Penyebab dan Cara Mengatasi Puting Lecet Akibat Digigit Bayi Saat Menyusui

Puting Lecet merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh ibu menyusui bahkan ada beberapa ibu menyusui mengalami hal yang lebih Ekstrim Karena Digigit Bayi Putingnya Misalnya Puting Lecet dan berdarah, Puting Lecet karena Pompa Asi, Puting Lecet digigit Bayi, Puting Susu Lecet dan bernanah, puting susu Lecet pada Masa Nifas dan banyak masalah menyusui lainya. Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Digigit Bayi sebenarnya ada Banyak Sekali Baik Menggunakan Cara Alami, Memakai Salep untuk puting lecet, Memakai Obat Puting Lecet atau menggunakan Obat resep Langsung dari Dokter Lainya.

Kendala yang biasa dihadapi ketika proses awal menyusui adalah lecetnya puting susu.Namun hal ini jangan dijadikan hambatan untuk tidak memberikan asupan ASI pada bayi.Sehingga ada baiknya jika anda mengenali penyebabnya dan juga solusi terbaik untuk menanganinya. Puting yang lecet biasanya terjadi ketika proses awal menyusui.Hal ini biasanya timbul pada dua hari pasca melahirkan.Lecetnya puting payudara biasanya terjadi karena beberapa faktor misalnya karena posisi menyusui yang tidak benar,tekanan pada bayi saat menyusui yang disebabkan mulut bayi yang tidak menempel dengan baik.

Penyebab Puting Lecet Karena Digigit Bayi Saat Menyusui

Kenali Penyebabnya-Agar anda bisa mengobati luka yang terjadi pada puting susu sebaiknya anda mengenali terlebih dahulu penyebab lecetnya puting payudara dan apa saja gejalanya.
Penyebab dan Cara Mengatasi Puting Lecet Berdarah Bernanah Akibat Digigit Bayi Saat Menyusui

- Infeksi Jamur
Infeksi jamur biasanya terjadi karena adanya bakteri pada mulut bayi yang kemudian menempel pada puting payudara sang Ibu ketika menyusui.Akibatnya,puting akan terkena infeksi jamur dan mengalami lecet yang biasanya di tandai dengan bagian puting kemerahan,rasa gatal,puting terlihat mengkilap serta payudara akan terasa nyeri saat menyusui atau sebelum menyusui.

- Tali Lidah
Tali lidah yaitu selaput yang menghubungkan dasar mulut dengan bagian bawah lidah.Masalah ketika menyusui terjadi ketika selaput ini meregang terlalu panjang atau selaput yang begitu pendek.Hal ini dapat menyebabkan puting menjadi lecet.

- Tersumbatnya Saluran Susu
Penyumbatan pada saluran susu biasanya ditandai dengan lapisan kulit tipis yang tumbuh di bagian atas saluran susu.Biasanya berwarna kuning atau putih.Penyumbatan ini biasanya akan membuat saluran susu tersumbat dan membuat susu tidak mau keluar sehingga bayi akan menyedotnya dengan kuat dan membuat puting susu menjadi lecet.

- Melepuhnya Puting Susu
Kesalahan posisi saat menyusui dan juga penggunaan pompa ASI yang tidak benar dapat menyebabkan puting menjadi lecet.Gesekan yang terjadi saat menyusui atau penggunaan pompa ASI yang tidak benar akan membuat puting susu melepuh.Hal ini terjadi ditandai dengan rasa sakit saat menyusui dan puting yang melepuh juga dapat mengeluarkan cairan berdarah,bening (tidak berwarna) atau kuning.

Lecetnya puting susu juga bisa disebabkan karena saat menyusui puting susu dan sekitar payudara tidak masuk dengan sempurna ke dalam mulut bayi.Sehingga bayi akan menyedot puting dan bukan payudaranya.Meski pada awalnya hanya menyebabkan rasa sakit namun kondisi ini justru dapat membahayakan puting.

Cara Mengatasi Puting Lecet Akibat Digigit Bayi Saat Menyusui Atau Pompa ASI

Di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi puting lecet,berikut informasinya:

1. Hindari penggunaan sabun pada area puting yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering.
2. Gunakanlah bra berbahan katun agar sirkulasi berjalan dengan baik.
3. Agar kebersihan terjaga gantilah bantalan pyudara atau breast pad saat menyusui.
4. Setelah proses menyusui usai,peraslah keluar sekitar 2-3 tetes ASI.Lalu gosokkan pada kulit di sekitar area payudara.
5. Biarkan puting payudara benar-benar kering sebelum pakaian digunakan.
6. Gunakanlah salep sedikit demi sedikit jika bagian puting terlihat berdarah dan retak tapi hanya
pada bagian kulit yang terlihat retak untuk menghindari koreng.

Segeralah anda berkonsultasi pada dokter jika keadaan puting semakin memburuk.Jika sang ibu pernah memiliki riwayat herpes maka anda perlu berobat karena herpes juga dapat menyebabkan puting melepuh.Anda harus mengenali gejala herpes.Jika herpes datang maka anda harus menghentikan proses menyusui agar bayi terhindar dari herpes.Asupan ASI memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi bayi dan juga sang ibu jadi jangan mudah menyerah dengan lecetnya puting payudara anda.Meskipun ada beberapa cara untuk mengatasi puting yang lecet,ada baiknya jika anda berkonsultasi pada dokter.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top