Khasiat Manfaat Menyusui 2 Tahun Bagi Bayi dan Ibu Menurut Medis dan Islam

Manfaat Menyusui Bagi Bayi dan Ibu itu sangat Banyak Bahkan Bukan Hanya Untuk Bayi manfaat menyusui bagi suami juga ada he he . Menyusui adalah cara pemberian nutrisi yang terbaik bagi bayi.Masalah anda akan menyusui atau memberikan susu formula pada buah hati memang sepenuhnya pilihan anda.Namun dengan artikel ini saya berharap anda akan menentukan pilihan tersebut.Yuk Simak Penjelasan dari Dokter dan Bidan Dibawah ini

Alasan Ibu Harus Menyusui Bayinya

Mengapa Bunda harus menyusui? Sepenting Apa Sih Manfaat ASI Untuk Ibu Dan Bayi PDF ? Manfaat asi eksklusif bagi bayi ibu dan keluarga itu sangat Banyak bahkan pentingnya menyusui ini wajib diajarkan kepada Calon Calon Ibu Muda yang Akan melahirkan Anak Mereka. Kita Juga harus Tahu manfaat menyusui lebih dari 2 tahun Agar Tidak Terjebak Dalam Mitos Mitos Menyusui Yang Tidak Jelas Sumbernya

Dibawah ini terdapat beberapa faktor yang menjelaskan tentang menyusui adalah pilihan yang terbaik.

- Susu ibu adalah satu-satunya makanan untuk bayi.
- Mneyusui dapat mengindarkan bayi dari penyakit dan juga infeksi.
- ASI adalah sumber makanan yang bisa didapatkan dengan cara gratis.
- ASI adalah makanan dan juga minuman yang bersuhu tepat untuk bayi.
- Manfaat menyusui dapat mempererat kedekatan fisik yang terjalin lewat kontak mata,dan kulit ke kulit.Selain itu lewat menyusui juga dapat menjalin hubungan emosional antara bayi dengan ibu menjadi semakin erat.
- ASI selalu tersedia 24 jam saat bayi membutuhkan
- Memberi asupan susu pada bayi juga membuat ibu semakin sehat.

Manfaat Menyusui 2 Tahun Untuk Kesehatan Bayi


Manfaat pemberian asi untuk bayi dan ibu itu sangat Beragam Namun Semuanya dijamin Akan Memberi Dampak Yang Istimewa Untuk Perkembangan Bayi maupun Kesehatan bunda. Makanya keuntungan pemberian asi bagi anak dan ibu ini jangan sampai dilewatkan. Pastikan Bunda Memberikan ASI Kepada Bayinya. . Lalu Apa saja manfaat untuk bayi?

Dibawah ini terdapat beberapa alasan kenapa seorang ibu disarankan untuk memberikan ASI eksklusif (tidak diberikan makanan dan minuman lainnya) selama 6 bulan pertama usia bayi:

- ASI akan memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan bayi.Karena di dalam ASI mengandung vitamin,protein,dan lemak.
- ASI lebih gampang dicerna oleh perut bayi jika dibandingkan dengan susu formula.
- Antibodi terkandung di dalam ASI.Sehingga membantu tubuh bayi untuk melawan bakteri dan juga virus,dengan begitu bayi akan jarang sakit.
- Berbagai penelitian telah membuktikan jika ASI dapat meningkatkan IQ anak.
- manfaat menyusui pada bayi dan ibu dapat mengurangi resiko penyakit asma.
- ASI dapat mengurangi resiko diare dan muntah yang biasanya disebabkan oleh pemberian susu formula yang kurang tepat.
- manfaat asi bagi bayi dan ibunya juga dapat mengurangi sembelit.
- Mengurangi resiko infeksi telinga dan dada.
- keuntungan asi untuk bayi dan ibu Mengurangi resiko kelainan pada kulit (eksim)
- Mengurangi resiko obesitas pada anak yang nantinya dapat berkembang menjadi diabetes tipe 2 serta beberapa penyakit lainnya di masa yang akan datang.

Setelah anda memberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan lamanya,lebih baik jika anda tetap memberikan ASI namun dibarengi dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI) sampai bayi anda berumur 2 tahun. Karean manfaat asi eksklusif bagi bayi Akan Semakin Terasa. Semakin lama anda memberikan ASI maka perlindungan bagi anak anda semakin sempurna.

Manfaat Menyusui 2 Tahun Bagi Ibu

Apa saja manfaat untuk sang Ibu?
ASI memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk sang bayi,namun ASI juga memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk ibunya.Berikut manfaat ASI untuk ibu.

- Pemberian ASI dapat menurunkan resiko kanker ovarium,kanker payudara,dan osteoporosis.
- Memberikan ASI sama saja melakukan penghematan karena anda tidak perlu membeli susu formula yang harganya mencapai Rp.150.000 untuk kemasan 800 gram.Dan dalam sebulan biasanya bayi menghabiskan 5 kaleng susu formula.
- Dengan menyusui,ada sekitar 500 kalori yang terbakar oleh tubuh,sehingga akan mempercepat tubuh menjadi langsing.
- Memberikan ASI secara eksklusif akan menunda masa menstruasi sehingga dapat anda jadikan alat kontrasepsi alami.
- Menyusui juga dapat membantu melepaskan hormon oksitosin yang membantu mengurangi pendarahan pada uterus setelah hamil.Hal ini jug dapat membantu mengembalikan rahim ke ukuran semula
Khasiat Manfaat Menyusui 2 Tahun Bagi Bayi dan Ibu Menurut Medis dan Islam Oleh Meiwulandari
Image From Meiwulandari.Com

 Meluruskan Mitos Masalah Ibu Menyusui

Terkadang seorang ibu tidak mau untuk menyusui anaknya karena sudah mendengar beberapa mitos tentang ASI yang sebenarnya semua itu belum tentu benar.

Mitos A: Susu formula memiliki nutrisi yang lebih baik dan juga lebih lengkap jika dibandingkan dengan ASI.

Fakta: Mau semahal apapun harga susu formula yang diberikan pada bayi pasti manfaat yang diberikan akan kalah dengan nutrisi yang dimiliki oleh ASI.Kandungan yang terdapat pada ASI yaitu antibodi, enzim, sel-sel hidup, dan hormon yang dapat melindungi tubuh bayi dari berbagai penyakit dan infeksi di masa yang akan datang.Susu formula tidak memiliki kandungan tersebut karena susu formula buatan pabrik.

Mitos B: Menyusui akan menyebabkan payudara menjadi kendur.
Fakta: Payudara mengendur biasanya disebabkan karena proses penurunan berat badan setelah hamil dan proses penuaan bukan karena proses menyusui.

Mitos C: Menyusui hanya dapat dilakukan oleh sebagian wanita yang memproduksi cukup ASI

Fakta: Semua wanita dapat memberikan ASI pada bayinya dan ukuran payudara tidak mempengaruhi jumlah ASI yang diperoleh.

Mitos D:Saya harus bekerja di kantor dan harus terpisah dengan bayi sehingga tidak dapat memberikan ASI pada bayi.

Fakta dan Solusi: Saat ini sudah banyak dijual pompa ASI yang dapat anda gunakan untuk memerah ASI dan menyimpan ASI pada botol.Lemari es/freezer dapat menjaga kandungan nutrisi pada ASI hingga waktu yang tepat untuk diberikan pada bayi.ASI perah (ASIP) diberikan pada botol bersih yang selalu disterilisasi setelah di cuci.

Mitos E: Hanya sedikit Ibu yang mau memberikan ASI pada bayi mereka.

Fakta: Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) pada tahun 2012 jumlah ibu menyusui di neagara kita sekitar 42% dari seluruh jumlah ibu yang memiliki bayi.Jika dibandingkan dengan tahun 2007 yang hanya 32% angka ini berarti meningkat sebanyak 10%.Makin meningkatnya jumlah ibu bayi yang memberikan ASI pada anaknya karena makin banyak informasi yang membuat seorang ibu tahu akan pentingnya ASI bagi bayi.

Mitos F:Menyusui menyebabkan wanita tidak dapat menikmati hubungan seksual

Fakta: Proses menyusui dapat melepaskan hormon oksitosin yaitu hormon sejenis yang dilepaskan saat berhubungan seksual.Anda dapat menyesuaikan jadwal tidur bayi agar tetap dapat menikmati hubungan seksual.

Tentang Donor ASI- 

 Pada masalah tertentu yang sedikit jumlahnya disarankan agar ibu jangan mendonorkan ASI.Kondisi ini biasanya terjadi pada seorang ibu yang mengidap HIV agar tidak memberikan ASI pada bayinya.Namun sebelum anda menentukan pilihan untuk menggunakan susu formula,ada baiknya jika anda mencari ibu yang memiliki produksi ASI dalam jumlah yang banyak.Anda dapat menghubungi Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Dukungan Keluarga Dekat Untuk Memahami manfaat asi bagi bayi ibu dan keluarga

Hampir 50% kesuksesannya seorang ibu memberikan ASI tergantung pada dukungan yang diberikan oleh suami juga kakek-nenek bayi.Sehingga berhasil atau tidaknya pemberian ASI bukan hanya tergantung pada Ibu saja.Terlebih jika harus menyusui bayi kembar yang tentunya aktivitas yang melelahkan apalagi pada awal proses pemberian ASI.

Dukungan dari keluarga terdekat sangat penting namun masih banyak ditemukan suami,kakek dan nenek yang belum memahami hal ini.Terkadang mereka lebih menyarankan untuk memberi susu formula.Lebih baik anda bergabung dengan kelompok ibu yang sedang menyusui agar anda mendapatkan semangat lebih banyak.Selain AIMI anda juga dapat mengajak suami bergabung dengan komunitas Ayah ASI yaitu komunitas yang mendukung istrinya untuk menyusui.Di AIMI juga memberikan pelatihan laktasi atau menyusui untuk ibu ASI di beberapa kota besar di Indonesia.

Rumah Sakit Pendukung Manfaat ASI

Pemberian ASI dilakukan dengan kesadaran dari hati sang ibu.Meskipun sudah ada Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang aturan mengenai pemberian air susu ibu namun tidak semua rumah sakit ibu dan anak menganjurkan pemberian ASI eksklusif.Dalam undang-undang tersebut terdapat sanksi yang akan dikenakan untuk pihak-pihak yang menghalangi pemberian ASI.Ketika akan melahirkan,pastikan jika rumah sakit yang anda pilih menyediakan layanan fasilitas rawat gabung/rooming in untuk ibu dan bayi sebagai salah satu cara untuk mendukung keberhasilan pemberian ASI.

Semoga Penjelasan tentang Khasiat Manfaat Menyusui 2 Tahun Bagi Bayi dan Ibu Menurut Medis dan Islam ini Bermanfaat

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top