Penyebab Dan Cara Mengobati Mastitis Abses Pada Ibu Menyusui Secara Alami Tradisional

Cara Mengobati Mastitis itu Sebenarnya Bisa Dilakukan Melalui Berbagai Cara Mudah Yaitu Dengan Memakai Cara Tradisional Dengan Obat Herbal Alami Namun Kalau Kita Telat Mengenali Faktor Penyebab Dan Bagaimana Cara Mengatasi Mastitis Dan Abses Pada Payudara Ibu Menyusui Yang Akut Maka Proses Pengobatan Mastitis Secara Alami Dengan Obat Tradisional Tanpa Operasi Bisa saja Susah Dilakukan. Makanya Saran kami Pastikan Sobat DokterBidan.Com Membaca Detail Artikel ini.

Terganggunya proses memberikan asupan ASI pada bayi dapat disebabkan oleh penyakit Mastitis.Mastitis terjadi karena adanya peradangan pada jaringan payudara.Penyakit ini akan datang pada trimester awal menyusui namun dapat terjadi pula ketika proses menyusui sudah berjalan cukup lama.Mastitis akan menyebabkan rasa nyeri hebat di payudara dan dapat menyebabkan terhambatnya pemberian ASI pada bayi.

Ciri Ciri Dan Tanda Tanda Mastitis Pada Payudara Ibu Menyusui

 Apa saja Sih tanda-tanda Mastitis? Mastitis menyerang ibu menyusui dengan cara tiba-tiba dan biasanya menyerang hanya pada satu payudara saja.Dibawah ini terdapat beberapa gejala Mastitis yang perlu anda perhatikan:

- Payudara terlihat memar dan kemerahan

- Payudara terasa gatal

- Payudara terasa perih ketika menyusui

- adanya benjolan pada payudara yang terasa sakit

- Salah satu payudara akan membengkak dan ukurannya akan lebih besar dibandingkan payudara satunya

- Payudara gampang merasakan nyeri

- Puting bernanah

- sering merasa lelah

- Kelenjar getah bening pada ketiak akan membesar

Selain gejala tersebut,biasanya akan merasakan seperti gejala flu sebelumnya hingga akhirnya anda menyadari terdapat perubahan pada payudara anda.

Apa saja penyebab Penyakit Mastitis?

Penyebab Dan Cara Mengobati Mastitis dan Mengatasi Abses Akut Pada Ibu Menyusui Secara Alami Tradisional Tanpa Operasi

Mastitis dapat disebabkan beberapa faktor,dibawah ini adalah faktor-faktor yang umum penyebab penyakit Mastitis:

- Bakteri

penyebab Mastitis salah satunya adanya bakteri staphylococci atau streptococci yang membuat payudara terinfeksi melalui luka pada puting atau saluran air susu.Bakteri ini biasanya bersumber dari mulut bayi atau permukaan kulit bayi.

- Tersumbatnya saluran ASI

Tersumbatnya saluran ASI disebabkan adanya ASI yang mengendap di dalam saluran susu yang akhirnya menyebabkan komplikasi dapat berupa infeksi saluran payudara

Selain kedua faktor tersebut masih ada beberapa hal lain yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit Mastitis.

- Luka di puting payudara.

- Menyusui dengan satu payudara saja.

- Penggunaan bra yang terlalu ketat.

- Terlalu letih.

- Jadwal menyusui yang tidak teratur.

- Memiliki riwayat Mastitis di masa lalu.

Cara Mengobati Mastitis Abses Pada Ibu Menyusui Secara Alami Tradisional Tanpa Obat

Pemberian asupan ASI pada bayi tetap harus dilakukan meskipun payudara anda terasa sakit/nyeri yang disebabkan oleh penyakit Mastitis.Menghentikan proses menyusui pada payudara yang terkena penyakit ini justru akan menyebabkan Mastitis semakin parah.Selain saran untuk tetap menyusui di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika Mastitis menyerang.

- Berilah ASI pada bayi sesering mungkin dengan posisi yang nyaman dan berganti sisi.

- Jika bayi anda tidak mau menyedot ASi dalam jumlah yang banyak,anda dapat mempompa ASI.

- Berikan pijatan yang lembut saat anda menyusui bayi agar ASI lancar.

- Hindari pemakaian bra yang ketat.

- Cukupilah cairan tubuh agar metabolisme pada tubuh lancar.

- Istirahatlah yang cukup agar tubuh anda tidak terlalu letih

Jika anda sudah melakukan langkah-langkah tersebut namun penyakit Mastitis masih datang,lebih baik anda berkonsultasi pada dokter.Biasanya dokte akan memberikan antibiotik agar bakteri penyebab Mastitis terbunuh.Selain mengkonsumsi antibiotik,anda juga disarankan untuk mengkonsumsi pereda nyeri.Dokter biasanya akan menyarankan seperti itu hingga menunggu bakteri mati oleh antibiotik sehingga proses menyusui aman.

Meskipun penyakit Mastitis pada ibu menyusui adalah hal yang wajar,tapi akan lebih baik jika anda mewaspadai penyakit ini.Sehingga proses kedekatan antara anak dan ibu tetap terjalin dengan sempurna. Semoga Penjelasan Tentang Penyebab Dan Cara Mengobati Mastitis Abses Pada Ibu Menyusui Secara Alami dan Tradisional ini Bermanfaat

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top