami perubahan disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien, penyakit yang diderita, usia dan juga berat badan pasien.

Mengkonsumsi Metronidazole dengan benar

1. Konsumsi Metronidazole sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter dan juga mengikuti aturan yang tertera pada kemasan Metronidazole.
2. Konsumsilah tablet Metronidazole dengan air putih setelah makan.
3. Untuk mencegah datangnya infeksi yang sama, Anda harus menghabiskan dosis Metronidazole yang diberikan oleh dokter.
4. Jangan menggandakan dosis Metronidazole yang tidak sengaja Anda lewatkan.
5. Jangan mengkonsumsi minuman keras selama Anda mengkonsumsi Metronidazole karena dapat menimbulkan hal - hal yang tidak diinginkan.

Efek Samping Metronidazole

1. Lidah mengalami perubahan rasa
2. Pusing dan sakit kepala
3. Sakit perut, konstipasi dan mual
4. Menurunnya nafsu makan
5. Urin menjadi berwarna gelap.

Itulah beberapa informasi mengenai Metronidazole. Semoga informasi mengenai Metronidazole ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top